Minggu, 24 Juni 2012

Inilah 4 Tanda Anda Salah Menggosok Gigi

Menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur adalah bagian dari rutinitas sehari-hari. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga kesehatan serta kebersihan gigi dan mulut. Walau Anda sudah menjadikannya sebagai kebiasaan, tetapi yakinkah bahwa Anda sudah mengosok gigi dengan benar?

Sebenarnya ada beberapa tanda-tanda khas yang dapat dijadikan sebagai indikator apakah seseorang salah dalam menggosok gigi,  berikut ini adalah empat tandanya seperti diungkapkan dalam majalan Besthealthmag :

1. Menggunakan sikat yang salah
Menurut  presiden Canadian Dental Association Dr Ron Smith, pemilihan bulu sikat gigi yang tepat akan  menentukan bagus atau tidaknya kualitas kesehatan gigi seseorang.

Untuk itu, Smith menganjurkan untuk memilih bulu sikat yang lembut untuk mencegah rusaknya lapisan enamel pada gigi. Jangan lupa untuk mengganti sikat gigi Anda setelah masa pakai selama kurang lebih 3 bulan.

Smith juga mengingatkan supaya jangan terlalu memberikan banyak tekanan saat menggosok gigi. "Beberapa pasien merasa gigi mereka tidak bersih kecuali jika mereka menggosoknya dengan keras. Padahal menyikat harus dilakukan dengan sangat lembut," tambahnya.

2. Muncul plak dan karang gigi
Ketika makanan yang Anda konsumsi mengandung karbohidrat dan gula menempel pada gigi, maka kuman pada plak akan memproduksi asam, menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi. Plak biasanya tidak berwarna.

Jika gigi Anda diselimuti oleh plak dari waktu ke waktu akan menyebabkan munculnya karang gigi, yang merupakan bentuk terkeras dari plak dan lebih sulit untuk dihilangkan. Jika Anda menemukan plak atau karang gigi, itu indikasi yang cukup jelas bahwa Anda perlu memperbaiki cara menggosok gigi.

3. Gusi meradang
Kesehatan gusi dapat menjadi parameter atau tolak ukur benar tidaknya seseorang dalam menggosok gigi. Gusi berdarah setiap kali menyikat, gusi merah, sakit atau bengkak, ini semua adalah tanda-tanda gingivitis atau radang gusi. Kondisi ini disebabkan oleh plak yang tidak dapat hilang.

4. Khawatir dengan senyuman
Apakah Anda merasa kurang nyaman dan khawatir gigi Anda terlihat tidak bersih atau nafas Anda bau? Jika ya, bisa jadi ini menjadi pertanda adanya masalah mendasar seperti penyakit gusi, atau mungkin Anda hanya perlu memperbaiki teknik menyikat gigi.

Intinya, gosoklah gigi dengan lembut, jangan terlalu agresif. Hal ini dimaksudkan agar tidak merusak jaringan gusi dan mengabrasi lapisan gigi. Pastikan juga untuk memperhatikan kebersihan di sepanjang garis gusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"