Sabtu, 14 Juli 2012

9 Makanan Sumber Zat Besi untuk Anemia

Aprikot

Kurangnya jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin dalam darah disebut sebagai anemia. Gejala yang paling umum dari anemia diantaranya adalah lemas atau kekurangan energi, cepat lelah, serta mudah terkena flu dan infeksi lainnya.
 
Ada berbagai penyebab anemia. Anemia mungkin disebabkan oleh penyakit atau kehilangan banyak darah. Pada artikel ini hanya akan dibahas mengenai anemia yang disebabkan kekurangan zat besi.
Anemia karena defisiensi zat besi disebabkan karena kekurangan makanan yang mengandung cukup zat besi.
Besi adalah mineral yang ditemukan di alam dan ketika dikonsumsi melalui buah-buahan dan sayuran, digunakan oleh tubuh untuk pembuatan hemoglobin.
Dalam mengobati anemia defisiensi zat besi, dokter mungkin akan meresepkan multivitamin yang mengandung zat besi.
Namun pada umumnya, asupan makanan yang mengandung zat besi yang disertai istirahat cukup akan mengembalikan anemia ke kondisi normal.

Berikut adalah beberapa makanan yang kaya akan zat besi:

1. Aprikot
Buah ini mengandung zat besi yang sempurna untuk memastikan tubuh mendapatkan asupan zat besi

2. Bit hijau
Bit hijau merupakan sumber vitamin A dan B2. Bit hijau juga dapat memperkaya darah dengan besi dan mangan.

3. Chard
Chard merupakan sayuran yang mengandung vitamin A dan zat besi.

4. Jagung
Jagung kaya akan zat besi dan tembaga. Jagung juga menjadi sumber yang baik untuk vitamin A dan C.

5. Telur
Telur kaya akan semua mineral, termasuk besi, dan vitamin B. Telur ideal dikonsumsi saat sarapan karena mengandung jumlah energi memadai.

6. Kangkung
Kangkung adalah sumber yang sangat baik untuk vitamin A dan vitamin B serta C. Kangkung mengandung jumlah tinggi zat besi, kalsium, dan kalium.

7. Molase
Molase menyediakan sumber zat besi yang sangat baik untuk mengatasi anemia.

8. Kismis
Kismis mengandung zat besi yang sangat tinggi. Kismis juga merupakan makanan yang bersifat basa dan dapat membantu mengatasi kondisi asam tubuh.

9. Bayam
Selain zat besi, bayam juga mengandung vitamin A. Bayam harus menjadi bagian diet rutin semua orang.

Gangguan Kehamilan yang Bisa Bikin Ibu dan Bayi Meninggal

img
Sebagian besar kehamilan dan kelahiran berlangsung tanpa adanya gangguan besar dan menghasilkan bayi yang cukup bulan yang sehat. Namun, masalah bisa saja muncul pada wanita sehat masa kini, yang dapat membahayakan baik kesehatan ibu maupun bayi.

Sebagian kecil kelainan kehamilan dan persalinan menimbulkan gangguan fisik menetap pada ibu atau bayi. Berikut gangguan kehamilan dan persalinan yang bisa mengancam nyawa ibu dan bayi seperti dikutip dari The Human Body Book karangan Steve Parker yang diterbitkan Erlangga, Jumat (2/3/2012):

1. Kehamilan Ektopik
img
Kehamilan ektopik adalah kehamilan yang terjadi di luar uterus, biasanya dalam tuba faloppi. Sekitar 1 persen kehamilan adalah ektopik yang sering terjadi pada wanita di bawah usia 30 tahun.

Telur yang dibuahi tidak tertanam dalam lapisan uterus, tetapi berkembang di tuba faloppi atau lebih jarang lagi, di daerah lain. Perkembangan embrionik normal tidak mungkin terjadi dan biasanya gagal. Embrio harus diangkat dengan pembedahan untuk mencegah pecahnya tuba faloppi dan pendarahan dalam tubuh.

2. Pre-Eklamsia
img
Tekanan darah tinggi dan retensi cairan adalah ciri khas kelainan kehamilan ini. Kelainan pre-eklamsia yang terjadi pada 5-10 persen kehamilan, sering ditemukan di minggu-minggu terakhir sebelum kelahiran.

Ciri khasnya meliputi tekanan darah tinggi, retensi cairan dan protein dalam urine. Pre-eklamsia biasanya mudah ditangani, tetapi jika tidak diketahui dapat berlanjut menjadi kelainan berbahaya yang disebut eklamsia, menimbulkan sakit kepala, gangguan penglihatan, kejang dan akhirnya koma.

3. Gangguan Plasenta
img
Gangguan fungsi atau letak plasenta sebelum persalinan disebut gangguan plasenta. Dua masalah utama yang dapat mempengaruhi plasenta: plasenta previa, yaitu plasenta menutup jalan keluar serviks dari uterus dan abrupsi plasenta, yaitu plasenta terpisah dari dinding uterus.

Plasenta previa total adalah kelainan serius ketika serviks tertutup seluruhnya oleh plasenta. Bentuk yang lebih ringan meliputi plasenta rendah yang hanya sebagian menghalangi pintu keluar uterus.

4. Keguguran
img
Juga disebut abortus spontan, keguguran adalah berhentinya kehamilan tanpa disengaja sebelum minggu ke-24. Keguguran sering terjadi, sekitar 25 persen dari seluruh kehamilan.

Sebagian besar keguguran terjadi di 14 minggu pertama kehamilan dan lebih dari separuh kasus disebabkan oleh kelainan abnormal genetik atau janin. Keguguran yang berikutnya memiliki berbagai penyebab, gangguan fisik serviks atau uterus sampai ke infeksi berat. Merokok, alkohol, atau penyalahgunaan obat adalah berbagai faktor penyebabnya.

5. Polihidramnion
img
Kelainan ini timbul jika cairan amnion berlebih mengelilingi janin dalam uterus. Pada polihidramnion, cairan amnion berlebih menimbulkan rasa nyeri atau rasa tidak nyaman pada perut.

Gangguan ini dapat bersifat kronik. Cairan terkumpul perlahan setelah minggu ke-32 atau bersifat akut, yaitu kelainan terjadi hanya beberapa hari dari sekitar usia 22 minggu. Bentuk akut dapat dihubungkan dengan kembar identik.

6. Posisi Bayi Tidak Normal
img
Semua posisi bayi yang tidak dalam posisi kepala menghadap ke belakang dalam persalinan dianggap tidak normal. Sekitar 80 persen bayi memiliki posisi normal untuk kelahiran dengan kepala di bawah dan menghadap punggung ibu. Bayi biasanya mencapai posisi ini pada minggu ke-36.

Posisi lain mungkin bisa mengganggu persalinan. Bayi sungsang dan oksipitoposterior adalah posisi tidak normal yang sering ditemukan. Pada persalinan sungsang, pantat bayi keluar pertama kali.

7. Persalinan Prematur
img
Persalinan yang mulai sebelum minggu ke-37 kehamilan disebut persalinan preterm atau prematur. Sebagian besar kehamilan berlangsung sekitar 40 minggu, tetapi persalinan dalam tiga minggu terakhir dianggap cukup bulan.

Persalinan prematur jarang menimbulkan masalah bagi ibu, tetapi semakin awal kelahiran, semakin banyak masalah yang dialami bayi. Penyebabnya tidak selalu jelas, tetapi kelahiran multipel, polihidramnion, dan infeksi saluran kencing adalah faktor pemicu yang telah diketahui.

7 Makanan Hitam Ajaib

Hitam sering dipandang lebih rendah dari putih. Namun jangan coba-coba memakai rumus yang sama terhadap kandungan nutrisi makanan berwarna hitam. Sumber makanan berwarna gelap biasanya mengandung antioksidan lebih tinggi yang sangat ampuh untuk menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan kanker.
"Buah yang berwarna hitam memiliki lebih banyak antioksidan karena makin gelap warnanya, makin tinggi pigmennya, yang berasal dari antosianin," kata Cy Lee, PhD, profesor kimia makanan dari Cornell University.

Apa saja "si hitam" yang menyehatkan?

1. Beras hitam


Tak terbantahkan bahwa beras merah baik untuk kesehatan. Namun, beras hitam sebenarnya jauh lebih baik lagi karena beras hitam ini mengandung vitamin E dalam jumlah tinggi. Rutin mengonsumsi beras hitam akan meningkatkan sistem imun tubuh dan melindungi sel dari bahaya radikal bebas. Beras hitam juga mengadung antioksidan antosianin lebih tinggi dibanding blueberries.

2. "Lentil" hitam

Kelompok polong-polongan ini kaya akan zat besi. Satu cangkir black lentil mengandung 8 mg zat besi atau hampir separuh dari asupan harian yang dianjurkan, yaitu 18 mg per hari untuk perempuan. Lentil juga kaya akan serat larut yang bisa menurunkan kolesterol dan meningkatkan fungsi imun.

3. "Blackberries"

Polifenol yang ditemukan dalam buah beri hitam ini diketahui mampu mencegah penurunan fungsi kognitif yang terjadi karena penuaan. Polifenol akan bekerja membersihkan sel-sel yang mengganggu fungsi otak. Buah ini juga kaya akan serat.

4. Kacang hitam

Kulit berwarna hitam yang menyelimuti kacang ini sarat akan bioflavonoid, nutrisi dari tanaman yang mampu melawan kanker.

5. Kedelai hitam

Riset yang dilakukan oleh ilmuwan dari Korea menemukan, mengonsumsi kedelai hitam secara teratur akan mencegah risiko trombosis, pembekuan darah yang berakibat fatal. Kedelai hitam juga mengandung asam alpha linoleate, jenis asam omega-3 yang mengurangi risiko penyakit jantung.

