Jumat, 29 Juni 2012

Inilah Tahapan Perkembangan Janin Selama Berada di Rahim Ibu


img 
Wanita hamil selalu antusias melihat perkembangan janinnya. Seperti apa si janin di dalam sana? Sudahkah anggota tubuhnya terbentuk? Bagi Anda para wanita hamil, inilah perkembangan janin dari awal hingga jelang kelahirannya, seperti dikutip dari medicine.net dan babycenter.


Usia 4 Minggu
img
Pada masa ini, jantung dan pembuluh darah janin mulai berkembang. Tak hanya itu, paru-paru, perut dan hati nya juga berkembang. Biasanya jika Anda melakukan tes kehamilannya, hasilnya akan positif.

Usia 8 Minggu
img
Pada usia ini, bayi ukurannya sekitar 5-7,5 cm. Bayi sudah punya mata, tapi tanpa kelopak, dan telinga serta hidung mulai terbentuk. Tangan dan kaki pun mulai terlihat.

Usia 12 Minggu
img
Ukuran bayi semakin bertambah dari 7,5-10 cm. Janin juga mulai membuat gerakan, meski sangat pelan. Pada masa ini, saraf dan indra perasanya semakin baik. Saat dokter memeriksa jantungnya, Anda mungkin saja mendengar jantungnya terdengar seperti instrumen khusus.
Usia 16 Minggu
img
Ukuran bayi sekarang sekitar 16. Pada usia ini, bayi sudah bisa berkedip dan matanya semakin peka pada cahaya. Bayi sudah memiliki kuku-kuku jari tangan dan kaki. Jenis kelaminnya sudah bisa terlihat saat ini dan perut Anda semakin terlihat membesar.

Usia 20 Minggu
img
Ukuran bayi sekarang sudah sekitar 25 cm. Bayi sudah mulai bisa menghisap jari jempolnya, menguap, meregangkan tubuh dan memberikan ekspreksi di wajahnya. Pada usia ini, Anda sudah dapat merasakan gerakan bayi, yang membuat perut Anda seperti ditendang olehnya.

Usia 28 Minggu
img
Ukuran bayi sekarang sudah mencapai 25-30 cm. Posisi bayi cukup sering berubah-ubah di masa ini. Tendangan bayi lebih sering dan semakin bisa Anda rasakan. Bayi pun semakin peka terhadap suara dari luar rahim. Pada masa ini, meski paru-parunya belum berkembang sempurna, dia dapat bertahan hidup jika lahir prematur.
Usia 32 Minggu
img
Bayi sudah memiliki jari kaki dan tangan yang tumbuh sempurna. Paru-paru bayi menjadi lebih matang. Bayi pun semakin berat sehingga membuat Anda berjalan dengan punggung ditarik ke belakang untuk menjaga keseimbangan. Pasa masa ini bayi sudah bisa bermimpi. Rambutnya pun semakin panjang dan banyak.

Usia 36 Minggu
img
Biasanya posisi kepala bayi sudah di bawah dan sulit untuknya bergerak-gerak atau berputar. Otaknya semakin berkembang cepat. Bayi sudah bisa membedakan antara terang dan gelap. Bayi juga dapat memberikan tanggapan berbeda-beda pada suara orang-orang yang sering ia dengar seperti ibunya dan ayahnya.

Usia 40 Minggu
img
Sejak usia 38 minggu, bayi sudah siap untuk dilahirkan. Kepalanya sudah berada di bawah, ke arah tulang panggul Anda. Berarti inilah waktunya Anda dan dia bertemu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"