Sabtu, 15 Maret 2014

10 Mitos yang Dipercaya Bangsa Afrika

Afrika adalah benua segudang kisah. Disebutkan berkali-kali dalam berbagai kitab suci, hingga menjadi Ladang arkeologi tersubur untuk menggali masa lalu. Bahkan, dunia sains menghubungkan dengan muasal nenek moyang manusia.

Afrika juga penuh dengan cerita berbau mistik, di luar jangkauan akal. Ilmu hitam voodoo yang melegenda datang dari benua kulit berwarna ini. Dan, masih banyak lagi mitos yang menyebar di benua dengan lebih dari 1000 bahasa ini. Berikut 10 daftarnya :

1. Huveane
Huveane menempati peran penting dalam legenda masyarakat Afrika. Sebagian besar menganggapnya sebagai manusia pertama, sementara kaum Basotho dan Bavenda di Afrika Selatan percaya bahwa Huveane sebagai pencipta.Disebutkan, setelah menciptakan bumi Huveane sangat mengagumi hasil karyanya. Saat itu manusia ciptaannya pun mulai belajar banyak hal tentang burung dan lebah. Suara itu semua terlalu bising bagi Huveane. Akhirnya sang dewa membuat tangga dan pulang ke surga. Setiap melangkah naik, dihapusnya setiap anak tangga yang dilewati sehingga manusia tak bisa menyusul ke surga.

2. Kaang
Kalau kamu pernah nonton film The Gods Must Be Crazy pasti ingat dengan tokoh utama yang polos dan lucu. Itu adalah gambaran suku Bushmen, penduduk nomaden di Afrika yang terkenal ahli menemukan sumber air di tengah padang tandus.Mereka mempercayai Kaang sebagai dewa tertinggi, pencipta kehidupan sekaligus penghukum ketika dunia penuh dengan pembangkangan. Meskipun sang Maha Dewa ini tinggal di langit, rohnya dapat terlihat pada setiap mahluk hidup.Dikisahkan, istri Kaang melahirkan Eland (antelop Afrika). Rupanya tanpa sengaja kedua putra Kaang yang lain membunuhnya. Kaang pun menuntut agar darah Eland direbus lalu disebar ke permukaan bumi. Inilah awal penciptaan antelop dan berbagai hewan lainnya. Dan dengan cara ini Kaang memberi sumber makanan bagi manusia.

3. Adu Ogyinae
Menurut mitos bangsa Akan, semua manusia awalnya hidup di dalam bumi. Suatu hari, cacing besar membuat lubang ke atas.  Tujuh pria, lima wanita, seekor leopard, dan seekor anjing merangkak ke luar. Melihat keaadan bumi, mereka menjadi ketakutan.Adu Ogyinae – lelaki pertama yang sampai di permukaan bumi – justru melihat banyak keajaiban di atas bumi. Ia pun menenangkan mereka semua, lalu membagi kelompok itu dengan tugas masing-masing. Ia mengatur pembangunan tempat tinggal mereka. Saat menebang pohon, ia tertimpa dan mati.

4. The Biloko 
Biloko adalah kurcaci jahat yang ada dalam mitos penduduk Zaire. Menurut legenda, Biloko adalah roh leluhur yang mendendam terhadap manusia. Mereka mendiami hutan dan tinggal di lubang-lubang pohon. Bila kaum wanita melihat mereka bisa langsung pingsan di tempat. Jadi hanya para pemburu pemberani yang bisa masuk hutan.Biloko digambarkan memiliki cakar panjang yang tajam, bergigi runcing dan bisa menelan orang dalam keadaan utuh.

5. Nyaminyami
Nyaminyami adalah mahluk legenda berupa naga yang diyakini ada di Sungai Zambezi. Ada sebuah kisah aneh saat bendungan Kariba mulai dibangun tahun 1956. Rakyat Batonga mendiami lokasi proyek dan mereka yakin Nyaminyami akan marah.Setahun setelah proyek dimulai, tiba-tiba banjir besar melanda dan menewaskan banyak pekerja. Bendungan yang sudah dibuat pun hancur. Para pekerja yang tewas hilang. Tim SAR tak bisa menemukan mereka. Lalu para tetua suku dipanggil. Mereka menerangkan soal kemarahan Nyaminyami dan harus memberinya tumbal. Akhirnya anak sapi disembelih dan dilarungkan di atas sungai. Keesokan harinya, mayat para pekerja muncul. Bendungan itu sendiri baru selesai pada tahun 1977.

