Sabtu, 28 Juli 2012

Rahasia Bugar Vegetarian Saat Puasa

Bagaimana para vegetarian menyambut bulan puasa?

Indri, seorang karyawan swasta yang telah empat tahun menjadi vegetarian, mengaku tidak risau dengan kesegaran tubuhnya saat berpuasa dan tetap bekerja. Berikut ini kiat yang diberikan Indri berdasarkan pengalamannya.

Menyantap sayur saat sahur
Agar tidak letih pada siang hari, makanlah secukupnya saat sahur. Tidak berlebihan tapi juga tidak kurang. Perbanyak makanan berserat seperti buah dan sayuran, dan yang pasti makanlah makanan yang bergizi (bukan mi instan). Walau tidak makan daging, tubuh bisa tetap segar. (Tempo.co)
Begitu pun saat berbuka puasa. Mulailah dengan teh manis hangat (jangan yg bersoda, karena berdampak buruk bagi perut) dan makanan pembuka berupa buah atau makanan ringan. Setelah salat Magrib atau Isya, barulah makan berat. Lagi-lagi, jangan berlebihan.

Air mineral
Indri menyarankan untuk minum air putih yang banyak, sebagai salah satu cara untuk menghidari dari dehidrasi akibat panas matahari dan pendingin ruangan. Entah di kendaraan maupun di ruang kantor. Inilah yang dia alami. Indri merasa tubuhnya tetap segar lantaran banyak minum air mineral.

Olahraga
Wanita berusia 39 tahun ini juga berolahraga ringan saat puasa. “Tapi menjelang buka puasa,” katanya. Setelah menggerakkan seluruh badannya itu, dia merasakan badan lebih segar dalam menghadapi puasa sebulan penuh.

Olahraga ringan yang dimaksud Indri, di antaranya jalan atau lari-lari kecil. Atau, melakukan senam kecil untuk menggerakkan otot-ototnya.

Konsumsi vitamin
Indri termasuk yang tidak lupa dalam mengonsumsi vitamin: A, B, dan C. Tentu tidak harus dalam bentuk pil, tablet, atau minuman. “Vitamin tersebut terdapat pada buah berwarna kuning atau merah, sayur berwarna hijau tua, dan kacang-kacangan,” katanya.

Chaidra Wilda, ahli nutrisi, tidak keberatan atas konsumsi makanan Indri.

Hanya, lebih konkret Era — Chaidra biasa disapa — menuturkan, agar tidak letih pada siang hari, prinsipnya adalah memaksimalkan pasokan tenaga saat sahur. Untuk kebutuhan itu, lanjut mantan Kepala Gizi di Rumah Sakit Dharmais ini, konsumi makan bisa ditambah dengan segelas susu + sesendok madu atau boleh juga selembar keju + sesendok madu.

Sebagai penganut vegeratian seperti Indri, alternatif paling efektif untuk mengganti protein hewani, kata pegawai Departemen Kesehatan ini, adalah susu, keju atau telur.”

Tapi kalau vegetarian murni, lanjutnya, bisa diganti dengan susu kedelai.

Lauk Sahur Yang Tahan Lama

Keterbatasan waktu menyiapkan hidangan sahur membuat para ibu seringkali bingung memilih menu masakan. Jangan berkecil hati, buat serundeng tempe yang gurih dan lezat sebagai lauk bersantap sahur. Jika disimpan di dalam wadah kering dan tertutup rapat, lauk serundeng tahan hingga 5 hari. Praktis bukan?
Simpan di dalam wadah kering dan tertutup rapat, lauk serundeng ini bisa tahan hingga 5 hari. (Budi Sutomo)
Serundeng Tempe

Bahan:

500 g kelapa, kupas kulit arinya, parut memanjang
100 g kacang kedelai putih atau kacang tolo
100 g ikan teri kering
100 g tempe, potong dadu kecil
Minyak untuk menggoreng

Bumbu:

8 butir bawang merah, haluskan
5 siung bawang putih, haluskan
1 sdm ketumbar, sangrai
4 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
2 batang serai, memarkan
4 cm lengkuas, potong dan memarkan
2 sdm irisan gula merah
1 sdm gula pasir
2 sdt garam halus

Cara Membuat:
  1. Panaskan wajan tanpa minyak, masukkan kelapa parut. Masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga kering dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat, dinginkan.
  2. Goreng tempe, teri, dan kacang kedelai hingga matang dan kering. Angkat, tiriskan.
  3. Panaskan satu sendok sayur minyak goreng di dalam wajan. Tumis bawang merah, bawang putih, serai, lengkuas, daun jeruk, dan daun salam. Masak hingga harum.  Tambahkan gula merah dan gula pasir, masak hingga gula larut.
  4. Masukkan tempe, teri, kedelai dan kelapa sangrai.  Masak sambil daduk-aduk hingga bumbu meresap. Angkat.
  5. Tuang serundeng tempe ke dalam pinggan saji. Hidangkan.

