Sabtu, 11 Mei 2013

6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anda

http://007beritaterkini.blogspot.com/
Ada berbagai cara untuk meningkatkan daya ingat. Ingatan kita layaknya organ tubuh yang lain yang membutuhkan latihan teratur agar selalu dalam kondisi baik, sebagaimana juga atlet harus melatih tubuhnya untuk menghadapi masa-masa yang sulit. Daya ingat memerlukan pelatihan khusus agar tetap dalam kondisi prima dan kemampuannya meningkat. Ada beberapa cara sederhana, yang dapat anda ikuti untuk menjaga daya ingat anda tetap dalam kondisi prima, dan juga teknik yang benar-benar dapat membantu anda memperbaiki kondisi dan kinerja daya ingat anda.

Penyebab-penyebab Berkurangnya Daya Ingat

Kualitas daya ingat seseorang tidak hanya tergantung pada pendidikan, lingkungan belajar dan lingkungan fisik di mana ia hidup, tetapi juga pada faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hidupnya (misalnya kehilangan orang yang dicintai). Ada juga faktor genetik keturunan yang memainkan peran yang sangat penting. Penyebab yang lain adalah:

Tidur
Ada hubungan langsung antara kurang tidur, insomnia dan berkurangnya daya ingat.
Tidur malam yang cukup sangat penting bagi berfungsinya ingatan kita. Penelitian telah menunjukkan bahwa dibutuhkan setidaknya 6 jam tidur untuk daya ingat berfungsi pada potensi maksimumnya.
Sangat penting untuk tidak mengabaikan persyaratan tidur untuk tubuh kita. Jika kita mendapatkan cukup tidur, maka bukan hanya daya ingat saja menjadi lebih baik tetapi kita juga akan lebih mampu mengatasi stres sehari-hari. 

Depresi merupakan penyebab yang melemahkan daya ingat.
Depresi saat ini telah menjadi penyakit yang sangat umum. Hal ini dapat terjadi pada semua usia. Ada banyak penyebab yang dapat menyebabkan depresi. Peristiwa-peristiwa yang sangat serius yang melukai jiwa manusia, seperti kehilangan orang yang dicintai, biasanya disertai dengan depresi dan menyebabkan penurunan daya ingat.
Dalam kasus depresi, penting untuk mencari bantuan dan nasehat dari dokter berkualitas. Obat depresi yang tepat memungkinkan untuk pemulihan penuh daya ingat.

Penyakit tiroid
Penyakit kelenjar tiroid mempengaruhi sejumlah besar orang, dan memiliki efek negatif pada daya ingat.
Diagnosis awal penyakit tiroid akan mencegah kerusakan lebih lanjut dari daya ingat. Penyakit kelenjar tiroid dapat terjadi pada semua usia.

Diabetes
Diabetes telah menjadi bencana yang cukup menakutkan di dunia. Banyak pasien tidak mengobati diabetes dengan baik. Kegagalan sistem vaskular yang terus berlanjut pada diabetes dan tidak diobati secara efektif berkontribusi terhadap menurunnya daya ingat.
Pengobatan yang tepat dan pengendalian terhadap diabetes akan meningkatkan daya ingat. Penyakit kronis lainnya seperti pada hati, paru-paru dan ginjal juga mempengaruhi daya ingat. Dalam kasus diagnosa secara dini dan dilanjutkan dengan pengobatan akan memperbaiki daya ingat dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Alkohol dan obat-obatan
Kecanduan alkohol dan beberapa jenis obat-obatan tertentu, dapat menyebabkan penurunan daya ingat atau bahkan degenerasi kemampuan intelektual lainnya.
Para pecandu alkohol pada awalnya memiliki masalah dengan daya ingat jangka pendek, kemudian amnesia ini diperparah dengan masalah dengan daya ingat jangka panjang.
Konsumsi alkohol sekala sedang (1 sampai 2 gelas untuk laki-laki dan 1 gelas untuk wanita, setiap hari), tidak membahayakan otak. Sebaliknya konsumsi alkohol yang berlebihan adalah racun bagi otak dan daya ingat.
Obat-obatan dapat membahayakan otak dan mengurangi kemampuan mental. Misalnya obat ekstasi menyebabkan kerusakan serius pada daya ingat.