6. Teh hitam

Teh hijau dan teh putih lebih terkenal dalam hal kesehatan. Padahal, teh hitam juga tak kalah bagusnya. Teh ini mengandung teaflavins, antioksidan yang bermanfaat mempercepat penyembuhan nyeri pada otot setelah olahraga. Minum teh hitam juga menurunkan risiko terkena serangan jantung.

7. Cokelat hitam

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American Medical Association mengungkapkan bahwa cokelat hitam mengandung substansi yang disebut polifenol. Dalam uji coba pada hewan percobaan, polifenol terbukti menurunkan tekanan darah. Cokelat hitam juga dipercaya dapat melindungi tubuh dari serangan jantung dan stroke.
source: detik forum

7 Faktor Resiko Kanker Payudara Yang Dapat Kita Hindari

Faktor risiko kanker payudara adalah segala sesuatu yang bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Sebagian faktor risiko kanker payudara berada di luar kendali, seperti usia, riwayat keluarga, dan riwayat kesehatan. Namun, ada beberapa faktor risiko yang dapat dikontrol seperti berat badan, aktivitas fisik, dan konsumsi alkohol.

Pastikan untuk berbicara dengan dokter tentang semua faktor risiko yang mungkin dimiliki. Selalu ada langkah yang dapat diambil untuk mengurangi risiko kanker payudara, dan dokter dapat membantu dengan membuat rencana untuk pasien. Dokter juga perlu mengetahui setiap faktor risiko lain di luar kendali, sehingga memiliki pemahaman yang akurat tentang tingkat risiko seseorang terkena kanker payudara.

Hal ini dapat memengaruhi rekomendasi mengenai screening kanker payudara, tes apa yang harus dilakukan dan kapan melakukan tes tersebut. Di bawah ini ada 7 faktor risiko kanker payudara yang bisa dikontrol, yaitu:

1. Berat badan
Memiliki berat badan berlebih atau overweight merupakan salah satu faktor yang bisa meningkatkan risiko kanker payudara terutama bagi perempuan yang sudah menopause. Jaringan lemak dalam tubuh merupakan sumber utama estrogen setelah menopause, ketika ovarium berhenti memproduksi hormon. Memiliki banyak jaringan lemak berarti kadar estrogen akan semakin tinggi, sehingga dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

2. Diet
Diet diduga sebagai salah satu faktor risiko untuk berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara. Tetapi, penelitian belum menunjukkan secara pasti jenis makanan apa yang bisa meningkatkan risiko tersebut. Membatasi konsumsi daging merah dan lemak hewan termasuk lemak susu dalam keju, susu, dan es krim, merupakan ide yang bagus karena makanan tersebut mengandung hormon, faktor pertumbuhan, antibiotik, dan pestisida.

Para peneliti meyakini bahwa mengonsumsi terlalu banyak kolesterol dan lemak yang lain merupakan salah satu faktor risiko kanker. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi banyak daging merah atau daging olahan dikaitkan dengan peningkatan risiko terkena kanker payudara. Diet rendah lemak serta memperbanyak konsumsi buah dan sayuran secara umum direkomendasikan untuk mengurangi risiko kanker. 

3. Olahraga 

 Banyak bukti yang menunjukkan bahwa olahraga bisa mengurangi risiko terkena kanker payudara. American Cancer Society merekomendasikan untuk melakukan olahraga selama 45-60 menit selama 5 hari atau lebih dalam seminggu. 

4. Konsumsi alkohol 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko terkena kanker payudara meningkat pada perempuan yang mengonsumsi alkohol. Alkohol bisa membatasi fungsi hati dalam mengendalikan kadar estrogen, sehingga kadar estrogen bisa meningkat yang berarti risiko terkena kanker payudara juga akan meningkat. 


5. Merokok 

Merokok dikaitkan dengan peningkatan kecil dalam risiko terkena kanker payudara. 


6. Paparan estrogen 

Salah satu fungsi hormon estrogen pada perempuan adalah merangsang pertumbuhan sel payudara. Paparan estrogen dalam waktu yang lama tanpa jeda waktu bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Paparan estrogen sebagai faktor risiko yang bisa dikontrol adalah sebagai berikut:

a. Menggunakan terapi hormon pengganti kombinasi (estrogen dan progesteron: HRT) untuk beberapa tahun atau lebih, atau menggunakan hormon estrogen saja lebih dari 10 tahun.

b. Kegemukan (overweight)

c. Rutin meminum alkohol 


7. Stres dan kecemasan 

Belum ada bukti yang jelas bahwa stres dan kecemasan bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Namun, apapun yang bisa mengurangi stres akan membuat seseorang merasa nyaman, bahagia sehingga meningkatkan kualitas hidupnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan melakukan yoga, meditasi, atau berdoa bisa menguatkan sistem imun tubuh.

10 Faktor Resiko Kanker Payudara Yang Tak Bisa Dihindari

Selain ada beberapa faktor risiko kanker payudara yang bisa dikontrol, tentunya akan ada beberapa faktor risiko lain yang tidak bisa dikontrol. Berikut adalah ulasan mengenai 10 faktor risiko kanker payudara yang tidak bisa dikontrol, yaitu:

1. Gender/Jenis Kelamin
Menjadi seorang perempuan merupakan faktor risiko yang paling signifikan untuk terkena kanker payudara.
Meskipun laki-laki bisa terkena kanker payudara juga, tetapi sel-sel payudara pada perempuan berubah dan berkembang secara konstan karena aktivitas hormon estrogen dan progesteron. Oleh karena itu, perempuan memiliki risiko terkena kanker payudara lebih besar dibandingkan laki-laki.

2. Usia
Usia yang semakin tua merupakan faktor risiko terbesar kedua untuk terkena kanker payudara. Usia 30-39 tahun, risikonya adalah 1 dalam 233 orang, atau sekitar 0,43%. Sedangkan pada saat seseorang berusia 60-an tahun, risiko akan melonjak naik menjadi 1 dalam 27 orang, atau hampir 4%.

3. Riwayat Kanker Payudara dalam Keluarga
Jika seseorang memiliki keluarga terdekat (ibu, anak, kakak, atau adik) yang terkena kanker payudara, atau memiliki kerabat yang terkena kanker payudara atau kanker ovarium terutama bila sebelum mereka berusia 50 tahun, maka dia memiliki risiko cukup besar terkena kanker payudara.

4. Riwayat Pribadi Terkena Kanker Payudara
Jika seseorang didiagnosa mengalami kanker payudara, maka risiko orang tersebut akan bertambah. Baik itu terkena kanker di payudara yang sama atau kanker di payudara lainnya, risikonya akan lebih besar dibandingkan jika seseorang belum pernah mengalaminya.

5. Ras
Perempuan berkulit putih risikonya lebih kecil daripada perempuan African American. Ras Asia, Hispanik, dan penduduk asli Amerika memiliki risiko yang lebih rendah terkena kanker payudara dibandingkan dengan ras kulit hitam.

6. Terapi Radiasi pada Dada
Mendapatkan terapi radiasi di daerah dada ketika masih kecil atau dewasa muda sebagai treatment untuk kanker lain secara signifikan akan meningkatkan risiko kanker payudara.   Peningkatan risiko semakin tinggi bila radiasi diberikan saat masih dalam tahap perkembangan atau selama masa remaja.

7. Perubahan Sel Payudara
Perubahan yang tidak biasa pada sel payudara yang ditemukan pada biopsi payudara bisa menjadi faktor risiko terkena kanker payudara. Perubahan ini meliputi pertumbuhan berlebih dari sel yang disebut hyperplasia atau penampilan abnormal yang disebut atypical.

8. Paparan Estrogen
Hormon estrogen merupakan hormon perempuan yang merangsang pertumbuhan sel payudara. Paparan estrogen dalam waktu yang lama tanpa jeda bisa meningkatkan risiko kanker payudara.
Beberapa faktor risiko paparan estrogen yang tidak bisa dikontrol, yaitu:
a. mengalami menstruasi/haid sebelum usia 12 tahun.
b. mengalami menopause pada usia yang lanjut atau lebih dari usia 55 tahun.
c. paparan estrogen dari lingkungan seperti hormon atau pestisida (contoh DDT) dalam daging, yang bisa memproduksi zat yang menyerupai estrogen ketika dipecah dalam tubuh.

9. Kehamilan dan Menyusui
Kehamilan dan menyusui mengurangi jumlah keseluruhan siklus menstruasi dalam hidup perempuan, kondisi yang dianggap bisa mengurangi risiko kanker payudara. Perempuan yang tidak pernah mengalami kehamilan secara penuh atau mengalami kehamilan penuh setelah beumur lebih dari 30 tahun memiliki peningkatan risiko kanker payudara. Untuk perempuan yang meimilik anak, menyusui bisa menurunkan risiko kanker payudara, terutama bila mereka terus menyusui dalam waktu 1,5-2 tahun. Namun, banyak perempuan memilih tidak menyusui dalam jangka waktu lama karena dianggap tidak praktis.

10. Paparan Diethylstilbestrol (DES)
Perempuan yang meminum obat Diethylstilbestrol (DES), yang digunakan untuk mencegah keguguran pada tahun 1940-an sampai 1960-an, memiliki sedikit peningkatan risiko kanker payudara. Perempuan yang ibunya mengonsumsi obat Diethylstilbestrol selama masa kehamilan mungkin akan memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara.

Apa Yang Boleh dan Tidak Boleh dilakukan Ibu Hamil ?