Untuk 8 Porsi

Tip: Jika Anda suka pedas, tambahkan 6 buah cabe merah keriting, iris halus dan goreng hingga kering, campurkan saat menumis bumbu ke dalam serundeng tempe.

Sahur dengan Hidangan Sepinggan Praktis

I Fu Mie termasuk hidangan sepinggan yang mengandung unsur gizi lengkap. Cocok untuk santap sahur praktis karena Anda tidak perlu menyiapkan beragam lauk. Mi kaya akan karbohidrat, terasa pas dengan siraman kuah panas campuran dari daging ayam, hati ayam, bakso ikan dan sayuran sebagai sumber protein, vitamin, mineral dan serat.
 
I Fu Mie termasuk hidangan sepinggan yang mengandung unsur gizi lengkap.
I Fu Mie

Bahan:

400 g mi instant/mi telur, rebus dan tiriskan
400 ml kaldu daging/air
100 g daging ayam, potong-potong
5 buah bakso ikan, potong membulat
60 g hati ayam, rebus, potong-potong
60 g jamur kancing, belah empat
60 g caisim, potong-potong
60 g wortel, potong-potong
60  g kembang kol, potong menurut kuntum
1 batang daun bawang, potong-potong
½ sdm tepung kanji/maizena, larutkan dengan sedikit air
4 sdm minyak goreng

Bumbu:

6 siung bawang putih, haluskan
2 siung bawang merah, haluskan
2 cm jahe, memarkan
½ sdm sdt saus sambal
3 sdm saus tomat
1 sdm kecap ikan
½ sdm kecap asin
½ sdt lada halus
½ sdm minyak wijen
1 sdt gula pasir
½ sdt garam halus
¼ sdt vetsin bumbu penyedap (jika suka)

Cara Membuat:

  1. Rebus mi instan/mi telur hingga matang. Angkat, tiriskan. Atur mi di dalam serok berlubang hingga bentuknya bulat. Goreng di dalam minyak banyak hingga mi berwarna kuning kecoklatan dan kering. Angkat, tiriskan.
  2. Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih dan jahe hingga harum. Tambahkan bakso, ayam, hati, dan jamur. Masak hingga daging ayam berubah warna.
  3. Masukkan kecap ikan, lada, garam, saus tomat, saus sambal, gula pasir, minyak wijen, bumbu penyedap dan kecap asin. Aduk rata. Tuang kaldu dan larutan tepung maizena, masak hingga mendidih.
  4. Tambahkan wortel, caisim, kol dan daun bawang. Masak hingga semua bahan matang. Angkat.
  5. Penyajian: Atur mi di dalam piring saji. Siram dengan kuah panas beserta isinya. Sajikan panas.

Untuk 5 Porsi

Tip: Di pasaran banyak dijual i fu mie instan siap pakai sehingga lebih praktis. Saat sahur tiba, Anda tinggal meyiapkan kuah pelengkap.

Apa menu sahur Anda pagi ini?
Sumber!

Nikmatnya Puasa Seharian di Finlandia

Berapa jam berpuasa di Indonesia? Beruntung karena negara kita ini terletak di daerah tropis pada koordinat 6°LU - 11°08'LS dan dari 95°'BT - 141°45'BT. Sehingga Tanah Air tercinta kita ini memiliki durasi kemunculan dan tenggelam matahari yang hampir sama, antara 14 jam an.
Bagaimana dengan negara-negara lain di luar Indonesia? Ini cerita saya berpuasa di negara asal ponsel Nokia, Finlandia.
Di tahun 2012 ini, Saya berkesempatan riset di University of Helsinki. Empat bulan sudah tinggal di sini, dan memang diawal kedatangan, pertanyaan tentang bagaimana pelaksanaan puasa di waktu musim panas hadir di benak saya. Jika kita jenguk teman-teman di India, New Delhi misalnya, cukup ditambah sejam saja dari durasi puasa di tanah air, no problem lah. Kalau yang di Itali, Roma, tambah sekitar dua setengah jam, hmmpp... lumayan juga. Lebih ke utara lagi,  Finlandia, wow tambahnya 6-7 jam, jadi total 20-21 jam. Ckckck...How can? Sedangkan malam hanya singgah 3 sampai 4 jam. Komentar wajar yang akan muncul bagi mereka yang baru datang.