Kurangnya Vitamin B12
Kurangnya vitamin tertentu juga dapat menyebabkan penurunan daya ingat. Vitamin B12 diperlukan bagi otak agar dapat berfungsi maksimal. Diet yang seimbang memberikan tubuh vitamin dan mineral yang dibutuhkan.
Vitamin B12 ditemukan pada ikan, telur, daging, unggas, susu dan produk susu. Vitamin ini membantu sistem peredaran darah dan kesehatan otak.

6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anda

Seperti telah disebutkan diatas bahwa ingatan kita layaknya seorang atlet. Semakin anda melatih otak dan daya ingat maka semakin baik juga kinerja mereka. Pepatah “practice makes perfect” berlaku bagi daya ingat kita juga. Selain faktor-faktor yang dapat menyebabkan penurunan daya ingat (seperti dijelaskan di atas), ada beberapa cara yang dapat diadopsi untuk meningkatkan daya ingat anda. Yang terpenting adalah yang disebutkan di bawah ini:

1. Jangan pernah berhenti belajar
Carilah topik yang menarik minat anda dan mulailah terlibat didalamnya dengan mempelajari informasi-informasi baru dan perkembangan tentang topik tersebut. Jika memungkinkan, anda dapat bergabung dengan kelompok yang memiliki minat yang sama dengan anda untuk berdiskusi dengan orang-orang dalam kelompok tersebut.
Membaca, mengikuti kuliah, program, informasi di televisi dan internet, merupakan sumber pendidikan berkelanjutan untuk otak anda yang tentu saja akan mendatangkan hasil yang bermanfaat untuk perkembangan daya ingat anda.

2. Menjalin hubungan sosial dan keluarga anda
Manusia pada dasarnya memiliki keramahan yang melekat. Semakin sosial anda, semakin baik untuk otak anda. Mengisolasi diri akan merusak banyak sistem tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa otakotak dan jantung memiliki banyak keuntungan hubungan keluarga dan sosial yang baik.
Sehubungan dengan konteks ini, anda bisa menjadi relawan untuk memberikan bantuan dimana masyarakat membutuhkan anda, atau bahkan berpartisipasi dalam kelompok terorganisir, yang sesuai dengan kepentingan anda sendiri. Jika anda memiliki hewan peliharaan misalnya, anda dapat bersosialisasi dengan orang lain yang juga memiliki hewan peliharaan dan mendiskusikan dengan mereka masalah yang relevan serta mengembangkan hubungan yang lebih erat.

3. Mengembangkan kebiasaan baru
Setiap kali anda mengharuskan pada diri sendiri untuk melakukan sesuatu yang baru, anda berarti memicu kekuatan baru untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Pertimbangkan untuk merubah layout mebel anda, mengoleskan mentega pada roti dengan cara yang berbeda atau dengan mata tertutup, mengenakan celana dengan satu tangan, atau belajar menggunakan mouse dengan tangan yang lain. Anda dapat memikirkan beberapa ide lain untuk melatih otak dan membantu meningkatkan daya ingat anda.

4. Latih pikiran anda dengan permainan-permainan.
Semakin anda menggunakan keistimewaan otak, semakin anda membantu daya ingat anda tetap bugar. Ada banyak permainan yang membangkitkan kemampuan intelektual anda, sekaligus juga berkontribusi untuk hubungan sosial yang lebih baik. Backgammon, catur, teka-teki dan banyak permainan papan lainnya, menawarkan hiburan dan juga membantu anda meningkatkan daya ingat.

5. Olahraga dapat meningkatkan daya ingat anda
Olahraga meningkatkan sistem peredaran darah. Bahkan latihan sehari-hari yang sederhana tapi rutin seperti berjalan cepat dapat meningkatkan kinerja jantung dan oksigenasi otak. Tidak perlu menjadi seorang pelari maraton dalam rangka memperoleh manfaat dari berolahraga. Manfaat olahraga berpengaruh positif pada banyak sistem tubuh, khususnya daya ingat dan kemampuan kognitif lainnya. Cukup dengan berolahraga selama 20 menit setiap hari dalam latihan yang sederhana seperti berjalan kaki, bersepeda atau berenang.
Terbukti secara ilmiah bahwa berjalan kaki selama 2,5 jam setiap minggu secara substansial akan meningkatkan daya ingat pada orang-orang di atas usia 50 tahun.