“Kalau lagi hamil, jangan sering mandi air panas, Bu” saran seorang teman padaIbu Lita. Selain itu juga jangan berhubungan intim dengan suami,” saran teman yang lain. Aduh, kok, banyak benar larangannya. Ini nggak boleh, itu nggak boleh. Hampir dipastikan pengalaman Ibu Lita pun pernah menimpa Anda. Apa benar saat hamil begitu banyak hal-hal yang dilarang dilakukan? “Padahal orang hamil itu, kan, sebetulnya orang sehat,” ujar Dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG dari RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Berhati-hati jelas perlu. Bahkan, perlu dilakukan sebelum kehamilan dimulai. Saat ini, konseling prahamil sudah banyak dilakukan masyarakat. “Tujuannya untuk menyiapkan kehamilan yang sehat. Sehingga bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Terutama yang berkaitan dengan kebiasaan, konsumsi bahan makanan, dan sebagainya,” ujar Ovy, sapaan akrab Dwiana. Nah, agar ibu hamil tidak selalu cemas sepanjang kehamilannya sebaiknya kita mengenali apa yang boleh dan tidak boleh saat hamil. Apa saja?

Melukis

Bagi yang hobi melukis, aktivitas ini bisa tetap dilakukan selagi hamil. Tapi, jangan terlalu lama atau berlebihan, misalnya sepanjang hari. Cukup 1-2 jam setiap hari. Yang dikhawatirkan selama melukis bau cat dapat terhirup dalam waktu lama. Karena sebagian besar jenis cat mengandung bahan kimia. “Karena itu sebaiknya melukis dilakukan di udara terbuka untuk mengurangi terekspos terlalu lama dengan cat,” saran Ovy.

Hubungan Seks
Orgasme bisa menyebabkan keguguran di usia kehamilan muda dan menyebabkan persalinan di usia kehamilan lanjut. Tapi, hal tersebut tak terbukti pada kehamilan normal. “Jadi, aktivitas ini boleh-boleh saja dilakukan. Asal tidak ada indikasi kelainan pada kehamilannya, semisal letak ari-ari di bawah atau perdarahan.”

Olahraga
Bila Anda terbiasa rutin dan gemar berolahraga, semasa hamil pun dapat diteruskan. Hanya saja olahraga yang dilakukan bukanlah yang berbahaya dan mengandung risiko, seperti balapan mobil, berkuda, lompat-lompat, arung jeram, dan sebagainya. Tapi, lakukanlah olahraga ringan selama 5-30 menit, misalnya jalan pagi, senam ringan, atau berenang. “Jalan merupakan olahraga paling aman semasa hamil.” Berenang pun termasuk olahraga yang kecil risikonya dan dapat dilakukan sepanjang usia kehamilan. “Berenang dapat membuat punggung terasa nyaman dan tubuh menjadi ringan, karena terhindar dari gravita

Naik pesawat
Boleh dilakukan sebelum usia kehamilan 7 bulan. Sebetulnya bayi dalam kandungan tak bermasalah dengan ketinggian dan perbedaan tekanan udara. Agar perjalanan dengan pesawat lebih nyaman sebaiknya duduk di pinggir “gang” agar mudah bila mau ke kamar kecil. Gunakan pula tali pengaman agar duduk nyaman, dan gunakan penyangga kaki agar tak menimbulkan bengkak dan juga bantal kecil di belakang punggung. Bepergian dengan pesawat memang berisiko tinggi. Bila kondisi udara buruk, lantas ibu menjadi stres. Ibu bisa kekurangan oksigen dan mengalami sesak nafas. Sementara bayi dalam kandungan membutuhkan oksigen. “Bila hal ini terjadi di trimester akhir, maka bisa terjadi persalinan prematur atau bayi meninggal dalam kandungan.”

Merokok
“Bayi yang dilahirkan dari ibu perokok hampir selalu memiliki berat lahir rendah,” kata Ovy. Ibu perokok mengakibatkan bayi mendapat darah lewat plasenta lebih sedikit, sehingga zat asam dalam darahnya sedikit. Akibatnya berat badan bayi pun lebih rendah dibanding bayi dari ibu tidak merokok. Jadi, semasa hamil bahkan jauh sebelum hamil, kegiatan yang tak bermanfaat ini sebaiknya dihentikan. Jangan ambil risiko, Bu!

Rontgen
Radiasi tak boleh dilakukan, apa pun indikasinya. Semua bentuk radiasi berpotensi membahayakan perkembangan janin. Pada saat ini janin sedang dalam perkembangan. “Semua jenis radiasi dapat mengacaukan perkembangan sel. Sehingga terjadi mutasi sel yang bisa berkembang ke arah kanker, cacat dan sebagainya.” Bila diperlukan penyinaran, seperti untuk mengetahui patah tulang atau rontgen gigi, sebaiknya katakan pada dokter bahwa Anda tengah hamil.

Sauna
Pada masa kehamilan kegiatan ini sama sekali tak menyenangkan. Apalagi dilakukan dalam ruang tertutup dan udara yang panas. Sementara wanita hamil, kan, sudah banyak mengalami penguapan dari tubuhnya dengan seringnya berkeringat. Jadi, buat apa bersauna?

Mandi Malam
Yang harus diperhatikan wanita hamil masalah higienis. Kalau tak mandi, bisa timbul jamur karena wanita hamil banyak berkeringat. “Jadi, boleh saja mandi malam asal tak sampai menggigil kedinginan.” Bila tak ingin mandi, minimal membasuh dengan waslap, membersihkan daerah kemaluan, membersihkan daerah lipatan kulit danatau rontgen gigi, sebaiknya katakan pada dokter bahwa Anda tengah hamil.

Bekerja di depan komputer
Radiasi dari komputer bisa dikatakan kecil sekali. “Jadi, boleh saja asal tak terlalu lama.” Perhatikan pula sikap tubuh, agar tak muncul keluhan sakit punggung. Cobalah sesering mungkin untuk bergerak. Sebaiknya setiap 1-2 jam Anda melakukan kegiatan lain, seperti jalan-jalan sebentar atau menggerakkan anggota badan.

Mengemudi
Bila kehamilan tak bermasalah, Anda diperbolehkan mengemudi. Tapi, perhatikan jarak dan lama mengemudi. Sering-seringlah mengubah posisi untuk mengendorkan otot-otot kaki. Jangan menunda keinginan buang air kecil karena terlalu asyik mengemudi.Memasuki trimester ketiga kehamilan, Anda memerlukan seorang pengemudi. Perut yang membesar akan menyulitkan Anda mengemudi dengan baik. Selain itu, juga menghindari kemungkinan yang tak diinginkan, misalnya terjadi kontraksi ketika tengah mengemudi.

Diet
Tak baik bagi kondisi ibu dan bayi, karena bisa menimbulkan kekurangan vitamin, mineral dan bahan makanan lain. Diet hanya boleh dilakukan atas persetujuan dokter. Beberapa ibu hamil justru dianjurkan diet bahan makanan tertentu. “Tujuannya, tentu saja bukan menurunkan berat badan, tapi agar berat badan ibu tak bertambah secara berlebihan.” Kenaikan berat badan normal selagi hamil tak lebih dari dua kilogram sebulan. Bila perlu kurangi jenis makanan tertentu yang dapat menambah berat badan berlebih, seperti cake, tart, biskuit, makanan yang berlemak dan manis-manis.

Cat
Hindarilah kontak dengan cat, sekalipun hanya menghirup bau thinner-nya. Karena zat yang terdapat dalam cat bisa masuk ke dalam tubuh. Tak heran bila ada orang yang merasa pusing setelah mencium baunya, apalagi bagi wanita hamil. Memang belum diketahui pasti apakah bahan cat bisa berbahaya bagi perkembangan janin atau tidak. Tapi, pencegahan tentu selalu lebih baik, bukan?

Bahan pembersih dan pengkilap
Mengandung bahan-bahan kimia yang dapat diserap lewat kulit dan masuk ke dalam aliran darah di mana janin sedang berkembang. Karena itu, hindari kontak langsung dengan kulit. Sebaiknya gunakan sarung tangan bila dalam pekerjaan, Anda harus menggunakan bahan pembersih atau pengkilap.

Pewarna Rambut
Memang belum ada bukti yang menunjukkan bahan-bahan kimia dalam pewarna rambut berbahaya bagi janin. Tapi, di lain pihak, pewarna rambut pun tak terbukti aman sama sekali. Jadi, sebaiknya sementara Anda hamil, tundalah keinginan untuk mengecat rambut.

Kosmetik
Sebetulnya kosmetik mengandung bahan kimia, kendati jumlahnya sangat sedikit. Kandungan merkuri dalam kosmetik diketahui berbahaya bagi janin. Karena itu, konsultasikan pada ahlinya kosmetik yang aman buat ibu hamil.

Stoking
Jangan membatasi peredaran darah di kaki selama kehamilan, karena dapat menimbulkan pembengkakan. Jadi, jangan gunakan stoking yang membungkus kaki dengan ketat. Sebaiknya gunakanlah stoking dari bahan lunak bila Anda merasa perlu memakainya untuk menjaga keindahan dan kehangatan di ruang ber-AC. Penderita varises bisa tetap menggunakan stoking khusus varises.

Sepatu
Pemilihan sepatu semasa kehamilan lebih pada kenyamanan dan keamanan. Karena tubuh mengalami perubahan maka penting untuk menghindari sepatu yang akan membebani bagian punggung bawah dan otot-otot kaki. Seperti halnya sepatu berhak tinggi bisa berisiko terpeleset, jatuh dan kaki terkilir. Sama halnya dengan sepatu bertumit rata yang lebih disukai, juga harus menunjang kaki dengan baik. Hindari pula yang dapat menyebabkan Anda jatuh atau tergelincir. Ketika membeli sepatu ukurannya sedikit lebih besar dari biasanya, sebagai antisipasi kaki yang membengkak yang umum terjadi semasa kehamilan.