Saya pun mencoba untuk mencari tahu tentang bagaimana pelaksanaan puasa di negeri dengan penduduk sebesar lima juta jiwa yang mendiami lebih dari 330.000 km² ini. Ketika bertanya dengan teman-teman Indonesia yang sudah lama tinggal di Finlandia, mereka mengatakan bahwa mereka sanggup untuk menjalankan puasa sepanjang sekitar lebih dari 80% hari ini.
Menurut mereka, dalam menjalani puasa yang cukup panjang itu terasa biasa-biasa saja. Sungguh luar biasa Tuhan menciptakan tubuh manusia yang begitu mudah untuk beradaptasi. Namun demikian, wajar jika seseorang merasa berat saat mengetahui pertama kali kenyataan tersebut. Rasanya nyali ini sudah ciut duluan mengingat durasi siang yang sangat mendominasi hari adalah hal yang tidak pernah terjadi di Indonesia.
Saya pun masih penasaran dengan situasi yang cukup menggelitik itu. Namun keyakinan bahwa Tuhan (ajaran agama) itu tidak mungkin akan memberatkan umatnya selalu hadir dalam hati ini. Pencetus Food Combining Indonesia, Andang Gunawan, menganjurkan untuk memilih menu yang sederhana namun bergizi, seperti sayur dan buah. Dia juga menyarankan agar saat berpuasa kita menghindari makanan bersantan, gula, dan juga yang berlemak tinggi karena akan menumpuk lama di lambung. Penumpukan itu akan menyebabkan pembusukan sehingga terjadi radang lambung dan memicu gejala mag. "Percuma minum obat sakit mag kalau pola makan kita tidak diperbaiki." tandasnya.
Sayur dan buah memang tak boleh ketinggalan saat berpuasa, apalagi cuaca yang tergolong kering di sini. Sedangkan untuk konsumsi gula, kita dapat menggantinya dengan jus buah tanpa gula. Asupan gula yang berlebih justru akan membuat tubuh kita cepat lemas, karena walaupun gula bisa cepat menaikkan gula darah, namun akan cepat pula turunnya. Begitu pula jika malas bergerak, tubuh akan terasa lemas akibat kadar gula dibiarkan menurun drastis.
Selamat menikmati puasa bagi teman-teman di belahan bumi manapun kalian berada, seperti yang disampaikan oleh pengasuh rubrik kesehatan acara Oprah Winfrey Show, Dr. Oz, bahwa puasa adalah salah satu bentuk diet sehat.Puasa adalah salah satu bentuk detoksifkasi yang paling alami dan natural yang dapat dilakukan, daripada melakukan diet tertentu. Selain itu dengan pola makan yang teratur selama sebulan, puasa dapat mengkondisikan tubuh untuk mengeluarkan racun, karena sebenarnya tubuh manusia telah memiliki sistem detoksifikasi secara alami.
Semoga ulasan ini dapat memberikan manfaat bagi teman-teman. Ingin berpuasa sesuai dengan waktu puasa daerah manapun, selagi kita menikmati dan memperbaiki pola makan, maka sehat lahir dan batin diharapkan dapat tercapai dengan baik.oleh: Zenith Purisha (PPI Finlandia) sedang riset Matematika di Univ Helsinki