6. Kuda Nil
Loh, kuda nil masuk daftar? Ya. Mamalia besar ini juga punya peran penting bagi rakyat Afrika. Di jaman Mesir kuno, kuda nil betina disembah sebagai Tawaret, dewi kesuburan. Sementara orang Ronga di Mozambik memiliki legenda, mereka akan menitipkan anak-anak mereka pada kuda nil betina dari musuh. Setiap malam, induk kuda nil akan muncul dan menyusui anak-anak suku Ronga.
Kuda nil jantan punya legenda berbeda. Dikisahkan, seorang pahlawan Fara Maka menjumpai kuda nil memakan habis tanaman di ladangnya. Lalu Fara Maka melemparkan berbagai jenis tombak dan mengirim anjing hitam menyerbu kuda nil tersebut. Namun tak dipedulikan dan tetap asik merusak ladang Fara Maka. Hingga akhirnya istrinya mengucapkan mantra, barulah Fara Maka dapat membunuhnya.

7. Kalunga
Rakyat Angola punya mitos tentang kematian yang agak absurd, namun cerita berikut ini berkesimpulan bahwa orang yang sudah mati tak bisa bangkit kembali.Syahdan, Kepala suku Kitamba bersedih dengan kematian istrinya. Ia menitahkan rakyatnya untuk berpuasa makan dan bicara sampai istrinya bisa hidup lagi. Ia juga meminta dukun sakti untuk pergi ke dunia orang mati (disebut Kalunga) bertemu ratu penguasa mengambil obat untuk istrinya.Sang dukun dan anaknya turun ke Kalunga dan bertemu dengan sang ratu kematian. Sang dukun juga melihat roh kepala suku diikiat dengan rantai. Ini berarti tak lama lagi waktu kematian untuk kepala suku akan tiba.Ratu Kalunga menyuruh sang dukun dan anaknya kembali ke ‘dunia atas’ dan menjaga rahasia tentang nasib kepala suku. Jika tidak, ia dan anaknya harus menetap di dunia orang mati. Karena, siapa pun yang masuk ke Kalunga tak akan pernah bisa kembali.

8. Anansi
Di wilayah Afrika Barat, Anansi dikenal sebagai dewa penipu. Bentuknya seperti laba-laba. Tujuan dewa ini ingin membuat manusia bodoh dan terlibat dalam segala perbuatan jahat. Guna mencapai niatnya, Anansi menimbun semua kebijaksanaan di dunia ke dalam pot. Kemudian ia berupaya menyembunyikannya di atas pohon. Anansi mendorong pot ke atas pohon tapi selalu gagal.Putra Anansi melihat hal ini dan memberi saran agar pot diikat di tubuh ayahnya agar gampang memanjat pohon. Anansi mengikuti saran anaknya, dan memang berhasil naik dengan mudah. Sayang, ia terpeleset dan jatuh. Kebijaksanaan di dalam pot pun berhamburan di atas tanah. Di saat yang sama, hujan turun dan menghanyutkan kebijaksanaan ke sungai hingga terus ke laut. Akhirnya semua orang dunia kembali memperoleh kebijaksanaan.

9. Mudjadji
Suku Lovedu dari Mpumalanga, Afrika Selatan mempercayai keberadaan ratu hujan, Mudjadji. Ratu ini diyakini dapat mengirim badai untuk menghancurkan musuh suku Lovedu, sekaligus memberi berkat bagi rakyat Lovedu dan sekutu mereka.Setiap tahun, kekuasaan ratu hujan dirayakan dengan upacara ritual di Ga-Modjadji. Saat itu, sang ratu diharapkan mau bunuh diri dengan racun saat mencapai usia 60. Dan, semua ramuan pembuat hujan serta mantra-mantra akan dirahasikan sampai saatnya ada ratu baru sebagai penerus Mudjadji.

10. Kebra Nagast
Kebra Nagast – disebut juga Kebra Negast merupakan kitab yang sangat suci bagi penduduk Ethiopia. Karenanya, orang Ethiopia sangat percaya bahwa mereka merupakan keturunan dari Solomon (Salomo atau Sulaiman) dengan Ratu Makeda.

Ratu Makeda disebutkan sebagai Ratu Sheba dalam Perjanjian Lama, atau Ratu Bilqis dalam Al Quran. Semua kitab suci tersebut memang menceritakan pertemuan sang ratu dengan Raja Solomon, penguasa Istrael. Namun, hanya Kebra Nagast yang menulis riwayat dihasilkannya orang-orang Ethiopia sebagai hasil perkawinan raja dan ratu ini.