Alkohol
Sebaiknya tak dikonsumsi sama sekali. Bila wanita suka minum minuman beralkohol harus dihentikan sebelum kehamilan terjadi. Tak ada tingkat pemakaian alkohol yang aman semasa kehamilan. Minuman beralkohol tersebut akan masuk ke dalam darah bayi melalui darah ibunya. Sementara hati janin belum berfungsi maksimal, maka minuman tersebut akan tetap beredar di dalam darah. Pada wanita yang minum alkohol dalam jumlah berlebihan, sebagian besar akan berisiko pada bayi. “Bisa menghambat pertumbuhan fisik, otak dan sebagainya sehingga bayi lahir dengan cacat fisik, kerusakan jantung dan retardasi mental.” Kendati ada ibu yang mengatakan, “Saya minum alkohol, anak saya tak apa-apa, kok.” Tapi, semua penelitian menunjukkan angka kejadian pertumbuhan janin terhambat jauh lebih tinggi pada bayi dengan ibu yang minum minuman beralkohol. Jadi, sifatnya tidak kausatif melainkan risk (berisiko).

Daging setengah matang
Sebaiknya diolah sampai matang, karena bahan makanan berasal dari hewan bisa mengandung bakteri, parasit, protozoa dan bahkan berbagai jenis cacing. Pada telur setengah matang pun bisa ditemukan salmonela yang dapat mengakibatkan penyakit typhus. Bahan makanan yang mengandung kuman tersebut bisa masuk dalam darah ibu dan menyebabkan infeksi, misalnya, toksoplasma. “Nah, semua infeksi pada ibu hamil menyebabkan gangguan pada bayi. Untuk mengetahuinya dilakukan pemeriksaan darah. Bila Anda terinfeksi, dokter akan melakukan yang terbaik bagi Anda.”

Pil KB
Saat belum menyadari Anda hamil, mungkin Anda masih mengkonsumsi pil KB. Tak perlu terlalu khawatir, karena pil KB tak secara langsung menyebabkan efek pada janin, misalnya bayi cacat. Lagipula, hormon-hormon sintetis dalam pil KB hampir sama dengan hormon-hormon alami yang diproduksi tubuh. Tapi, segera hentikan setelah tahu diri Anda hamil.

Kafein
Boleh saja, kok, Anda minum kopi, asal tak berlebihan. Tapi, ingat, kafein merupakan suatu perangsang yang berpengaruh dan bisa meningkatkan produksi hormon stres. Peningkatan ini menyebabkan berkurangnya aliran darah ke rahim dan berkurangnya oksigen mencapai janin. Jadi, mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang banyak tak baik bagi Anda dan bayi Anda. Sedangkan minum teh disarankan tidak berbarengan dengan vitamin/makanan yang mengandung zat besi. “Teh akan menghambat penyerapan zat besi.”

Obat pereda sakit
Jangan minum obat sembarangan! Tapi, bukan berarti bila sakit tak boleh minum obat, lho. Selalu konsultasikan dengan dokter kandungan bila Anda akan mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Atau, beri tahukan dokter bila Anda sedang hamil, sehingga ia akan menuliskan resep obat yang aman untuk ibu hamil.

Mengatasi Sakit Kepala Saat Hamil

img  
Perubahan dalam tubuh yang terjadi selama hamil bisa menimbulkan efek salah satunya adalah sakit kepala. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mencegah dan mengatasi sakit kepala saat hamil?

Ibu yang sedang hamil diketahui tidak boleh mengonsumsi sembarangan obat karena dikhawatirkan mempengaruhi janin yang sedang dikandungnya. Sebagian besar obat sakit kepala mungkin memiliki efek yang berbahaya atau tidak diketahui dampaknya terhadap perkembangan bayi.

Untuk itu ketahui beberapa hal yang bisa mencegah terjadinya sakit kepala saat hamil, seperti dikutip dari Health.MSN, Selasa (15/11/2011) yaitu:

1. Menghindari pemicunya, berbagai hal diketahui bisa menjadi pemicunya seperti telat makan, bau tertentu atau makanan yang dikonsumsi.
2. Melakukan aktivitas fisik dalam rutinitas sehari-hari, misalnya berjalan setiap hari atau melakukan latihan aerobik ringan.
3. Melakukan latihan relaksasi, kegiatan yang menenangkan seperti yoga, bernapas dalam dan visualisasi bisa membantu menjauhkan sakit kepala.
4. Makan dalam porsi kecil tapi lebih sering, sehingga bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mencegah sakit kepala.
5. Mengonsumsi cairan yang cukup sehingga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.
6. Menjaga jadwal tidur yang teratur, karena kelelahan dan kurang tidur bisa berkontribusi terhadap sakit kepala selama kehamilan, serta pastikan pergi tidur dan bangun di waktu yang sama bahkan saat akhir pekan.
7. Menjaga postur tubuh yang baik, karena postur yang buruk atau adanya ketegangan otot bisa mengakibatkan sakit kepala terutama adanya penambahan berat badan untuk mendukung kehamilan.

Namun jika sakit kepala tak bisa dihindari dan menyerang ibu hamil, maka lakukan beberapa langkah berikut yaitu:
1. Melakukan istirahat dengan berbaring di ruangan yang gelap atau remang, suasana tenang dan mata tertutup.
2. Menggunakan kompres hangat untuk mata, wajah dan pelipis atau kening, atau bisa juga mencoba kompres dingin di bagian belakang leher.
3. Mintalah seseorang untuk melakukan pemijatan di bahu dan leher untuk meredakan ketegangan, atau memijat pelipis juga bisa membantu.

Jika langkah-langkah tersebut tidak juga membantu, sakit kepala yang memburuk atau disertai dengan adanya perubahan dalam penglihatan, maka konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pilihan pengobatan lin.

Ibu Hamil Perlu Waktu Tidur Lebih Banyak

img  
 Tidur merupakan salah satu hal yang dibutuhkan untuk mengisi energi di dalam tubuh. Untuk itu ibu hamil membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak dibandingkan dengan perempuan yang tidak hamil.

Ibu hamil memiliki alasan tersendiri yang membuatnya butuh tidur lebih banyak yaitu sekitar 8-10 jam, hal ini karena ibu hamil butuh banyak energi untuk pertumbuhan janin serta untuk membawa bayi yang dikandungnya, seperti dikutip dari Babycenter, Rabu (16/11/2011).

Salah satu contohnya adalah jantung ibu hamil harus bekerja 4-5 kali lebih keras selama kehamilan untuk menjaga agar darah yang mengalir melalui tubuh ibu dan bayi tercukupi dengan baik.

Selain itu ginjal juga harus bekerja lebih keras untuk mengusir produk limbah atau sisa-sisa metabolisme dari dalam tubuh, serta lonjakan hormon progesteron membuat ibu hamil lebih cepat merasa lelah.

Ibu hamil akan disarankan untuk tidur dengan posisi miring ke kiri, karena membantu menjaga rahim dari organ besar yang ada di tubuh. Serta tidur dengan posisi ke kiri juga meningkatkan peredaran darah ke jantung dan aliran darah yang baik ke janin, rahim dan ginjal.

Namun terkadang kondisi kehamilan yang semakin membesar dan berat tubuh yang bertambah membuat ibu hamil sulit untuk tidur dengan nyenyak dan membuatnya mengantuk keesokan harinya.

Meski begitu beberapa hal bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk membantunya tetap nyaman yaitu:
1. Menempatkan bantal di bawah perut, diantara kaki atau dibelakang punggung untuk menjaga posisi dan meringankan tekanan pada perut
2. Menghindari konsumsi kafein
3. Melakukan relaksasi sebelum tidur
4. Membiasakan bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap harin 

Tips Hamil Muda untuk sang Putri Kerajaan

img

Putri Kerajaan Inggris Kate Middleton dikabarkan tengah hamil 6 minggu. Berhubung yang lagi hamil seorang putri kerajaan, tentu saja beritanya menarik minat banyak orang. Termasuk Dr Manny Alvarez yang punya tips khusus untuk hamil muda buat sang putri dan perempuan lainnya.

Kabar Kehamilan istri Pangeran William ini dilansir In Touch Weekly, Inggris yang mengaku punya sumber dari orang dalam. Kate sendiri sempat dicurigai hamil saat mengunjungi pusat UNICEF di Kopenhagen Denmark, Minggu 6 November 2011. Saat itu, ia terlihat memegang perutnya terus.

Jika hal tersebut memang benar, tentunya akan menghadirkan kebahagiaan untuk keluarga kerajaan. Diperkirakan sekitar bulan Juli 2012 akan lahir bayi dari kerajaan Inggris itu.

Pada trimester pertama kehamilan tentunya ada berbagai anjuran yang harus dilakukan bagi ibu hamil agar tetap dalam kondisi fit dan mendapatkan bayi yang sehat.

"Saya akan menyarankan pada Kate dan ibu hamil lainnya agar melakukan diet seimbang. Dan jika mungkin, terus melakukan latihan fisik dan memastikan bahwa tidak ada kondisi masalah medis. Penting juga untuk mengonsumsi asam folat untuk mencegah bayi lahir dengan kecacatan kata Dr Manny Alvarez, dokter spesial yang menjadi kolumnis FoxNewsHealth seperti dikutip Jumat (18/11/2011).

Trimester pertama kehamilan menurut Dr Alvarez merupakan waktu yang ideal untuk melakukan pemeriksaan gigi. Membersihkan gigi sangat penting karena bakteri dalam mulut dapat menyebabkan keguguran atau persalinan prematur.

Selain itu, pemeriksaan darah termasuk hitung darah, skrining hepatitis, dan pengukuran tingkat hormon lainnya juga penting. "Wanita hamil pada trimester pertama seringkali mengalami morning sickness," kata Dr Alvarez.