Rabu, 25 Juli 2012

10 Gadget Jadul yang membuat Anda Tampak Tua.


http://asalasah.blogspot.com/2012/07/10-gadget-jadul-yang-telah-bikin-kita.html
Washington - Sebelum gadget macam BlackBerry, Android, iPad, atau iPhone menjadi pilihan kebanyakan masyarakat, Nokia, Motorolla, Sega menjadi pilihan utama para gadget mania.
Sega dan Tamagotchi menjadi game pilihan, sedangkan Motorolla serta Nokia sempat memperoleh predikat sebagai “handphone sejuta umat.” Apakah Anda termasuk generasi pengguna gadget jadul tersebut?
Inilah 10 Gadget Jadul yang membuat Anda Tampak Tua:
1. Sega Genessis
Apakah Anda termasuk generasi yang gemar bermain video games semacam Sega? Ada banyak games yang bisa dimainkan, misalnya Sonic, Jurrasic Park, atau Mario Bross. Sega Genessis ini diluncurkan pertama kalinya pada 1989 di Amerika Utara seharga 189,99 dolar. Sega dengan cepat menjadi popular di kalangan remaja maupun orang dewasa.
2. Super Nintendo (SNES)
Pada awal 1990-an, Sega mendapat saingan keras dari Super Nintendo. Nintendo menjadi pilihan alternatif yang tak kalah populer dari Sega. Pada era 1990-an, sebanyak 300.000 unit Nintendo terjual habis hanya dalam beberapa jam di Jepang. Saking larisnya Nintendo, pemerintah Jepang sampai memerintahkan pabrikan Nintento untuk menunda peluncuran game-game Nintendo pada akhir pekan. Hal ini dilakukan agar tidak mengganggu kesibukan warga Jepang.
3. Telepon genggam flip pertama keluaran Motorolla
Pada 1996, dunia heboh dengan telepon genggam flip pertama Motorolla dengan tipe StarTAC. Saat itu, setidaknya 60 juta unit telepon genggam ini berhasil terjual. Selain modelnya yang merupakan terobosan baru, telepon genggam flip pertama ini merupakan telepon pertama yang menggunakan fitur getar.
4. DVD dan laser disc
Pada tahun 1996, diluncurkan pula DVD dan laser disc pertama. Cara menonton film melalui piringan hitam ini muncul di Jepang pada November 1996 dan di Amerika Serikat pada Maret 1997. Keluarnya DVD merevolusi cara warga dunia menonton televisi.
5. Tamagotchi
Indonesia juga sempat dihebohkan dengan game sejenis Tamagotchi. Sebuah games simulasi di mana penggunanya seakan-akan memiliki binatang peliharaan. Gadget ini memungkinkan penggunanya untuk memberi makan, mengajak jalan-jalan, memandikan. Tamagotchi berhasil membangun imaginasi penggunanya layaknya memiliki binatang peliharaan sungguhan. Sampai 2010, setidaknya 76 juta unit Tamagotchi telah terjual di seluruh dunia.
6. Nokia 5110
Telepon genggam berjenis Nokia 5110 ini sempat disebut sebagai handphone sejuta umat di Indonesia. Nokia 5110 sempat menjadi sebuah tren di kalangan warga Jakarta khususnya. Selain bisa digunakan untuk telepon dan sms, Nokia 5110 memiliki tiga jenis permainan, memori, logika dan yang paling terkenal, ular atau snake. Handphone ini juga memiliki beberapa aplikasi yang termasuk revolusioner saat itu, seperti kalendar dan pengubah mata uang.
7. Nokia 3310
Setelah 5110 menjadi pilihan utama, Nokia mengembangkan ponsel lain, 3310. Ponsel ini juga sempat menjadi pilihan utama di Indonesia. Fasilitas yang terdapat di dalamnya merupakan pengembangan dari Nokia 5110 misalnya kalkulator, stop watch, pengingat. Jenis permainan yang ditawarkan antara lain Snake II, Pairs II, Space Impact dan Bantumi. Fasilitas pesan singkat yang disediakan pun lebih panjang, yaitu 459 karakter.
8. Motorola RAZR
Ponsel ini menjadi pilihan utama dengan tampilannya yang futuristik. Telepon genggam flip ini hanya selebar setengah inci dan sangat enteng serta bisa di bawa kemana-mana. Telepon genggam ini juga memiliki beberapa warna, yaitu merah dan biru.
9. iPod generasi pertama
iPod pertama yang memiliki memori 5 gigabita. iPod ini bisa menampung 1.000 lagu. Harga iPod pertama mencapai US$ 399 dan diluncurkan pada 2001.
10. Original Playstation
Game ini menjadi video game console pertama yang terjual 100 juta unit dalam waktu sembilan tahun dan enam bulan. Produk ini menjadi produk tersukses Sony dan menggantikan Nintendo serta Sega. 
Sumber!

Perpanjang Umur Dengan Berpuasa Beberapa Hari Seminggu

imgSemua agama pernah menganjurkan pentingnya berpuasa bagi pemeluknya. Dan ternyata, ritual ini tidak semata-mata anjuran yang tak berdasar, melainkan memiliki dampak kesehatan yang dahsyat. Berpuasa selama satu atau dua hari dalam seminggu dapat melindungi diri dari penyakit Alzheimer, Parkinson dan penyakit otak lainnya.
Kebanyakan orang dewasa membutuhkan sekitar 2.000 kalori sehari. Kalori ini diperlukan untuk menghasilkan energi atau glikogen. Ketika tubuh mengubah makanan menjadi energi, tubuh menciptakan banyak produk sampingan yang tidak diperlukan, salah satunya adalah radikal bebas.
"Radikal bebas akan menyerang protein, DNA, inti sel, membran sel, serta bisa merusak semua molekul yang berbeda dalam sel," kata peneliti, Mark Mattson, ilmuwan dari National Institute on Aging di Baltimore, Amerika Serikat.
Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh tim dari National Institute on Ageing menegaskan bahwa radikal bebas ini bisa dihilangkan lewat berpuasa. Puasa akan membersihkan tubuh, menekan pengeluaran insulin, serta mengurangi keinginan untuk memakan gula.
Akhirnya, tubuh membakar cadangan gula yang disimpan atau glikogen sehingga hanya sedikit insulin yang diperlukan untuk membantu tubuh mencerna makanan. Sedikit insulin ini akan membuat pankreas beristirahat.
Dalam presentasinya pada pertemuan American Association for the Advancement of Science di Vancouver, Dr Mattson menjelaskan penelitiannya terhadap tikus yang diberi makan setiap hari. Dibandingkan dengan tikus yang diberi makan normal setiap hari, tikus yang sangat dibatasi asupan makanannya memiliki lebih sedikit penyakit. Mattson mengatakan temuannya tersebut menjanjikan bahwa manusia juga dapat mengambil manfaat yang sama dari puasa.
Puasa memiliki banyak manfaat, dari meningkatkan regulasi glukosa yang dapat melindungi tubuh dari diabetes, hingga menurunkan tekanan darah. Beberapa penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa puasa memiliki efek yang sangat bermanfaat bagi otak, melindungi diri dari penyakit Alzheimer, Parkinson dan stroke. Puasa juga dapat memperpanjang umur karena sedikit makan mengirim pesan ke sel-sel tubuh agar menggunakan energi dengan lebih efisien.
"Ketika terkena stres ringan, sel tubuh menduga bahwa hal ini akan terjadi lagi. Jadi sel tubuh akan mempersiapkan diri ketika suatu waktu menghadapi stres berupa kurangnya makanan," kata Mattson seperti dilansir The Telegraph, Senin (20/2/2012).
Tapi Dr Naomi Neufeld, endokrinolog di UCLA, khawatir bahwa puasa penuh bisa berbahaya. Setelah beberapa hari pertama berpuasa, tubuh akan menggunakan semua glukosa yang disimpan untuk membuat energi. Dan kemudian akan menggunakan sumber-sumber lain, termasuk lemak dan otot.
Menurut Dr Neufeld, jaringan utama yang menjadi target jangka panjang puasa adalah otot, karena otot memiliki asam amino yang dapat diubah menjadi glukosa dengan segera. Dengan cara itu, otak tidak pernah kekurangan glukosa yang diperlukan.
"Masalahnya, ketika otot rusak, protein yang berbahaya dilepaskan. Protein ini terdiri dari nitrogen dan terlalu banyak nitrogen dalam tubuh dapat menjadi racun bagi ginjal dan hati," kata Dr Neufeld.

