Minggu, 24 Juni 2012

Inilah 8 Kebiasaan Sehat yang Bisa Menghemat Uang

img  
 Kebiasaan hidup sehat yang sederhana, dapat membuat perubahan yang memberikan manfaat kesehatan yang besar dalam jangka panjang. Menerapkan kebiasaan sehat sehari-hari dapat meningkatkan kesehatan tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Maka bagi yang belum menerapkan kebiasaan sehat sehari-hari, sebaiknya segera mencoba.

Kira-kira kebiasaan sehat sehari-hari apa saja yang dapat baik untuk kesehatan dan dapat mengehamat uang?

Berikut 8 kebiasaan sehat yang dapat menghemat uang seperti dikutip dari FoxHealthNews, Jumat (16/3/2012) antara lain:

1. Membuat daftar makanan yang dikonsumsi sehari-hari
"Menuliskan semua yang dimakan sepanjang hari dapat membantu membatasi asupan kalori dan menghindari kenaikan berat badan," kata peneliti.

2. Berlibur (dalam pikiran)
Bersantai di pantai mungkin dapat membuat boros anggaran sehari-hari, tetapi liburan secara mental tidak akan mengeluarkan uang sedikit pun.

Hasil penelitian telah menyatakan bahwa, dengan membayangkan sesuatu yang dapat membuat santai pikiran dapat memiliki efek yang sama dengan mengalaminya. Pejamkan mata dan bayangkan untuk berada pada tempat dan suasana yang nyaman dan rileks.

3. Merapikan barang-barang
Merapikan segala barang secara teratur dan rapi. Luangkan waktu 5 menit setiap hari untuk mengembalikan barang-barang pada tempatnya dan merapikan barang-barang yang ada di meja, agar meja tetap rapi tanpa harus menata ulang.

4. Bernapas dari perut
Kebanyakan orang bernapas dari dada bagian atas yang memberikan sekitar 1 cangkir teh udara ke paru-paru. Memastikan perut mengembang ketika bernapas dapat membantu memberikan 8 kali jumlah oksigen ke otak yang merangsang gelombang otak lebih lama, lebih lambat terkait dengan relaksasi dan ketenangan pikiran.

5. Telepon teman
Waktu luang dapat dimanfaatkan untuk telepon teman atau sahabat karib. Oksitosin, merupakan hormon yang dilepaskan ketika wanita berteman satu sama lain. Hormon tersebut berfungsi menenangkan tubuh dan melawan efek stres.

6. Pakailah pedometer sepanjang hari
Pedometer merupakan alat olahraga murah yang berguna untuk menghitung jumlah langkah seseorang. Pedometer dapat membantu meningkatkan jumlah langkah yang dapat diambil dari pagi sampai malam. Sebaiknya melakukan jalan kaki 1000 langkah per hari untuk mencukupi kebutuhan aktivitas fisik.

7. Membangun kelompok pendukung
Berolahraga dengan beberapa teman dapat membantu mempertahankan program latihan fisik dengan lebih baik.

8. Flossing setiap hari
Salah satu kebiasaan sehat yang dapat menghemat biaya perawatan gigi adalah dengan menggunakan benang gigi dental floss (flossing) setiap hari. Flossing dapat mencegah penyakit pada jaringan pendukung gigi (jaringan periodontal).

Hasil studi menemukan bahwa, biaya kesehatan kumulatif perawatan sekitar 20 persen lebih tinggi untuk pasien dengan penyakit periodontal parah.

Tindakan pencegahan dengan menggosok gigi 2 kali sehari, serta flossing sekali sehari dan mengunjungi dokter gigi untuk pembersihan setiap enam bulan sekali dapat mencegah berbagai masalah pada rongga mulut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"