Morning sickness atau disebut juga nausea gravidarum adalah kondisi yang membuat ibu hamil mual, muntah (emesis gravidarum atau NVP). Kondisi ini cukup mengganggu dan mempengaruhi lebih dari setengah dari semua wanita hamil.

Morning sickness terkait dengan meningkatnya kadar estrogen. Sehingga kondisi tersebut serupa dengan mual yang juga terlihat pada beberapa wanita yang menggunakan kontrasepsi hormonal atau terapi pengganti hormon.

Morning sickness kadang-kadang hadir saat dini hari dan pagi hari. Rasa mual dapat ringan atau hingga menginduksi muntah, tetapi tidak cukup parah untuk menyebabkan kekacauan metabolisme.

Dalam kasus yang lebih parah, muntah-muntah saat trimester pertama kehamilan dapat menyebabkan dehidrasi, penurunan berat badan, alkalosis dan hipokalemia. Kondisi tersebut dikenal sebagai hiperemesis gravidarum dan terjadi pada sekitar 1 persen dari semua kehamilan.

Mual dan muntah dapat menjadi salah satu tanda pertama kehamilan dan biasanya dimulai sekitar minggu keenam kehamilan. Cara menghitung usia kehamilan adalah dari 14 hari sebelum pembuahan.

Morning sickness dapat terjadi setiap hari, dan bagi kebanyakan wanita mungkin berhenti pada sekitar 12 minggu kehamilan. Sehingga kondisi tersebut dapat cukup mengganggu dan menyiksa wanita hamil yang mengalaminya.

Berikut adalah beberapa tips dari Dr Alvarez untuk mengatasi rasa mual pada trimester pertama kehamilan antara lain:

1. Membawa botol ekstrak lemon untuk dibaui, atau cobalah makan lemon atau minum minuman lemon.
2. Menjaga kondisi agar tidak mengalami dehidrasi.
3. Makan makanan kecil beberapa kali sehari.
4. Mengonsumsi vitamin B6.
5. Menggunakan gelang khusus untuk mengatasi mabuk laut (seasick wristbands).
6. Minum minuman yang mengandung jahe, seperti menambahkan jahe pada teh.
7. Mencari dan menghindari hal-hal yang sekiranya dapat menjadi gangguan.

Lakukan Hal Berikut untuk Mencegah Kelahiran Prematur

img  
Kelahiran prematur atau sebelum waktunya bisa menimbulkan beberapa risiko baik bagi bayi maupun ibunya. Meski begitu kondisi ini bisa dicegah dengan melakukan beberapa hal.

Kelahiran prematur tidak bisa dianggap enteng karena dapat memicu masalah kesehatan seperti keterlambatan perkembangan, penyakit paru-paru kronis serta cerebral palsy. Serta dapat mempengaruhi emosional dan finansial dari keluarga.

"Kami tidak memahami mekanisme kelahiran prematur yang cukup aman, sehingga dibutuhkan cara yang efektif untuk mencegah hal tersebut," ujar Ronald Gibbs, MD, ketua departemen obestetri dan ginekologi dari University of Colorado Health Sciences Center di Denver, seperti dikutip dari Parenting.com, Senin (21/11/2011).

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui dan dilakukan untuk membantu mencegah kelahiran prematur yaitu:

1. Mendapatkan perawatan sejak awal kehamilan
Mengunjungi dokter sejak diketahui hamil atau saat mencoba untuk hamil bisa bantu kurangi risiko kelahiran prematur. Biasanya dokter akan menyarankan pola makan yang benar seperti asam folat dan vitamin B, berat badan yang tepat, pemberian suplemen atau vitamin jika diperlukan serta pemeriksaan terhadap risiko infeksi yang membahayakan kehamilan.

2. Mengetahui risiko diri sendiri
Ketahui faktor risiko yang dimiliki seperti apakah merokok, memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, usia saat hamil, pernah memiliki komplikasi kehamilan sebelumnya atau tidak, berat badan yang dimiliki serta faktor genetik lainnya. Konsultasikan dengan dokter untuk meminimalkan risiko yang ada.

3. Melakukan pemeriksaan terhadap infeksi saluran kemih
Studi menunjukkan infeksi pada rahim bisa dimulai dari saluran kemih dan menyebabkan kelahiran prematur. Seperti infeksi bakteri di vagina membuat tubuh melepaskan zat kimia pelawan infeksi (sitokin) yang menyebabkan peradangan yang nantinya memicu pelepasan prostaglandin (zat kimia yang memicu kontraksi dan pelebaran leher rahim).

4. Mengunjungi dokter gigi secara teratur
Pemeriksaan ke dokter gigi bisa membantu cegah kelahiran prematur. Hal ini karena perubahan hormon selama kehamilan membuat perempuan lebih renan terhadap radang gusi (bengkak, gusi merah dan penyakit gusi). Kondisi ini memicu penyebaran infeksi lebih lanjut yang mempengaruhi kehamilan.

5. Perhatikan berat badan
Memiliki kenaikan berat badan yang berlebih ketika hamil memberikan peluang lebih besar terhadap komplikasi seperti diabetes gestational dan preeklampsia yang meningkatkan risiko persalinan prematur.

6. Memiliki pola makan yang benar dan olahraga
Mengonsumsi makanan bergizi selama kehamilan seperti gandum, sumber protein sehat, susu, buah dan sayur membantu perkembangan janin sehat. Konsumsi kadar asam lemak omega 3 yang lebih tinggi menurunkan risiko kelahiran prematur. Sedangkan olahraga bantu cegah diabetes gestational dan preeklampsia.

7. Mencegah stres dan depresi
Perempuan hamil yang mengalami depresi atau cemas memiliki peningkatan 2 kali lipat terhadap kelahiran prematur. Untuk itu cegah stres dan depresi dengan melakukan hal-hal yang disukai serta berlatih yoga atau meditasi untuk membantu merilekskan tubuh.

Inilah Kombinasi Diet yang Baik untuk Ibu Hamil

img  
 
Menjaga kesehatan ketika hamil tentu sangat penting untuk bayi dan si ibu. Banyak cara yang disarankan pada ibu hamil untuk menjaga kesehatannya. Pada kunjungan pertama ke dokter, setelah dilakukan tes kehamilan maka akan diprediksi kapan bayi akan lahir. Jika ibu hamil dalam kondisi yang sehat dan tidak ada faktor risiko komplikasi, dokter akan melakukan pemeriksaan setiap:

1. Setiap 4-28 minggu kehamilan
2. Kemudian setiap 2-36 minggu
3. Kemudian seminggu sekali sampai melahirkan

Selama masa kehamilan, dokter akan memeriksa berat badan dan tekanan darah, serta memeriksa pertumbuhan dan perkembangan bayi. Ibu hamil juga akan melakukan tes prenatal, termasuk darah, urin, dan tes serviks. Ibu hamil biasanya membutuhkan tambahan sekitar 300 kalori per hari, terutama saat bayi tumbuh dengan cepat. Makan sehat selalu penting, terutama ketika sedang hamil. Tetapi berat badan yang berlebihan juga harus dihindari saat hamil. Pada ibu hamil yang obesitas, mungkin dokter akan menyarankan untuk diet rendah kalori.

Kombinasi diet yang baik untuk ibu hamil seperti dikutip dari MSNHealth, Jumat (25/11/2011) termasuk:

1. Daging
2. Buah
3. Sayuran
4. Roti gandum
5. Produk susu tanpa lemak

Selain itu, ibu hamil juga membutuhkan lebih banyak nutrisi esensial, khususnya kalsium, besi, dan asam folat. Selain nutrisi, yang perlu diperhatikan juga adalah posisi tidur dan aktivitas fisik. Beberapa dokter merekomendasikan bahwa wanita hamil tidur di sisi kiri. Karena salah satu pembuluh darah besar di sisi kanan perut, berbaring pada sisi kiri dapat membantu menjaga rahim. Berbaring di sisi kiri juga mengoptimalkan aliran darah ke plasenta.

Selain hal-hal yang harus dilakukan, beberapa hal yang harus dihindari saat hamil, antara lain:

1. Alkohol
2. Obat-obatan tertentu
3. Nikotin
4. Kafein
5. Makanan tertentu

Makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, antara lain:

1. Keju yang tidak dipasteurisasi
2. Susu, jus, dan sari apel yang tidak dipasteurisasi
3. Telur mentah atau makanan yang mengandung telur mentah
4. Daging mentah atau setengah matang, ikan (sushi), atau kerang
5. Daging olahan seperti hot dog

Dengan menjaga kondisi kesehatan selama hamil, setidaknya dapat menurunkan risiko bayi lahir prematur atau bayi lahir dengan cacat bawaan. Selain itu juga kondisi ibu hamil tetap fit dan bugar, tentunya akan berpengaruh pada kondisi janin.

Cara-cara Agar Ibu Hamil Tetap Nyaman


Kehamilan kadang bisa membuat ibu menjadi tidak nyaman karena adanya beberapa perubahan. Tapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar kehamilan jadi menyenangkan bagi si ibu hamil.

Perubahan hormon dan bentuk tubuh bisa mempengaruhi suasana hati dan kepercayaan diri ibu hamil. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan ibu hamil untuk meningkatkan suasana hati dan juga membuatnya lebih nyaman, seperti dikutip dari Parenting.com, Senin (5/12/2011) yaitu:

1. Kurangi tekanan dengan membuat 'to do list' yang tepat
Ibu hamil sering merasa tertekan dengan keharusan untuk makan dengan baik, berolahraga dan keharusan-keharusan lainnya. Untuk itu pilihlah prioritas utama mana yang perlu dilakukan dan menyeleksi hal-hal yang sebaiknya tidak perlu dilakukan.