Buku Pedoman UKG Online 2012


Guru sebagai ujung tombak pelaksanaan pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Tuntutan peran guru tersebut diperkuat dengan pencanangan “guru sebagai profesi” oleh Presiden pada tanggal 4 Desember 2004. Landasan posisi strategis guru tersebut dituangkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Secara eksplisit amanat Undang-Undang tersebut adalah kebijakan pembinaan dan pengembangan profesi guru agar memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang diaktualisasikan untuk menjalankan profesi mendidik.
Profesionalitas guru diselenggarakan melalui pengembangan diri yang dilakukan secara demokratis, berkeadilan, tidak diskriminatif, dan berkelanjutan dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia dan kode etik profesi. Pengembangan keprofesian berkelanjutan dilaksanakan dan diperuntukkan bagi semua guru baik yang sudah bersertifikat maupun belum bersertifikat. Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembinaan profesi tersebut diperlukan pemetaan kompetensi yang secara detail menggambarkan kondisi objektif kompetensi, materi serta strategi pembinaan yang dibutuhkan oleh guru. Peta tersebut hanya dapat diperoleh melalui uji kompetensi guru. Dengan demikian, Uji Kompetensi Guru (UKG) dilakukan untuk pemetaan kompetensi, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan(PKB) dan sebagai entry point Penilaian Kinerja Guru (PKG). Artinya UKG bukan merupakan resertifikasi, atau uji kompetensi ulang dan juga bukan UKG yang tidak ditujukan untuk memutus tunjangan profesi.
Berkenaan dengan UKG Online yang akan diadakan pada mulai 30 Julli sampai dengan awal Agustus 2012 ini terhadap 1.006.211 Guru yang bersertifikat profesi di seluruh Indonesia ada beberapa pedoman yang telah ditetapkan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (Badan PSDMPK - PMP).
Berikut buku Pedoman UKG yang siap diunduh. Buku ini resmi yang diterbitkan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (Badan PSDMPK - PMP).
Adapun isi dari Buku Pedoman UKG tersebut adalah sebagai berikut:
BAB I   PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
B.  Dasar Hukum
C.  Tujuan UKG
D.  Sasaran UKG
E.  Teknis Pelaksanaan UKG

BAB II   UJI KOMPETENSI GURU
A.  Landasan UKG
1.  Aspek Filosofis
2.  Apek Teoritis Pedagogik 
3.  Aspek Empirik Sosial

B.  Prinsip UKG
C.  Instrumen UKG 

D.  Peserta UKG
1.  Persyaratan Peserta
2.  Mata Uji
3.  Konfirmasi dan Validasi Data Peserta
E.  Waktu UKG
F.  Tempat UKG

BAB III   SISTEM DAN MEKANISME PELAKSANAAN UKG
A.  Mekanisme Pelaksanaan 
1.  Persiapan
2.  Pelaksanaan 

B.  Organisasi Pelaksanaan 
1.  Badan PSDMPK - PMP 
2.  LPMP 
3.  Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota  

C.  Panitia Penyelenggara
1.  Badan PSDMPK dan PMP
2.  LPMP
3.  Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
4.  Koordinator Kabupaten/Kota
5.  Koordinator Lokasi 
6.  Teknisi UKG
7.  Pengawas Ruang 