Konon, Raja Solomon mengundang Ratu Makeda ke istananya. Pesta jamuan pun diadakan. Secara sengaja Raja Solomon menghidangkan semua masakan beraroma pedas. Setelah pesta usai, Ratu Makeda yang bermalam di istana Solomon memohon agar sang raja tak melakukan apa pun pada tubuhnya. Raja Solomon berjanji dengan syarat, Makeda tak boleh mengambil apa pun yang ada di dalam istana.

Akibat makanan pedas selama jamuan, saat tengah malam Ratu Makeda merasa haus dan ia pun meraih air minum yang sengaja ditempatkan oleh pesuruh raja di dekat tempat tidurnya. Tak lama, Raja Solomon muncul dan mengingatkan janjinya. Akibat sumpah sebelumnya, maka raja Israel ini bisa melakukan apa pun yang dikehendaki, dan itulah asal-muasal lahirnya keturunan yang menjadi bangsa Ethiopia.

Dampak Buruk Minum Teh Setelah Makan

Teh merupakan minuman yang dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Selain itu, teh juga sangat popular di Indonesia. Orang-orang Indonesia sering kali memesan teh dingin maupun teh hangat sebagai minuman pendamping makanan mereka, seperti makanan ringan maupun makanan berat.

Namun, tahukah kamu meminum teh bersamaan dengan makanan utama atau makanan berat dapat menyebabkan dampak buruk untuk kesehatan.


Menurut Dr. Dwiana Ocviyanti, meminum teh bersamaan dengan makanan berat dapat mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh. Hal itu disebabkan karena teh akan mengikat zat besi yang diproduksi oleh makanan yang kita makan, sehingga tubuh akan kesulitan menyerap 60 persen zat besi.


Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya untuk membantu produksi sel darah merah. Jika jumlah zat besi berkurang didalam tubuh, maka sel darah merah pun akan berkurang, sehingga terjadilah anemia.


Anemia memang dianggap sebagai penyakit yang tidak biasa, namun harus kita ketahui bahwa sel darah merah merupakan alat transportasi oksigen untuk tubuh, terutama menuju otak. Jika otak kekurangan oksigen, maka dapat menimbulkan kerusakan pada otak.


Kekurangan oksigen di otak juga merupakan penyebab kepala terasa pusing saat menderita anemia.

Oleh karena itu, disarankan untuk kamu tidak mengonsumsi teh bersamaan dengan makanan berat. Minumlah teh saat dua atau tiga jam setelah mengonsumsi makanan berat. 



Facebook Dapat Memicu Gangguan Makan


Kebanyakan menghabiskan waktu di Facebook bisa memperburuk citra diri dan mengalami gangguan makan
Pelajar yang menghabiskan banyak waktu di Facebook lebih mungkin menderita gangguan makan, menurut studi baru. Siswi yang banyak nongkrong di situs jaringan sosial itu juga cenderung lebih bermasalah dengan citra diri dan mengalami lebih banyak kecemasan.

Mereka juga cenderung lebih banyak berkomentar dan  mengklik “suka” pada gambar dan tulisan yang mereka pasang di Facebook. Mereka juga cenderung “untug” foto-foto mereka sendiri, menurut studi yang dirilis dalam International Journal of Eating Disorders.


Dalam studi ini, para peneliti mempelajari 960 mahasiswi. Para perempuan ini dievaluasi tentang berapa waktu yang mereka habiskan di Facebook dan seberapa penting mereka dianggap “suka” dan apakah mereka “untug” atau tidak foto-foto mereka sendiri, menurut Daily Mail, Rabu (5/6).


“Lebih 95 persen mahasiswi dalam studi kami menggunakan Facebook dan mereka yang memiliki akun Facebook menggambarkan biasanya menghabiskan 20 menit setiap berkunjung ke situs itu, yang jika dikalkulasi lebih dari satu jam di situs itu setiap hari,” kata Dr Pamela Keel.


Dr Keel menemukan bahwa perempuan yang paling banyak main Facebook yang paling bermasalah dengan tingkat citra diri dan paling mungkin mengalami gangguan makan. Para perempuan muda ini juga lebih mungkin melihat komentar-komentar yang diterima. Memberi “suka” untuk status yang dianggap penting oleh mereka. Secara rutin mereka juga “untag” gambar-gambar mereka sendiri dan membandingkan foto-foto mereka dengan teman-teman mereka.


“Dalam menelaah konsekuensi langsung dari penggunaan Facebook, kita menemukan bahwa 20 menit di Facebook berkontribusi lebih tinggi terhadap kepedulian pada berat badan, ukuran tubuh, dan kecemasan,” kata dia, dibandingkan kondisi-kondisi kontrol di internet.


“Hubungan sebab akibat ini penting karena kecemasan akan citra diri meningkatkat risiko mengembangkan gangguan makan,” kata Dr Keel.