6. Makanan yang akan membantu meningkatkan daya ingat anda
Apa yang kita makan setiap hari, mempengaruhi kinerja dan kondisi daya ingat kita dalam jangka panjang. Survei dalam beberapa dekade terakhir, telah menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat berkontribusi untuk meningkatkan fungsi sirkuit saraf dari otak yang mengontrol daya ingat.
Ciri-ciri umum dari makanan ini adalah mereka kaya akan antioksidan dan vitamin yang bermanfaat bagi sistem saraf.
Ingatlah bahwa untuk mendapatkan asupan vitamin yang cukup dalam tubuh anda, lebih baik untuk makan lebih banyak buah dan sayuran daripada menelan vitamin formulasi. Alasannya adalah dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin anda juga menyerap nutrisi yang berguna lainnya yang bertindak untuk melengkapi dan mendukung kerja vitamin.
Beberapa makanan yang bisa meningkatkan daya ingat anda adalah:
1. Sayuran berdaun hijau, bayam, kubis, selada
2. Brokoli dan kembang kol
3. Jus buah, buah
4. Berbagai macam berry, buah delima
5. Kacang-kacangan
6. Ikan berlemak seperti salmon, sarden, mackerel
7. Minyak zaitun dan minyak nabati lainnya 
BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

5 Fakta Terbaru Tentang Makanan dan Usia

hubungan makanan dan usia
Makanan yang kita konsumsi berhubungan erat dengan kualitas usia seseorang. Semakin sehat makanan yang dikonsumsi, maka semakin sehat tubuh seseorang dan harapan untuk berumur panjang pun semakin besar.

Berikut adalah 5 fakta terbaru tentang makanan dan usia yang perlu anda ketahui:



1. Dengan menonsumsi lebih sedikit kalori, penuaan dapat diperlambat dan penyakit yang berkaitan dengan penuaan seperti kankker dan diabetes tipe 2 juga dapat dicegah. Caranya adalah dengan secara bertahap mengurangi makan gula tanpa mengurangi asupan vitamin dan mineral. Semakin cepat konsumsi kalori dikurangi, semakin besar efeknya bagi perpanjangan usia.

2. Mengurangi konsumsi kalori sekitar 10-25% akan menurunkan pelepasan insulin, glukosa, dan memperpanjang usia dalam kondisi sehat.

3. Makan gula berlebihan membuat kita cepat tua. Supaya usia dapat diperpanjang, selain konsumsi gula harus dikurangi, kita juga harus berhenti memikirkan makanan bergula, agar terbentuk kebiasaan yang melupakan rasa manis.

4. Jangan begadang. 
Sering begadang meningkatkan risiko kenaikan berat badan dan kebiasaan makan yang buruk. Orang yang tidur terlambat dan bangun kesiangan cenderung makan lebih banyak kalori di sore harinya, lebih banyak fast food, lebih sedikit buah dan sayur, dan lebih rentan gemuk dibanding orang yang tidur lebih awal dan bangun lebih awal.

5. Daripada mengonsumsi obat anti-penuaan, lebih baik perbanyak makan sayuran. Obat anti-aging hanya sedikit bermanfaat atau bahkan tidak bermanfaat sama sekali, sedangkan risikonya tinggi bagi kesehatan.
BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

9 Fakta Tentang Biji-bijian Sebagai Sumber Karbohidrat

1. Karbohidrat terdiri atas dua jenis yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat simpleks. Pilihlah sumber karbohidrat kompleks karena mengandung serat. Proses penyerapan karbohidrat kompleks di dalam usus lebih lama dibanding karbohidrat simpleks sehingga membantu kita cepat kenyang dan mencegah makan berlebihan. Sebaliknya, karbohidrat simpleks sangat cepat diserap di dalam usus sehingga membuat kita cepat lapar dan mengantuk bila dikonsumsi dalam jumlah banyak. Nasi putih mendekati kategori simpleks, yaitu mempunyai indeks glisemik yang tinggi karena serat-serat kelopaknya sudah hilang.


2. Indeks glisemik adalah kecepatan naiknya kadar gula darah bila seseorang makan bahan makanan sumber karbohidrat. Gula murni adalah contoh bahan makanan sumber karbohidrat yang indeks glisemiknya paling tinggi (100). Sedangkan sumber karbohidrat kompleks seperti nasi merah, memiliki indeks glisemik yang rendah. Contoh karbohidrat kompleks: nasi merah, kentang yang dimakan dengan kulitnya, roti yang terbuat dari gandum utuh, dan sereal gandum utuh. Contoh karbohidrat yang indeks glisemiknya tinggi: nasi putih, roti putih, gula pasir, gula jawa, gula merah, dan tepung.