D.  Pengendalian Soal dan Jawaban
1.  Pendistribusian Soal 
2.  Pengamanan Soal 
3.  Hasil Ujian

Buku pedoman ini juga dilengkapi lampiran-lampiran:
1.  Jumlah Peserta Uji Kompetensi Guru
2.  Daftar Konversi Bidang Studi  Sertifikasi Sebelum dan Setelah 2009
3.  Format Daftar Hadir
4.  Berita Acara Pelaksanaan UKG (BA-UKG)
5.  Format Kartu Peserta UKG

Untuk Mengunduh Buku Pedoman UKG Online 2012 Silakan Klik link dibawah ini:

 

Manfaat Buah Anggur Untuk Kecantikan

Buah anggur ternyata memiliki manfaat lain yang sangat berguna untuk kecantikan kulit, gigi bahkan kuku.

Untuk menghilangkan kerutan pada wajah, minyak biji anggur dapat menjadi solusi. Caranya, dengan mengoleskannya di area wajah yang mulai berkerut sebelum tidur, sebagaimana dilansir dari Health.com.

"Minyak biji anggur kaya akan antioksidan dan asam lemak esensial yang dapat membuat wajah Anda tampak awet muda," kata penulis Smart Medicine for Your Skin, Jeanette Jacknin, MD.

Buah anggur yang sudah matang dapat dijadikan sebagai salah satu menu kudapan bagi Anda yang ingin memutihkan gigi, kata asisten profesor klinis dari Universitas New York, Elisa Mello, DDS.

"Asam malat yang terdapat di dalam buah anggur, secara alami akan menghapus noda pada gigi, serta mengatasi perubahan warna pada gigi," ujar Elisa.

Anggur juga memiliki manfaat untuk mempercantik kuku Anda. 'Scrub' anggur yang kaya akan antioksidan dapat melembutkan kutikula dan menghilangkan bintil kuku yang mengganggu.

Campurkan 10 anggur merah dengan dua sendok makan gula pasir ke dalam 'food processor'. Gunakan campuran itu untuk memijat kuku-kuku Anda. Setelah selai, bersihkan campuran tersebut dengan menggunakan handuk basah.

Tips Menjaga Aroma Mulut Saat Berpuasa


 
Orang jadi pendiam ketika berpuasa selain karena lapar, bisa jadi karena khawatir bau mulutnya mengganggu lawan bicara. Masalah ini umum ditemui selama bulan puasa. Agar tak cemas dihantui bau mulut selama bulan Ramadhan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan.
Menurut penelitian, cairan pencernaan tetap keluar meski tidak ada makanan selama puasa. Hal ini akan mempengaruhi lapisan perut sehinga mengakibatkan bau busuk seperti bau makanan basi. Kurangnya air liur yang mengalir ke dalam mulut selama berpuasa, pengeringan rongga mulut, berkembangnya bakteri di lidah dan gigi, ditambah dengan cairan pencernaan akan menyebabkan bau mulut makin menggila.
Tak hanya itu, cadangan lemak dalam tubuh juga melepaskan bahan kimia keton yang didorong keluar bersamaan dengan keluarnya nafas, sehingga menambah aroma bau mulut.
"Selama Ramadhan, beberapa orang mengalami bau mulut karena kelenjar ludah tidak menghasilkan air liur yang cukup untuk menjaga napas tetap segar. Kekeringan mulut yang disebabkan oleh berpuasa memicu munculnya bau mulut," kata Dr Rana Al Thib, Dokter Gigi di Klinik Umum Hibah Shata Specialised Dental Clinic di Dubai seperti dilansir Gulfnews.com, Minggu (22/7/2012).
Salah satu penyebab bau mulut juga karena tidak menyikat gigi selama bulan Ramadhan. Untuk mencegah minculnya bau mulut, Dr Rana menyarankan sebaiknya menyikat gigi tetap dilakukan seperti hari biasa. Meskipun tidak sarapan di pagi hari, menyikat gigi tetap harus dilakukan ketika bangun tidur. Tapi menyikat gigi setelah santap sahur juga tetap perlu dilakukan.
Selain menyikat gigi, minum banyak air ketika sahur sebanyak 2 - 3 gelas akan membantu menjaga tutup tetap terhidrasi. Dr Rana mengatakan bahwa menggunakan obat kumur masih boleh selama bulan Ramadhan karena tidak ditelan.
"Pilihlah obat kumur yang tidak mengandung alkohol karena tidak membuat mulut jadi lebih kering dan menyebabkan lebih banyak masalah," wanti dr Rana.
Secara ringkas, cara-cara menghindari bau mulut ketika berpuasa adalah sebagai berikut:
  • Menyikat gigi sehabis makan sahur dan bangun tidur
  • Membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang khusus (Flossing). Jangan gunakan tusuk gigi untuk mengganti benang
  • Gunakan sikat gigi untuk membersihkan lidah
  • Pakai obat kumur anti bakteri yang tidak mengandung alkohol
  • Rongga gigi harus segera ditambal untuk mencegah penumpukan sisa makanan di dalamnya
  • Membersihkan karang gigi ke dokter gigi setidaknya setiap 6 bulan sekali
  • Minum setidaknya 2 - 3 gelas air pada saat sahur
  • Sumber!