Dia mengatakan, bergabung di Facebook dan pengaruh kuat teman sebaya membuat pesan sosial yang fokus pada pentingnya penampilan makin meluas dan dihadapi para perempuan sepanjang hari. Para peneliti dan ahli klinis terus berupaya memahami dan menilai faktor-faktor risiko gangguan makanan yang membutuhkan perhatian besar sekaligus menekankan peran media sosial dalam kehidupan anak-anak muda.


Studi ini menambah bukti yang mengatakan penggunaan media sosial dapat berhubungan dengan gangguan makan. Pada Desember 2013, peneliti mempublikasikan temuan dalam jurnal Cyberpsychology, Behaviour and Social Networking yang mengungkapkan bahwa remaja yang menghabiskan waktu melihat fotonya di Facebook lebih mungkin memiliki masalah dengan citra tubuh.


Studi itu menunjukkan bahwa itu bukan seluruhnya lantaran jumlah waktu yang dihabiskan di situs tersebut. Tapi, jumlah waktu yang dihabiskan untuk melihat foto-foto di Facebook yang menentukan risiko seorang gadis mengalami gangguan makan.


Para peneliti menemukan bahwa makin sering remaja melihat foto-foto merka di Facebook, makin mungkin mereka berpikir bahwa diri mereka terlalu gemuk atau memiliki bentuk tubuh yang salah. Para ilmuwan mengatakan remaja yang bermasalah dengan citra diri dapat menyebabkan anoreksia dan gangguan makan lain.


Jika Menemukan 7 Sinyal Buruk Ini, Wanita Harus Sering Bercinta

Wanita dan pria kadang memiliki pandangan yang berbeda tentang hubungan intim. Pria biasanya lebih agresif dan lebih sering mengajak duluan dibanding istrinya. Bagi wanita mungkin hubungan intim bukan segalanya, namun sebenarnya hal ini penting, apalagi jika Anda sudah menemukan 7 sinyal buruk ini.
Dilansir oleh Geniusbeauty.com, tubuh wanita sebenarnya sudah punya setting untuk mengirim sinyal agar Anda lebih sering bercinta dengan suami. Sinyal apa saja itu? Inilah beberapa di antaranya.

1. Sering Mengantuk
Salah satu manfaat dari bercinta adalah dilepasnya hormon oksitosin atau hormon bahagia saat wanita mengalami orgasme. Maka jika Anda makin sering mengantuk, Anda bisa meminta suami agar makin sering bercinta.

2. Semakin Tampak Tua
Banyak penelitian membuktikan bahwa wanita yang rutin bercinta tampak lebih awet muda dibanding wanita yang jarang bercinta. Kulit jadi lebih lembut, halus dan mencegah penuaan dini.

3. Makin Sering Mengalami Masalah Kulit
Masalah kulit yang sering terjadi seperti radang, jerawat dan kemerahan bisa terjadi karena Anda makin jarang bercinta (apalagi jika Anda tidak sedang mengganti kosmetik yang dipakai). Hormon progesteron yang dihasilkan tubuh saat berhubungan intim dapat membantu membuat kulit sehat, mengatasi jerawat, dan membuat payudara lebih kencang.

4. Anda Makin Tidak Bahagia
Saat tubuh Anda kehilangan endorfin, maka sudut pandang Anda tentang dunia dan orang-orang di sekitar Anda akan berubah. Rasa bahagia makin lama makin pudar dan Anda makin tidak bahagia setiap hari. Bagaimana cara meningkatkan kadar endorfin? Dengan makin rutin bercinta.

5. Sering Sakit
Jika Anda sering sakit, ada banyak faktor penyebabnya. Namun jika akhir-akhir ini Anda makin jarang bercinta dengan suami, mungkin itulah salah penyebabnya. Tahukah Anda, rajin berhubungan intim akan meningkatkan kekebalan tubuh sebanyak 30 persen.

6. Makin Sering Lupa
Makin sering lupa padahal Anda masih muda, mungkin karena asupan oksigen ke otak kurang. Nah, kabar baiknya, untuk meningkatkan asupan oksigen ke otak, Anda bisa mendapatkannya dengan sering bercinta.

7. Tidak Percaya Diri
Wanita yang jarang bercinta dengan suami seringkali kena krisis percaya diri. Sebaliknya, wanita yang rutin bercinta memiliki rasa percaya diri yang lebih baik. Wanita yang rajin bercinta juga lebih puas dengan bentuk tubuhnya.

Nah, jika Anda mengalami sinyal di atas, ajak suami untuk semakin rajin bercinta. Makin intim, makin cantik dan sehat.