2. Mengambil gambar kehamilan
Memiliki foto-foto selama kehamilan setiap bulannya bisa menjadi hal yang menyenangkan tidak hanya bagi anak kelak, tapi juga untuk ibu hamil. Hal ini bisa membuat ibu hamil lebih bersemangat menjalani kehamilan serta menghadapi persalinannya.

3. Menggunakan pakaian dalam yang pas dan nyaman

Selama kehamilan, payudara bisa menjadi tidak nyaman jika tidak didukung dengan tepat bahkan saat tidur. Untuk itu cobalah pakaian dalam yang memiliki ukuran pas sehingga membuat ibu hamil nyaman dan percaya diri.

4. Melakukan olahraga atau latihan
Beberapa latihan atau olahraga bisa membantu memperkuat otot yang diperlukan saat persalinan. Selain itu berolahraga juga membantu menjaga energi dan menurunkan stres. Carilah kelas olahraga atau latihan khusus untuk ibu hamil dan jangan lupa untuk rutin memeriksakan diri ke dokter.

5. Melakukan relaksasi

Para ahli menuturkan aromaterapi bisa merangsang saraf penciuman yang nantinya mengaktifkan pusat emosi di otak. Cara relaksasi lain yang bisa dilakukan adalah latihan tarik napas dengan benar.

6. Ibu hamil tetap bisa bergaya
Kehamilan tidak menghambat seseorang untuk tetap bisa bergaya, saat ini banyak baju ibu hamil dengan model terkini. Hal terpenting jangan menyembunyikan kehamilan dengan menggunakan pakaian yang terlalu ketat atau bisa berbahaya bagi janin.

7. Berilah kenyamanan bagi kaki
Kaki memiliki tugas menopang bagian tubuh atas, karenanya berilah kenyamanan bagi kaki. Untuk itu pilihlah sepatu yang nyaman digunakan untuk berjalan, tidak terlalu ketat dan mendukung kaki dengan baik. Selain itu rendamlah kaki secara teratur dan memberinya lotion yang menyegarkan.

Kenapa Ibu Hamil Tak Boleh Kepanasan?

 
Ibu hamil memang perlu mendapat penanganan istimewa. Selain asupan gizi yang cukup, ibu hamil tidak boleh terkena suhu panas. Penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Queensland University of Technology telah menemukan bahwa peningkatan suhu menaikkan tingkat bayi lahir mati dan bayi lahir prematur.

Professor Adrian Barnett dari Institut Kesehatan dan Inovasi Biomedis di Queensland University of Technology memimpin sebuah penelitian yang melihat kejadian kelahiran prematur dan lahir mati di Brisbane selama empat tahun dari tahun 2005.

Dari sebanyak total 101.870 jumlah kelahiran, telah tercatat terdapat 653 atau 0,6% jumlah bayi lahir mati.

Penelitian Profesor Barnett mencatat suhu mingguan, kelembaban dan tingkat polusi udara untuk setiap kehamilan. Menurutnya, risiko terendah berada di minggu-minggu paling dingin, dan suhu hangat mingguan sebesar 23 derajat celsius sama berbahayanya dengan minggu-minggu paling panas.

Penelitian lain telah melihat hubungan antara temperatur dan kelahiran prematur. Penelitian oleh Queensland University of Technology ini adalah yang pertama kalinya menyelidiki hubungan antara temperatur dan kelahiran mati.

"Kami menemukan bahwa kenaikan temperatur meningkatkan risiko bayi lahir mati, terutama ketika tahap awal kehamilan sebelum 28 minggu. Kami memperkirakan pada suhu 15 derajat C, akan ada 353 bayi lahir mati per 100.000 kehamilan, dibandingkan dengan 610 bayi lahir mati per 100.000 kehamilan dilahirkan pada suhu 23 derajat C," kata Professor Adrian Barnett.

"Peningkatan suhu juga mempersingkat waktu kehamilan. Artinya, lebih banyak bayi prematur yang sering memiliki gangguan kesehatan serius jangka panjang seperti cerebral palsy dan gangguan penglihatan dan pendengaran," imbuh Professor Adrian Barnett seperti dilansir sciencealert.com, Senin (19/12/2011).

Profesor Barnett mengatakan bahwa karena kenaikan suhu global, penelitian ini dapat memiliki implikasi serius bagi kesehatan masyarakat.

"Ibu hamil harus melindungi diri dari panas untuk mengurangi kemungkinan bayi lahir prematur atau lahir mati. Telah diketahui bahwa wanita harus menghindari kolam air panas atau Jacuzzi selama kehamilan karena dapat menyebabkan keguguran dan dehidrasi yang disebabkan panas dan berkeringat dapat berbahaya bagi janin dan mempengaruhi kelahiran," pungkas Profesor Barnett.

Operasi Caesar Agar Bayi Lahir di Tanggal Tertentu Diharamkan

img  
Operasi caesar karena alasan ingin melahirkan pada tanggal-tanggal tertentu seperti tanggal cantik atau alasan non kesehatan diharamkan oleh Forum Ponpes se Jawa Madura. Operasi caesar hanya boleh untuk upaya darurat dan paling terakhir.

Haramnya operasi caesar karena alasan tanggal cantik ini hasil rumusan Forum Bahtsul Masail Pondok Pesantren (Ponpes) ke-24 di Ponpes Al Falah Trenceng Tulungagung, Jatim.

Forum yang diikuti 250 santri dari 150 ponpes se-Jawa dan Madura ini selain operasi caesar, mereka juga mengharamkan menyambung rambut dan menggunakan tato alis yang dilakukan kaum perempuan.

Menurut ulama, operasi caesar itu dilakukan sebagai upaya darurat dan paling terakhir. Jika tidak ada alasan caesar, bisa dianggap salah karena membahayakan diri.

"Jika alasan caesar untuk mengejar angka tertentu karena dianggap cantik semisal 11-11-2011, maka para santri dengan tegas menyatakan haram. Sebab tidak ada alasan penting yang diatur syariat dalam percepatan kelahiran itu," kata Perumus Bahtsul Masail Alif Murjoko usai acara, Jumat (23/12/2011).

Alif mengaku, operasi benar-benar boleh dilakukan jika itu membahayakan si ibu atau janin yang dikandung.

Sementara Perumus Bahtsul Masail Agus Alwi mengatakan selain operasi caesar hal-hal yang diharamkan lagi adalah orang-orang yang menyambung rambut dan tato alis. Sebab hal itu sama saja merubah anugerah yang diberikan Tuhan.

"Kegiatan mempercantik diri itu sebagai bentuk nyata dari tipu daya setan. Selain itu tato bersifat menyakiti diri sendiri sehingga secara fiqih diharamkan. Termasuk mencukur alis juga dilarang," jelas Agus.

Pihaknya, kata Agus, merujuk dalam surat An Nisa ayat 119 yang menjelaskan secara gamblang bahwa setan memang telah berjanji mengganggu manusia dengan cara merubah ciptaan Alloh SWT. Sementara itu Forum Bahtsul Masail ini dilakukan rutin satu tahun 2 kali.

Operasi caesar

Operasi caesar dilakukan jika berisiko terhadap ibu dan bayi misalnya terjadi infeksi, perdarahan, ada penyakit tertentu atau bayi memiliki masalah seperti terlilit tali pusat, gangguan pernapasan atau masalah pada plasentanya.

Saat ini banyak sekali ibu hamil yang melahirkan bayinya melalui operasi caesar baik karena memiliki masalah dengan kehamilannya ataupun tidak.

Banyaknya perempuan yang melakukan operasi caesar juga dipengaruhi oleh teknologi reproduksi yang semakin canggih atau ukuran bayi yang terlalu besar karena meningkatnya penderita diabetes pada ibu hamil.

Operasi caesar merupakan salah satu jenis operasi yang diperlukan untuk menyelamatkan ibu dan bayi yang dikandungnya. Tapi jika ibu seringkali melakukan operasi caesar, maka bisa berbahaya dan meningkatkan risiko kesehatan.

Risiko tersebut misalnya histerektomi (pengangkatan rahim) hampir 5 kali lebih tinggi terjadi pada perempuan yang sudah 4 kali operasi caesar, serta risiko transfusi darah lebih tinggi jika sudah 6 kali operasi caesar.

Sebagian besar dokter tidak menyarankan perempuan untuk melakukan operasi caesar lebih dari 3 kali. Jika perempuan tersebut hamil kembali, maka akan dianjurkan untuk melahirkan melalui vagina atau secara normal.

Malaria Tingkatkan Risiko Keguguran 3 Kali Lipat

imgIbu hamil harus berhati-hati dengan penyakit malaria. Penyakit mematikan ini memang telah lama diketahui menyebabkan kelahiran prematur dan berat lahir rendah. Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa malaria meningkatkan risiko ibu hamil mengalami keguguran sebesar tiga kali lipat.

Para peneliti di Shoklo Malaria Research Unit menemukan bahwa satu episode malaria pada trimester pertama kehamilan terkait dengan peningkatan risiko keguguran sebesar tiga kali lipat. Risiko ini bukan terkait dengan pengobatan malaria, sebab peneliti menemukan bahwa perempuan yang diobati dengan obat anti malaria tidak mengalami efek samping yang serius atau meningkatkan kemungkinannya mengalami keguguran.

Menurut perkiraan, ada 125 juta kehamilan yang berisiko malaria setiap tahunnya. Selama kehamilan, malaria dapat menyebabkan anemia berat dan infeksi parasit pada janin dan meningkatkan risiko berat lahir rendah, kelahiran prematur, dan kematian ibu.