5 Kebiasaan Buruk Orang Indonesia Selama Puasa

Ternyata selama bulan puasa Ramadhan banyak orang Indonesi melakukan kebiasaan buruk yang tidak sehat sehinga melaksanakan ibadah puasa terasa berat dan pastinya tidak sehat untuk tubuh. Nah kamu ingin tahu kebiasan orang indonesia yang tidak sehat selama puasa simak berikut ini.

1. Banyak makan manis saat sahur
“Sebaiknya menghindari makanan yang cepat meningkatkan rasa lapar seperti terlalu manis,” jelas DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSc dari Departemen Ilmu Gizi FKUI kepada detikHealth.
Menurut Dr Tati, makanan yang terlalu manis dan karbohidrat sederhana akan meningkatkan gula darah secara cepat namun kemudian akan menurunkannya secara drastis, yang akhirnya akan menyebabkan tubuh kekurangan zat gula sebagai zat tenaga sehingga tubuh cepat lemas, cepat lapar dan mengantuk.

2. Langsung tidur sehabis sahur
“Setelah makan, makanan akan disimpan di dalam lambung. Nah, ketika Anda langsung tidur sehabis sahur, maka makanan itu akan berbalik arah lagi ke atas. Setidaknya beri jedah 1-2 jam,” ujar Dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, dari FKUI-RSCM.
Kondisi ini disebut refluks esofagus. Bila ini terjadi, makanan yang baru saja mencapai lambung akan berbalik arah ke kerongkongan dan membawa asam lambung. Akibatnya, kerongkongan akan terasa kering, panas, membuat mual, mulas dan ingin muntah. Ini akan semakin parah pada penderita maag.

3. Buka puasa pakai gorengan
Gorengan membawa efek yang tidak baik untuk saluran tenggorokan dan pencernaan, terutama bagi orang yang seharian mengosongkan perut. Makanan yang tinggi lemak seperti gorengan akan membuat orang rentan terserang batuk dan memperlambat pengosongan lambung.
Hal ini tidak baik untuk orang yang baru berbuka puasa. Karena setelah 14 jam lambung kosong, tubuh butuh nutrisi yang cukup, tapi dengan adanya lemak tubuh akan merasa sudah kenyang dan akhirnya penyerapan nutrisi pun terhambat.

4. ‘Balas dendam’ saat buka puasa bikin kolesterol naik
“Puasa sebenarnya bagus sekali untuk kesehatan tubuh, sepanjang orang mau membatasi pola makannya. Dan tidak ada itu kata balas dendam,” ujar dr Arieska Ann Soenarta, Sp.JP (K), spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah RS Harapan Kita.
Menurut dr Ann, banyak sekali kecenderungan orang makan tidak terkontrol pada bulan puasa, terutama pada saat buka puasa. Hal ini dapat diamati dengan penuhnya restoran-restoran mahal yang menyajikan berbagai makanan termasuk makanan berkolesterol tinggi, di saat buka puasa.

5. Puasa malah makin gemuk karena makan berlebihan
“Pada prinsipnya, orang menjadi gemuk karena makanan yang dikonsumsi lebih banyak dari makanan yang diolah menjadi tenaga. Hal ini banyak terjadi di bulan puasa,” ungkap Dr Samuel Oetoro, SpG.K., ahli gizi klinik FKUI-RSCM.
Biasanya orang yang berpuasa akan makan berlebihan ketika sahur karena takut lemas atau makan balas dendam saat buka. Sedangkan di pagi dan siang harinya, aktivitas fisik yang dilakukan berkurang, banyak tidur dan jarang sekali bergerak. Alhasil, lemak menumpuk dan akhirnya berat badan meningkat.

7 Gejala Ringan Sakit Jantung

Sakit jantung merupakan penyakit paling membunuh di Dunia ini alangkah baiknya kita mengenali gejala gejala yang timbul dari penyakit jantung sehinga langkah pengobatan dini bisa cepat di ambil agar penyakit jantung tidak semangkin parah. Nah berikut ini ada beberapa gejala ringan sakit jantung yang perlu kamu ketahui.

1. Ritme jantung tak merata
Jantung berdebar-debar tidak karuan tanpa sebab yang jelas tidak selalu berarti grogi, bisa juga menandakan aritmia atau ketidakteraturan denyut jantung yang merupakan gejala umum pada penyakit jantung koroner. Penyakit ini sewaktu-waktu bisa memicu stroke dan serangan jantung.