Sumber : Vemale.com

9 Artis Cantik Ini Ternyata Pernah Mencuri

Don't judge the book from the cover. Itulah satu kata-kata bijak yang bisa kita pelajari dari artis-artis yang akan kita bahas kali ini. Pasalnya, penampilan mereka memang benar-benar sangat menipu.

Bagaimana tidak, wanita-wanita cantik yang menyandang status 'artis' ini ternyata adalah seorang pencuri. Mereka pernah ketahuan melakukan tindak kriminal ini, sehingga harus berurusan dengan polisi.

Siapa saja bintang-bintang cantik yang dimaksud? Pencurian macam apa pula yang telah mereka lakukan? Langsung saja simak cerita lengkapnya dalam ulasan dibawah ini!

1. Lindsay Lohan
http://www.gocitygirl.com/FashionImages/1_Actress-Lindsay-Lohan--001.jpg
Pastinya kasus pencurian yang dilakukan Lindsay Lohan bukan hal yang asing di telinga kita. Tahun 2011, dia harus menjalani sanksi hukum lantaran terbukti melakukan pencurian di salah satu toko perhiasan. Tak tanggung-tanggung, kalung yang dicurinya bernilai US$ 2.500. Dan pada tahun 2012, dia kembali dituduh melakukan pencurian perhiasan di sebuah rumah mewah, namun tuduhan itu tak terbukti.

2. Winona Ryder
http://www.thejanedough.com/wp-content/uploads/2011/07/Winona-Ryder-in-court-007.jpg
Sekali lagi, label bintang memang bukan jaminan seseorang akan bertindak jujur. Lihat saja Winona Ryder yang pada tahun 2001 tertangkap meninggalkan lokasi syuting SAKS FIFTH AVENUE dengan barang-barang curian senilai lebih dari US$ 5.000. Saat itu, dia mengaku sedang menjalani proses pengobatan sehingga membutuhkan banyak biaya. Percaya?

3. Miranda July
http://static.filmmakermagazine.com/wp-content/uploads/2013/12/Doomsdays-7.jpg
Dalam sebuah wawancara dengan New Yorker, aktris sekaligus sutradara Miranda July mengungkapkan sebuah pengakuan mengejutkan. Saat masih kuliah, ternyata dia sering sekali melakukan pencurian saat mengunjungi toko. Apakah kebiasaan itu masih terbawa hingga dia sukses? Hanya dia dan Tuhan yang tahu.

4. Britney Spears
http://static.guim.co.uk/sys-images/Guardian/About/General/2012/5/15/1337094918660/Britney-Spears-scene-stea-008.jpg
Dengan harta berlimpah dan ketenaran yang melekat dalam dirinya, seolah tak ada yang kurang dalam diri  Britney Spears. Namun tahun 2007-2008 memang bukan tahun yang baik untuknya. Dia mengalami depresi berat akibat berbagai tekanan yang dia alami.
Alhasil, dia bertingkah aneh dan tak masuk akal layaknya orang gila. Suatu hari, dia meninggalkan pom bensin dengan membawa korek api yang digunakannya untuk mengancam paparazzi. Dia mengaku telah mencuri sesuatu.

5. Peaches Geldof
http://i.dailymail.co.uk/i/pix/2011/03/16/article-1366840-0B33F56500000578-773_468x317.jpg
Tak hanya sekali dua kali Peaches Geldof dituduh meninggalkan toko pakaian tanpa membayar barang yang dia beli. Peristiwa itu terjadi pada tahun 2008, namun dia tak pernah terbukti bersalah. Lalu bagaimana detektor bisa mendeteksi adanya pencurian? Entahlah.

6. Megan Fox
http://www.stars-arena.com/wp-content/uploads/2013/11/megan_fox_05.jpg
Megan Fox yang cantik, kaya dan terkenal melakukan pencurian? Mungkin kalian takkan percaya. Namun dulu dia memang pernah tertangkap mencuri beberapa lip gloss di Wal-Mart. Kalau bukan karena kamera CCTV, mungkin kita takkan tahu apa yang dilakukan bintang TRANSFORMERS ini.

7. Courtney Love
http://www.tonedeaf.com.au/wp-content/uploads/courtneylove31.jpg
Sejak ditinggalkan oleh Kurt Cobain, kehidupan Courtney Love memang bisa dibilang berantakan. Selain sering melakukan hal aneh di depan umum, dia juga sempat tertangkap mencuri perhiasan pada tahun 2010. Alhasil, dia harus menjalani proses hukum. Ini bukan kali pertama, karena semasa remaja dia memang terkenal suka mencuri di toko.