Sampai sekarang, para ilmuwan hanya sedikit mengetahui tentang efek malaria di awal kehamilan atau manfaat dan bahaya obat anti malaria selama tahap-tahap awal kehamilan. Pengobatan malaria tidak disarankan selama kehamilan trimester pertama karena terbukti berpotensi menyebabkan cacat lahir atau keguguran.

"Parasit malaria, baik plasmodium vivax maupun falciparum, memberikan kontribusi yang signifikan pada kematian janin dan bayi. Hasil ini menunjukkan bahwa efek berbahaya malaria pada trimester pertama kehamilan lebih besar daripada efek pengobatan. Kami menekankan pentingnya deteksi dini malaria serta pengobatan yang efektif untuk semua perempuan hamil dengan segara," kata peneliti, Rose McGready dari Shoklo Malaria Research Unit di Thailand.

McGready dan timnya telah melakukan peneltian di Shoklo Malaria Research Unit pada bulan Mei 1986 hingga Oktober 2010. Para ilmuwan membandingkan hasil dari 16.668 orang perempuan yang tidak mengalami malaria selama kehamilan dengan 945 orang perempuan yang hanya memiliki satu episode malaria pada trimester pertama, yaitu kurang dari 14 minggu kehamilannya.

Penelitian yang dilansir MedicalNewsToday.com, Senin (2/1/2011) ini menemukan bahwa malaria asimtomatik atau yang tidak menunjukkan gejala nyata berkaitan dengan risiko keguguran tiga kali lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mengalami malaria. Bahkan, risiko keguguran pada ibu hamil dengan gejala malaria cenderung sampai empat kali lebih besar. Risiko ini sama di antara perempuan dengan malaria vivax dan falsiparum.

Para peneliti juga menemukan bahwa kemungkinan keguguran pada perempuan yang menerima obat malaria selama trimester pertama tetap sama, yaitu dengan obat klorokuin sebesar 26 persen, dengan kina sebesar 27 persen, dan artesunat 31 persen.

Inilah 6 Cara Memperbaiki Masalah di Tubuh Usai Melahirkan

imgSetelah melahirkan, terjadi banyak perubahan pada tubuh perempuan. Masalah berat badan mungkin bisa ditangani dengan cepat dan mudah, tetapi masalah lainnya?

Berikut adalah keenam masalah yang terdapat pada tubuh perempuan setelah melahirkan dan bagaimana cara mengatasuinya, seperti dilansir parents.com, Rabu (25/1/2012).

1. Luka Bekas Operasi Caesar

Meskipun sebagian bekas luka memudar dalam satu atau dua tahun, bekasnya tidak pernah benar-benar hilang.

"Kunci untuk membuat bekas luka kurang terlihat adalah dengan cara menanganinya sedari awal," kata Debra Jaliman, MD, instruktur dermatologi klinis di Mount Sinai School of Medicine, di New York City.

Penelitian menunjukkan, bahan aktif dalam gel oles mederma yang terdiri dari ekstrak bawang merah, membantu menyusun kembali kolagen pada kulit dan menghaluskan bekas luka.

Gel ini aman digunakan saat sedang menyusui atau hamil dan paling efektif digunakan untuk bekas luka yang terjadi di bawah satu tahun, tetapi dapat meminimalkan bekas luka yang sudah ada selama delapan tahun.

Prosedur lain yang dilakukan di kantor doktor seperti perawatan laser dan suntikan steroid biasanya memberikan hasil yang lebih baik, lebih cepat, tetapi lebih mahal. Pelembab dapat membantu kulit terlihat lebih muda, dan pemijatan dapat melunakkan bekas luka baru. Namun, jangan menggunakan produk Vitamin E.

"Vitamin E tidak dapat mengubah kolagen kulit, juga tidak ada bukti bahwa vitamin yang dioleskan memiliki dampak apapun," kata Stephen Metzinger, MD, ahli bedah plastik di Rumah Sakit Anak, di New Orleans .

2. Payudara kendur

Selama kehamilan dan menyusui, hormon menyebabkan jaringan payudara semakin luas, dan kulit di sekitarnya melebar untuk mengakomodasi perubahan ini. Setelah itu, jaringan akan menyusut, tetapi kulit tidak lagi elastis.

"Meskipun bisa dikembalikan kekencangannya lewat operasi plastik, sebenarnya tidak harus menggunakan pisau bedah hanya untuk membuatnya sedikit kencang," kata Aron Kressel, MD, kepala bedah plastik di Rumah Sakit Metropolitan, di New York City.

"Berolahraga tidak akan meningkatkan ukuran bra, karena jaringan payudara adalah lemak, bukan otot. Tapi olahraga dapat mengubah otot-otot dada di sekitar payudara, membuatnya terangkat, dan membuat penampilan lebih segar," kata Courtney Barroll, pelatih pribadi di Klub Equinox Fitness, di New York City.

Beberapa latihan yang dapat dilakukan antara lain: push-up, mengangkat dada lalu berbaring telentang, pull-overs, dan penekanan pada dada.

Sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter sebelum melakukan olahraga setelah melahirkan. Jangan gunakan krim pengencang payudara, sebab tidak ada bukti krim tersebut dapat mengencangkan kulit atau mengembalikan elastisitasnya.

3. Melasma

Lebih dari 70% dari ibu hamil akan memiliki melasma atau 'topeng kehamilan', yaitu bercak gelap pada dahi, pipi, dan bibir atas yang sering memudar setelah melahirkan tetapi tidak hilang sepenuhnya. Bercak-bercak ini timbul akibat fluktuasi hormon ketika kehamilan.

Krim pemutih yang diresepkan dokter seperti steroid dan tretinoin, baik digunakan sendiri atau dalam kombinasi. Banyak pasien mengalami perbaikan dalam beberapa minggu. Namun krim ini dapat menyebabkan kemerahan sementara, kulit mengelupas dan kulit kering. Krim ini tidak boleh digunakan ketika sedang menyusui atau hamil.

Prosedur yang disebut glikolat bisa dilakukan di kantor dokter untuk membantu menghapus lapisan atas kulit. Produk kecantikan tanpa resep dokter yang mengandung hydroquinone 2 persen atau ekstrak licorice juga dapat mengurangi perubahan warna. Jangan lupa menggunakan tabir surya untuk mempertahankan hasilnya. Cara paling cepat adalah dengan menutupi noda menggunakan riasan atau make up.

4. Perut Menggemuk

Meskipun si jabang bayi sudah dilahirkan dengan selamat, tonjolan di sekitar perut tidak bergeming. Itu karena sebagian besar kulit dan otot masih melebar. Gerakan yang menargetkan otot yang membungkus sekitar perut, seperti sit-up, akan dapat membantu mengencangkan otot di sekitar perut.

Cara lain, cobalah posisi push-up, seimbangkan berat badan pada lengan. Tempatkan handuk di bawah kaki, dan saat menarik perut, geser lutut ke arah dada. Lakukan dua set 5-8 pengulangan, tiga kali seminggu. Lakukan sampai dengan tiga set.

5. Bekas Peregangan Kulit

"Bekas peregangan kulit di perut, pinggul, payudara atau bokong biasanya memerah dan kemudian menipis dalam waktu setahun. Banyak tidaknya bekas tersebut tergantung pada genetika dan seberapa cepat kenaikan berat badan. Semakin cepat ditangani, semakin besar kemungkinannya menghilang," kata David J Goldberg, MD, direktur penelitian laser di departemen dermatologi di Mount Sinai School of Medicine, di New York City.

Krim Retin-A dapat membantu menghilangkan bekas peregangan kulit ini. Retin-A membangun kolagen, mengencangkan kolagen yang rusak ketika kulit tertarik. Efek sampingnya adalah kulit kemerahan sementara, kulit terkelupas, dan kering.

Mikrodermabrasi, suatu prosedur dimana kristal kecil digunakan menghapus lapisan atas kulit dan merangsang produksi kolagen, dapat mengobati bekas peregangan yang lebih lama. Selain itu, FDA baru-baru menyetujui pengobatan laser untuk menambah pigmen sel kulit yang lebih tua, sehingga menyebabkan bekas peregangan kulit yang sudah lama dapat berbaur dengan kulit di sekitarnya.

6. Pembuluh Darah Melebar

Sebanyak 40% wanita hamil mengalami pelebaran pembuluh darah di dekat permukaan kulitnya atau varises, yang paling sering adalah di bagian betis dan paha.

"Faktor keturunan, hormon dan tekanan pada vena ketika kehamilan lah yang menyebabkan. Varises dapat membaik setelah melahirkan, tetapi tidak akan hilang sepenuhnya," kata Dr Masterson.

Prosedur yang diebut sclerotherapy dapat membantu, prosedurnya berupa menyuntik pembuluh darah vena yang terkena dengan larutan yang menyebabkan pembuluh menutup, kemudian memudar atau menghilang dalam waktu sekitar dua minggu.

Biasanya, diperlukan lebih dari satu sesi, dan disarankan untuk menunggu setidaknya enam bulan setelah melahirkan. Efek samping sementara antara lain berupa rasa menyengat di tempat suntikan, kram otot, dan kemerahan atau bintik-bintik coklat.

Inilah 8 Perubahan Aneh Pada Tubuh Wanita Ketika Hamil

img  
Ketika hamil, terjadi perubahan fisik pada tubuh perempuan. Tak hanya bagian perut yang membesar, tapi hampir seluruh bagian tubuh mengalami perubahan.

Seperti dilansir LiveScience, Selasa (6/3/2012), berikut adalah 8 hal aneh yang terjadi pada tubuh saat hamil.

Muncul organ baru
Tak hanya bayi yang muncul di dalam rahim, tubuh wanita hamil juga menumbuhkan organ baru, yaitu plasenta. Plasenta adalah organ sementara dalam tubuh yang mulai terbentuk ketika sel telur dibuahi. Tugasnya adalah membentuk penghalang berpori agar darah ibu dengan darah si jabang bayi tidak bercampur.

