Rabu, 27 Juni 2012

Inilah 3 Cara Tingkatkan Kemampuan Diri Sebagai Orangtua

img
 
Setelah menjadi orangtua, tanggung jawab Anda semakin berat. Anda harus bekerja setiap hari, mengurus rumah, serta membesarkan anak. Terkadang, aktivitas yang padat bisa menyebabkan anak kurang perhatian.

Untuk itu, Anda perlu meningkatkan kemampuan sebagai orangtua dalam mendidik si kecil. Bagaimana caranya? Dilansir dari Lifestyle, perhatikan beberapa hal berikut yang akan membantu Anda mengurus anak.

1. Sharing dengan Teman yang Sudah Menjadi Orangtua
Anda perlu banyak bertanya serta bercerita dengan teman-teman yang sudah menjadi orangtua. Setiap orang pasti mempunyai pengalaman yang berbeda saat mengurus dan membesarkan anak. Pengalaman mereka bisa menjadi masukkan untuk Anda. Setelah mempunyai gambaran, coba terapkan cara tersebut kepada si buah hati.

2. Ajari Anak Perilaku Disiplin
Ajari anak perilaku disiplin. Setiap orangtua mempunyai metode disiplin yang berbeda. Namun, kuncinya tetap satu, memastikan anak mengetahui mana yang benar dan salah. Cara memastikannya dengan memberikan konsekuensi kalau anak berbuat salah. Berikan hukuman untuk memberitahukan mereka bahwa perilaku itu bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. Hal ini pasti membutuhkan waktu yang lama, tapi Anda harus sabar demi perkembangan si kecil.

3. Berikan Contoh Secara Langsung
Anak mempunyai keingintahuan yang sangat besar. Makanya, mereka selalu mencontoh perilaku orangtuanya. Setiap yang Anda lakukan akan menjadi contoh hidup baginya. Jadi, ketika Anda memintanya untuk taat aturan, maka Anda pun harus melakukan hal yang sama. Misalnya, tidur tepat waktu, membiasakan diri mencuci kaki, tangan, serta menggosok gigi sebelum tidur. Jika Anda selalu melakukannya secara teratur, anak pasti mengikuti Anda dan terbiasa dengan hal itu.

Ketiga cara ini bisa membantu Anda ketika mengurus dan membesarkan si buah hati. Selain itu, Anda perlu merencanakan pendidikan formal untuk mereka agar memudahkan anak meraih kesuksesan, yang kemudian diimbangi oleh pendidikan moral dan tingkah laku dari Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"