8. Jennifer Capriati
http://static.foxsports.com/content/fscom/img/2013/03/21/Capriati_20130321145526502_660_320.JPG
Yang dicuri Jennifer Capriati beberapa tahun lalu memang bukan barang mahal. Wanita yang memang sering terlibat masalah ini hanya mengambil perhiasan murah di Tampa, Florida dan parahnya tindakan ketahuan sehingga membuatnya malu.

9. Tila Tequila
http://assets.nydailynews.com/polopoly_fs/1.1034599!/img/httpImage/image.jpg_gen/derivatives/landscape_635/1001d06-ye039-h-web.jpg Bintang cantik Tila Tequila mengaku mencuri karena terpaksa. Mantan bintang MTV ini kehilangan dompet dan merasa sangat kelaparan. Akibatnya, dia mencuri bubble gum dan kripik dari sebuah toko. Naas sekali karena tindakannya ini ketahuan petugas.

10 Kasus Pesawat Hilang Paling Misterius di Dunia

Hilangnya Pesawat maskapai Malaysian Airlines pada Sabtu (8/3) dini hari silam memang membuat banyak pihak kaget. Bagaimana bisa Pesawat jenis Boeing 777 yang katanya memiliki teknologi tercanggih itu bisa mendadak hilang dari pantauan radar setelah terbang dari Kuala Lumpur selama 2 jam? Kini sudah hampir lima hari pencarian, pesawat dengan nomor penerbangan MH370 itu masih tak diketahui rimbanya.
Dengan 7 orang di antaranya adalah penumpang asal Indonesia, Indonesia juga ikut ambil bagian aktif dalam pencarian MH370. Banyak orang bertanya bagaimana MH370 bisa tiba-tiba raib bak ditelan bumi. Tapi tahukah kamu kalau rupanya di dunia ini ada juga kasus hilang pesawat yang sangat misterius pula. Dilansir guardianlv.com dan listverse.com ini dia ulasannya!
1. Misteri Kode Morse di Andes
http://www.airnewstimes.co.uk/resim/haber/n/11947.jpg
Salah satu Pesawat milik BritishSouth American Airways (BSAA) dilaporkan hilang dalam penerbangannya dari Buenos Aires (Argentina) ke Santiago (Chile) pada 2 Agustus 1947. Pesawat yang dipiloti Reginald Cook itu terbang pada pukul 13.46 waktu setempat. Secara tiba-tiba Pesawat itu putus kontak di sekitar pegunungan Andes setelah mengirim kode morse aneh yang jika dibaca oleh ejaan latin berbunyi 'STENDEC'. Sampai saat ini belum ada yang tahu makna kode morse itu. Hingga akhirnya lima tahun kemudian yakni pada 1952, pendaki gunung di Andes menemukan puing-puing pesawat di glacier yang meleleh sehingga spekulasi baru muncul bahwa pilot saat itu dalam jarak pandang rendah yang membuat pesawat menukik ke pegunungan yang tertutup awan.
2. Air France 447
http://assets.nydailynews.com/polopoly_fs/1.374901!/img/httpImage/image.jpg_gen/derivatives/landscape_635/alg-airbus-jpg.jpg
Pesawat jenis Airbus A330 milik maskapai Air France dengan nomor penerbangan 447 yang terbang dari Rio de Janeiro ke Paris dilaporkan jatuh di samudera Atlantik dan menewaskan 228 penumpang di dalamnya. Lima hari lamanya tim SAR dari udara dan laut untuk menemukan puing-puing A330. Setelah 3 tahun penyelidikan untuk menemukan fakta mengapa Pesawat itu tiba-tiba menghilang misterius rupanya karena kondisi es yang langsung mengkristal dan membuat autopilot rusak.
3. Kutukan Penerbangan 191
http://img2.bisnis.com/makasar/posts/2014/03/11/176249/pesawat.jpg
Selama lebih dari 40 tahun terakhir sudah banyak pesawat dengan kode penerbangan 191 yang hilang di udara atau mengalami kecelakaan mengerikan sehingga menjadi misteri yang tak terpecahkan. Salah satu yang fatal adalah pada 1979 yang dialami maskapai AmericanAirlines yang jatuh tiba-tiba setelah lepas landas di Chicago dan menewaskan 258 penumpang dengan 13 kru pesawat. Kutukan penerbangan 191 juga pernah menimpa salah satu pesawat maskapai JetBlue Airways pada tahun 2012 silam di mana seluruh pilot tiba-tiba mengalami serangan panik misterius saat terbang. Kamu percaya?