3. Banyak orang berpikir bahwa karbohidrat itu jahat karena menggemukkan badan. Pada kenyataannya, bila disantap dalam jumlah tidak berlebihan, karbohidrat justru akan menyehatkan dan membuat berat badan ideal. Bila kekurangan karbohidrat tubuh akan lemas dan kita akan semakin lapar. Ujung-ujungnya, kita akan kembali makan nasi atau roti dalam jumlah banyak. Jadi, menghilangkan karbohidrat bukan cara bijak untuk diet yang sehat. Yang bijak adalah tetap mengonsumsi karbohidrat, tetapi pilih jenis karbohidrat yang kompleks (mengandung serat), misalnya nasi merah.

4. Karbohidrat yang berkualitas mengandung serat makanan, vitamin, mineral, dan semua unsur yang membantu metabolisme sel tubuh secara efisien. Karbohidrat kompleks adalah jenis yang berkualitas paling baik karena akan diserap tubuh secara perlahan-lahan dan akan meningkatkan kadar gula secara bertahap sehingga dapat digunakan sebagai sumber energi lebih lama. Beberapa sumber karbohidrat yang berkualitas baik adalah beras merah, beras yang belum digiling atau beras cokelat, dan roti yang terbuat dari gandum utuh.

5. Kurangi atau ganti nasi putih dengan nasi merah. 
Banyak orang yang lebih suka menyantap nasi putih karena warnanya putih, pulen, dan rasanya “manis”. Tetapi kenyataannya, beras putih adalah beras yang bagian-bagian terpentingnya sudah terbuang, sebaik apa pun kualitasnya. Beras merah memang lebih sulit ditanak dibandingkan dengan beras putih, namun beras putih mengandung lebih sedikit zat gizi dibanding beras merah. Beras merah memang berbeda dengan beras putih bila ditanak, tetapi saat ini banyak tipe rice cooker yang dapat digunakan untuk memasaknya dengan mudah. Beras merah harganya sedikit lebih mahal dibanding beras putih, tetapi nilai ini bisa dianggap sebagai investasi kesehatan jangka panjang untuk hidup lebih sehat dan bugar.

6. Pilih roti atau pasta—mi, makaroni. spageti—yang mengandung gandum utuh, misalnya tepung gandum utuh (whole wheat flour) atau tepung putih utuh (whole white flour). Tepung jenis lain umumnya sudah ditambahi unsur buatan sehingga kehilangan serat dan zat gizinya.

7. Kalau suka sereal, pilih yang rendah lemak dan rendah gula. 
Saat ini di media banyak sekali iklan produk sereal. Umumnya sereal dimakan untuk sarapan sehat. Akan tetapi, sereal instan bisa jadi mengandung lemak yang lebih tinggi daripada minyak atau susu, atau padat gula. Oleh sebab itu, sebisa mungkin pilihlah sereal instan yang rendah lemak (low fat) dan rendah gula (low sugar). Kalau tidak tersedia, kembalilah ke roti gandum atau nasi merah. Untuk sarapan sehat, kita juga dapat mengonsumsi buah-buahan yang mengandung karbohidrat dan serat seperti apel.

8. Hindari karbohidrat yang digoreng. 
Nasi goreng atau mie goreng kerap dijadikan menu sarapan atau menu jajan di restoran. Ini pilihan yang tidak sehat karena padat kalori. Lebih baik, ganti nasi goreng dengan nasi tim atau nasi biasa dengan lauk yang rendah lemak. Hindari juga kentang atau ubi goreng. Kentang dan ubi mengandung karbohidrat dan baik untuk dikonsumsi sebagai pengganti nasi atau roti, tetapi bila ingin menjadikannya snack, hindari dalam bentuk gorengan. Daripada makan keripik kentang, misalnya, lebih baik makan kentang panggang, kentang kukus, atau versi lain yang rendah lemak. Makanlan kentang atau ubi dengan kulitnya karena kulitnya mengandung serat yang akan memperlambat penyerapan karbohidrat di saluran cerna.

9. Hindari makanan instan. 
Saat ini di pasaran banyak sekali dijual makanan karbohidrat instan, seperti mi instan, bubur instan, bihun instan. atau bahkan sup kentang instan. Sebisa mungkin hindari produk-produk ini karena mengandung zat-zat tambahan makanan seperti MSG dan pengawet yang tidak sehat untuk tubuh. Selain itu makanan instan jenis mi mengandung banyak lemak sehingga membuat haus dan cepat lapar. Kalau ingin menyantap mi, lebih baik buat sendiri mi basah dan bahan tepung gandum tanpa tambahan kuning telur.

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"