Minggu, 24 Juni 2012

Inilah 6 Jenis Sayuran Yang Mengandung Nikotin

img  
Nikotin adalah senyawa kimia yang banyak terdapat didalam rokok. Senyawa alami yang ada dalam tumbuhan ini termasuk kelompok alkaloid. Sayuran seperti terong, kentang dan tomat juga mengandung nikotin.

Karena bisa berakibat kecanduan jika terlalu sering mengonsumsinya, maka makanan yang mengandung nikotin perlu dibatasi. Sama halnya orang yang kecanduan pada rokok. Berikut beberapa sayuran yang juga mengandung nikotin.
 
1. Kembang Kol 
img
Menurut sebuah studi tahun 1993, kembang kol mengandung 3,8 g nikotin. Berarti jika memakannya sebanyak 263,4 g, efeknya sama saja seperti berada di dalam ruangan dengan perokok selama tiga jam.

2. Terong 
img
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa makan 10 g terong punya efek yang sama seperti perokok pasif. Satu buah terong mengandung 100 g nikotin.
 
3. Kentang 
img
Sumber karbohidrat yang satu ini juga mengandung nikotin. Namun hanya kentang berjenis 'pulp' saja yang banyak terkandung nikotin. Dalam satu buahnya mengandung 15,3 g nikotin.

4. Kulit Kentang 
img
Makan kentang dengan kulitnya memang baik untuk kesehatan. Meskipun kandungan nikotinnya sedikit tetapi juga perlu batasi konsumsinya kerena mengandung 4,8 g nikotin.
 
5. Tomat Mentah 
img
Tomat yang masih mengkal atau mentah memiliki jumlah nikotin tertinggi. Dalam sebuah penelitian ditemukan kandungan nikotin dalam tomat hijau sebanyak 42,8 g.

6. Tomat Matang 
img
Sebuah studi yang dilakukan tahun 1993 menemukan 4,1 g nikotin pada tomat matang. Namun jika makan 244 g tomat, efeknya sama seperti perokok pasif.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"