4. Penerbangan 19 di Segitiga Bermuda
http://cdn.production.liputan6.com/legacy-medias/201402/segitiga-bermuda-140210b-i.jpg
Sore hari tanggal 5 Desember 1945, salah satu pesawat dalam sesi latihan angkatan laut Amerika Serikat mendadak putus kontak dan mengawali legenda hilangnya pesawat yang mengantui Segitiga Bermuda. Pesawat yang hilang itu terbang dari pangkalan angkatan laut di kota Fort Lauderbale, negara bagian Florida, Amerika Serikat. Satu setengah jam terbang, pilot dari pesawat yang berkode penerbangan 19 itu melaporkan bahwa timnya mengalami kesulitan dalam menentukan antara langit dan laut yang mendadak tampak sama. Pilot itu lalu melaporkan lagi jika seluruh perangkat navigasinya tak berfungsi dan langsung putus kontak sekitar pukul 17.30 membawa serta 13 awak yang sampai saat ini nasibnya tak diketahui.
5. Flying Tiger 739 Yang Menghilang
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/64/KLM_L-1049C_Constellation_at_Santa_Maria_(Azores).jpg
Pada 16 Maret 1962 satuan militer LockheedSuper Constellation menyewa pesawat Flying Tiger lepas landas dari Guam menuju Filipina. Namun rupanya pesawat itu sama sekali tak pernah diketahui rimbanya dan tak pernah terlihat lagi. Sejauh ini puing-puing pesawat dengan nomor penerbangan 739 itu tak pernah ditemukan dan 107 penumpang yang ada di dalamnya dinyatakan hilang serta diperkirakan tewas.
6. Star Ariel Hilang di Segitiga Bermuda
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/0/0e/Avro_Super_Trader_at_Manchester_1955.jpg
BritishSouth American Airways (BSAA) kembali mengalami hilangnya salah satu armadanya bernama Star Ariel di peraian Segitiga Bermuda. Lagi-lagi sang pilot melaporkan bahwa dia sulit membedakan antara langit dan daratan. Star Ariel sendiri terbang dari Jamaika apda 17 Januari 1949 dengan membawa 20 penumpang dan kru. Hingga saat ini, tak ada yang tahu ke mana hilangnya Star Ariel yang bak ditelan bumi itu.

7. Egypt Air 990
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/7/7b/Egyptair_Boeing_767-300_in_1992.jpg
Hilangnya pesawat maskapai Egypt Air dengan kode penerbangan 990 yang lepas landas dari bandara John F Kennedy di New York pada 31 Oktober 1999 silam itu sampai kini masih misterius. Pesawat jenis Boeing 767 tujuan Kairo-Mesir itu tiba-tiba putus kontak dan jatuh di perairan samudera Atlantik. Disebutkan 217 penumpang dan kru dinyatakan tewas. Dilaporkan bahwa Gamil el-Batouty, kopilot Egypt Air 990 adalah penyebab hilangnya pesawat itu di mana dalam kotak hitam yang ditemukan kemudian merekam tindakan Gamil yang pergi ke toilet pesawat sambil berujar 'Saya berserah diri kepada Tuhan' setelah akhirnya Gamil mematikan kontak autopilot dan pesawat hilang dari radar karena jatuh ke laut.
8. Jatuhnya Penerbangan 571 di Andes
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/7/76/FokkerAnde1972.jpg
Sebuah pesawat dari maskapai Uruguayan Air Force disewa dan memuat 45 orang penumpang serta kru termasuk tim rugby nasional Uruguay pada akhir tahun 1970-an. Pesawat itu terbang dari Montevideo dan mendadak lenyap saat melewati pegunungan Andes. 72 hari pencarian, bangkai pesawat dengan kode penerbangan 571 itu masih tak ditemukan. Keajaiban terjadi saat hari terakhir pencarian, dua orang penumpang selamat bertemu dengan seorang salesman di salah satu desa di kaki pegunungan Andes setelah 10 hari berjalan kaki mencari bantuan. Dua orang itu berujar bahwa ada 16 orang yang selamat namun mereka terpaksa menjadi kanibal yang memakan jasad penumpang lain demi bertahan hidup. Meskipun sampai kini lokasi hilang dan penyebab jatuhnya pesawat masih misterius.
9. Star Tiger Lenyap di Segitiga Bermuda
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/0/0e/Avro_Super_Trader_at_Manchester_1955.jpg
Kasus kembali datang dari BritishSouth American Airways (BSAA) melalui salah satu armadanya yakni Star Tiger yang hilang di perairan Segitiga Bermuda pada 30 Januari 1948. Saat itu Star Tiger membwa 25 penumpang termasuk ada legenda perang dunia kedua, Sir Arthur Coningham. Star Tiger melakukan perjalanan selama 12 jam menuju daratan Amerika Serikat dengan kondisi bahan bakar cukup serta tak melakukan gangguan apapun dalam mesin atau alat navigasi. Star Tiger rupanya menghadapi cuaca butuk saat melintasi perbatasan Segitiga Bermuda dan kemudian pesawat itu mendadak hilang dari radar dan putus kontak setelah beberapa waktu sebelumnya berujar baik-baik saja. Badai yang terbentuk secara mendadak di Segitiga Bermuda diduga menjadi biang keladinya.
10. Tragedi Adam Air di Selat Majene
http://pbs.twimg.com/media/BIRpzCxCQAAnex-.jpg:large
Hilangnya pesawat maskapai Adam Air dengan nomor penerbangan 574 tujuan Manado pada 1 Januari 2007 silam ini memang menjadi tamparan keras bagi industri penerbangan Indonesia yang mereformasi dalam skala besar soal mutu keselamatan penerbangan Indonesia. Pesawat itu dinyatakan hilang di atas perairan selat Majene. Sebulan lamanya pencarian intensif dilakukan yang tertap berakhir nihil. Baru pada 26-27 Agustus 2007, kotak hitam pesawat ditemukan dan setelah penyeledikan, Mei 2009 pemerintah mengumumkan bahwa penyebab hilangnya Adam Air itu karena mesin yang rusak dan pilot yang tak mengetahuhi akan terjadinya musibah.
 