Tulang menjadi longgar
Kepala bayi di dalam rahim terletak tepat di atas tulang panggul yang keras. Posisi ini rentan bagi keselamatan bayi. Untungnya, tubuh ibu hamil menghasilkan hormon relaksin yang dapat melemaskan tulang rawan yang menyatukan tulang keras. Relaksin mengendurkan simfisis pubis, tulang rawan yang terletak pada tulang kemaluan di depan kandung kemih.

Relaksin diproduksi 10 kali lipat di atas normal selama kehamilan dan mempengaruhi semua sendi di dalam tubuh. Hal ini menyebabkan beberapa wanita mengalami nyeri sendi selama hamil.

Daya ingat berkurang
Penelitian menemukan bahwa daya ingat ibu hamil memburuk ketika trimester kedua dan ketiga kehamilan. Ada kemungkinan bahwa perubahan hormonal menjadi penyebabnya. Kehamilan juga memicu perubahan suasana hati.

Merasa mual (morning sickness)
Mual dan muntah umum dialami wanita hamil setiap saat sepanjang hari. Efek ini biasanya hilang setelah kehamilan memasuki minggu ke 12. Tidak ada yang sepenuhnya yakin apa yang menyebabkan morning sickness ini.

Sebuah penelitian di tahun 2008 menunjukkan bahwa rasa mual diduga merupakan cara tubuh untuk beradaptasi dalam upayanya membantu menjaga embrio tetap aman. Penelitian ini menemukan bahwa morning sickness seringkali dipicu oleh bau yang menyengat.

Hal ini menunjukkan bahwa tubuh nampaknya sedang berusaha mencegah ibu hamil mengkonsumsi zat berbahaya. Morning sickness mencapai puncaknya pada waktu yang sama dengan awal perkembangan organ dalam embrio. Diduga, hal ini adalah petunjuk bahwa tubuh berada dalam tahap siaga tinggi selama periode ini.

Perut sakit
Sakit maag disebabkan oleh tekanan pada uterus yang bertambah besar. Biasanya, asam lambung ditahan oleh sfingter esofagus, otot dalam diafragma yang berfungsi menutup kerongkongan saat tekanan dalam perut meningkat. Tetapi selama kehamilan, hormon progesteron melemaskan sfingter ini. Sementara itu, perkembangan ukuran bayi akan makin menekan usus dan lambung.

Kandung kemih mampet
Ibu hamil sering bolak-balik ke kamar kecil. Penyebabnya adalah ukuran bayi yang bertambah besar menekan otot dasar kandung kemih, uretra dan panggul. Tekanan ini tak hanya menyebabkan ibu hamil menjadi sering merasa ingin buang air kecil, tetapi batuk, bersin atau tertawa saja dapat menyebabkan ngompol.

Memiliki darah 50% lebih banyak
Kehamilan menguras banyak energi sehingga membutuhkan lebih banyak darah. Ketika kehamilan mencapai usia 20 minggu, tubuh memiliki darah 50 persen lebih banyak. Pertambahan darah ini menyebabkan beberapa efek samping yang aneh, seperti varises dan wasir. Tambahan darah ini juga dapat mengakibatkan mimisan dan hidung tersumbat karena selaput lendir membengkak.

Tangan kesemutan
Kehamilan dapat menyebabkan munculnya sindrom carpal tunnel. Sindrom ini ditandai dengan tangan mati rasa atau kesemutan yang disebabkan oleh edema atau pembengkakan cairan di bawah kulit. Pertambahan cairan akan berkumpul di pergelangan kaki dan pergelangan tangan karena pengaruh gravitasi. Pada pergelangan tangan, pembengkakan ini dapat mengganggu syaraf dan menyebabkan rasa kesemutan.

Ibu Hamil Perlu Banyak Makan Pisang untuk Cegah Anemia

imgAnemia akibat kekurangan zat besi merupakan penyebab utama kematian ibu saat melahirkan. Untuk mencegah kejadian buruk ini, ibu hamil disarankan untuk banyak memakan pisang.

"Saat hamil, tubuh ibu membutuhkan banyak energi. Pisang adalah makanan terbaik karena mengandung vitamin yang diperlukan. Dua buah pisang cukup memenuhi asupan zat besi pasien anemia. Pisang juga mengandung asam folat yang mudah diserap janin melalui rahim," kata Kathleen Zelman, MPH, RD, direktur Nutrisi dan Klinik Penurunan Berat Badan WebMD seperti dilansir WebMD, Senin (12/3/2012).

Asam folat atau vitamin B9 adalah jenis vitamin B yang larut dalam air. Asam folat terkandung secara alami dalam makanan. Pada manusia, asam folat diperlukan untuk membuat asam nukleat dan hemoglobin dalam sel darah merah. Kekurangan asam folat dapat mengganggu pembentukan sel darah merah muda dan menyebabkan anemia.

Asam folat penting untuk perkembangan selubung saraf selama kehamilan yang membentuk otak dan sumsum tulang belakang. Kekurangan asam folat pada wanita hamil meningkatkan risiko kelahiran prematur, bayi dengan berat lahir rendah atau mengalami cacat pada selubung sarafnya.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi 0,4 mg asam folat setiap hari sebelum pembuahan dan awal kehamilan dapat mengurangi risiko melahirkan bayi cacat tabung saraf hingga 70%. Namun, jangan makan pisang berlebihan sebab satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori.

"Mual di pagi hari saat hamil merupakan tanda pertama kehamilan dan sering berlangsung hingga trimester pertama. Tetapi rasa sakit bisa terjadi setiap saat bukan hanya di pagi hari. Pisang yang juga diperkaya vitamin B6 dapat menenangkan asam lambung dan meningkatkan pencernaan," imbuh dr Zelman.

Satu buah pisang juga mengandung sekitar 467 mg kalium, dan ibu hamil perlu 2000 mg kalium setiap harinya. Diyakini bahwa kram kaki, salah satu gejala yang paling tidak menyenangkan selama kehamilan, dapat diredakan dengan meningkatkan asupan kalium.

"Anemia akibat kekurangan zat besi adalah masalah utama ibu hamil, terutama saat melahirkan anak, dan merupakan salah satu penyebab utama kematian ibu saat melahirkan. Pisang yang kaya zat besi bisa berdampak besar pada pemecahan masalah anemia karena kekurangan zat besi," kata Profesor James Dale, direktur Pusat Tanaman Tropis dan Biocommodities di Queensland University of Technology.

Ibu Hamil Perlu Banyak Makan Bakteri Baik

imgBakteri yang terkandung dalan tubuh manusia jumlahnya 10 kali lipat dibandingkan jumlah sel-sel tubuh. Beberapa bakteri ini memang dibutuhkan oleh tubuh, terutama dalam proses pencernaan dan perkembangan sistem imun. Mengkonsumsi bakteri-bakteri baik ini akan memperkuat sistem imun dan pencernaan.

Bakteri yang bermanfaat bagi tubuh disebut probiotik. Menurut organisasi kesehatan dunia atau WHO, probiotik adalah organisme hidup yang jika dalam jumlah cukup akan bermanfaat bagi inangnya. Jenis probiotik yang bermanfaat bagi tubuh adalah bifidiobakterium dan beberapa jenis laktobasilus.

Probiotik ini terkandung secara alami di dalam tubuh manusia. Yaitu di dalam saluran pencernaan. Awalnya probiotik diketahui bermanfaat untuk memperkuat sistem pencernaan. Namun, beberapa penelitian juga menemukan bahwa probiotik sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil demi kesehatan bayinya.

Konsumsi probiotik selama kehamilan bermanfaat untuk memperkuat sistem pencernaan dan sistem imun bayi, mengurangi risiko eksim dan alergi pada bayi, juga menurunkan risiko bayi terserang obesitas dan diabetes melitus.

"Bayi bisa mendapatkan probiotik dari ibunya selama masa kehamilan dan lewat ASI. Itulah sebabnya mengapa ASI bagus untuk memperkuat sistem imun bayi. Namun sayangnya, ASI bukanlah produk yang standar. Sebab kandungan probiotik dalam ASI berbeda-beda antara setiap wanita," kata Erika Isolauri, MD, D. Med. Sci, dokter anak dari Universitas Turku di Finlandia dalan acara jumpa pers yang diselenggarakan Nestle Nutrition Institute di Hotel San Sari Pacific, Jakarta (13/3/2012).

Selama ini masyarakat cenderung menganggap probiotik identik dengan yogurt dan susu fermentasi. Padahal, menurut dr Erika, yogurt bukanlah probiotik, melainkan hanya produk fermentasi susu. Di dalam yogurt, memang ada bakteri baik yang disebut laktobasilus. Namun, yogurt juga mengandung bakteri lain yang belum tentu baik untuk tubuh.

"Di Finlandia, penelitian mengenai probiotik telah berlangsung selama beberapa puluh tahun. Probiotik dapat ditemukan dalam beberapa produk makanan yang mencantumkan kandungan probiotiknya seperti jus dan yogurt yang diperkaya. Ada baiknya kosumen melihat dulu label kemasan untuk mengetahui jenis-jenis bakteri yang terkandung dalam produk sebelum mengkonsumsinya," kata dr Erika.

Dr Erika menuturkan, jenis bakteri probiotik yang bermanfaat adalah Lactobacillus rhamnossus dan Bifidiobacterium lactis. Salah satu kelebihan probiotik adalah tubuh akan pernah bisa mengalami kelebihan probiotik. Sebab, probiotik berinteraksi dengan bakteri-bakteri lain di dalam tubuh sehingga jumlahnya selalu diseimbangkan secara alami oleh mekanisme tubuh.

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"