Inilah 15 Seleb Indonesia yang Wajahnya Tak Pernah Berubah

Ada artis yang memang tetap terlihat cantik dan tampan meski sudah berusia lanjut, ada juga yang saking awet mudanya hingga seolah-olah wajahnya tak pernah berubah sejak sepuluh tahun lalu. Beberapa mungkin memang karena faktor genetis, tapi perawatan wajah dan gaya hidup sehat juga punya andil cukup besar,

Paramitha Rusady
Kiri: Paramitha Rusady tahun 1998, usia 32 tahun.
Kanan: Paramitha Rusady tahun 2013, usia 47 tahun.

Yuni Shara 
Kiri: Yuni Shara tahun 1998, usia 26 tahun.
Kanan: Yuni Shara tahun 2014, usia 42 tahun.

Sophia Mueller Latjuba 
Kiri: Sophia Latjuba tahun 2000, usia 30 tahun.
Kanan: Sophia Mueller tahun 2014, usia 44 tahun.

Donna Harun 
Kiri: Donna Harun tahun 2001, usia 33 tahun.
Kanan: Donna Harun tahun 2013, usia 45 tahun.

Kak Seto Mulyadi 
Kiri: Kak Seto tahun 2001, usia 50 tahun.
Kanan: Kak Seto tahun 2013, usia 62 tahun.

Ikang Fawzi 
Kiri: Ikang Fawzi tahun 1987, usia 28 tahun.
Kanan: Ikang Fawzi tahun 2014, usia 55 tahun.

Marissa Haque 
Kiri: Marissa Haque tahun 2001, usia 39 tahun.
Kanan: Marissa Haque tahun 2013, usia 51 tahun.

Nia Daniati 
Kiri: Nia Daniati tahun 2001, usia 37 tahun.
Kanan: Nia Daniati tahun 2014, usia 50 tahun.

Thomas Djorghi 
Kiri: Thomas Djorghi tahun 2001, usia 32 tahun.
Kanan: Thomas Djorghi tahun 2013, usia 43 tahun.

Hedi Yunus Kiri: Hedi Yunus tahun 2001, usia 33 tahun.
Kanan: Hedi Yunus tahun 2013, usia 45 tahun.

Ruth Sahanaya 
Kiri: Ruth Sahanaya tahun 2003, usia 37 tahun.


Kanan: Ruth Sahanaya tahun 2013, usia 47 tahun.
 
Maudy Koesnaedi 

Kiri: Maudy Koesnaedi tahun 1996, usia 21 tahun.
Kanan: Maudy Koesnaedi tahun 2014, usia 39 tahun.

Nadya Hutagalung 
Kiri: Nadya Hutagalung tahun 2001, usia 27 tahun.
Kanan: Nadya Hutagalung tahun 2013, usia 39 tahun.

Desy Ratnasari 
Kiri: Desy Ratnasari tahun 2001, usia 28 tahun.
Kanan: Desy Ratnasari tahun 2013, usia 40 tahun.

Jihan Fahira 
Kiri: Jihan Fahira tahun 2000, usia 22 tahun.
Kanan: Jihan Fahira tahun 2013, usia 35 tahun.


Sumber : Yahoo

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"