2. Nyeri dada
Keluhan nyeri dada adalah tanda-tanda spesifik pada penyakit jantung koroner. Berbeda dengan nyeri dada pada serangan jantung yang rasanya seperti ditusuk atau diremas, sensasi nyeri pada angina pectoris biasanya lebih mirip seperti ditekan benda berat. Tidak cuma di bagian dada, nyerinya juga sering terasa hingga bahu dan leher.

3. Sakit pada rahang dan telinga
Sakit pada rahang memang menjadi gejala yang misterius karena bisa jadi diakibatkan oleh beberapa sebab, akan tetapi terkadang bisa juga menjadi petunjuk dari penyakit jantung koroner dan serangan jantung.
Rasa sakit yang muncul sepanjang rahang sampai ke telinga dan sulit menemukan dari mana rasa sakit itu berasal.

4. Mengalami gangguan seksual
Mengalami kesulitan untuk mencapai atau menjaga ereksi bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit jantung koroner. Dokter saat ini akan melakukan pemeriksaan kardiovaskular ketika ada pria yang mengeluhkan masalah disfungsi ereksi.
Hal ini terjadi karena arteri di sekitar jantung yang menyempit atau mengeras akan mempengaruhi pasokan darah ke penis, sehingga akan membuatnya sulit mencapai atau menjaga agar tetap ereksi.

5. Pusing dan sesak napas
Menurut data dari Journal of the American Heart Association lebih dari 40 persen perempuan melaporkan sering mengalami sesak napas pada periode beberapa hari sebelum terkena serangan jantung.
Seseorang mungkin akan mengalami tidak bisa bernafas, pusing atau pingsan bahkan saat tengah melakukan hal yang biasa dilakukan seperti berjalan atau membersihkan rumah yang sebelumnya tidak pernah bermasalah.

6. Mual dan perut perih
Serangan gangguan pencernaan parah dn mual bisa menjadi gejala awal serangan jantung atau myocardial infarction, terutama pada perempuan.
Dalam satu penelitian diketahui bahwa perempuan dua kali lebih mungkin mengalami muntah, mual dan gangguan pencernaan selama beberapa bulan menjelang serangan jantung dibandingkan dengan laki-laki.
Hal ini terjadi karena sumbatan lemak di arteri akan mengurangi suplai darah ke jantung yang biasanya terjadi di dada dan terkadang bisa muncul di bagian perut. Hal ini tergantung pada bagian mana dari jantung yang mengalami gangguan sehingga ia mengirimkan sinyal rasa sakit di bagian tubuh yang lebih rendah dari dada.

7. Mendengkur
Penelitian membuktikan, orang yang tidurnya ngorok punya risiko 3 kali lebih tinggi untuk meninggal karena serangan jantung dalam 5 tahun berikutnya.
Pasalnya, ngorok berhubungan juga dengan risiko sleep apnea atau henti napas saat tidur. Terhentinya pernapasan membuat suplai oksigen berkruang, sehingga memicu kerusakan jaringan di berbagai organ termasuk jantung.

Simulasi Soal Ujian Kompetensi Guru (UKG) Online SD dan SMP


Akhir Juli sampai dengan Awal Agustus 2012 merupakan hari-hari yang menegangkan bagi sebagian guru penerima sertifikat profesi sekaligus bagi penerima tunjangan profesi guru. Pasalnya pada rentang waktu tersebut akan diadakan Uji Kompetensi Guru (UKG) secara serentak di seluruh Indonesia. Makin menegangkan lagi karena dilaksanakan secara online.  Bagi bapak/ibu guru yang akan melaksanakan UKG Online apakah sudah memiliki persiapan? Jika belum berikut ada  Kumpulan  Soal Latihan Uji Kompetensi Guru (UKG) Online.  Bagi yang ingin berlatih atau menguji kemampuan dalam mengisi soal-soal UKG 2012 bisa mengunjungi  website ukgonline.com. Website ini menyediakan uji coba tes UKG online. Soal yang ada disajikan secara random sesuai kisi-kisi UKG. Hasil latihan bisa langsung diketahui nilai dan juga disediakan kunci jawaban.
Tim ukgonline.com sudah membuat soal mirip versi resmi (user interface sama persis dengan panduan UKG dari kemendikbud). Silahkan coba soal ini agar anda terbiasa menggunakan tombol-tombolnya. Caranya tinggal anda klik tautan berikut sesuai sengan jenjang dan  mata pelajaran yang ada. 
 Berikut contoh latihan soal Uji Kompetensi Guru  (UKG) Online yang tersedia dan bisa anda pilih:
Simulasi Soal Uji Kompetensi Guru (UKG) Online
Semua data di atas di kutip dari http://ukgonline.com . Untuk langsung ke websitenya silakan klik link tersebut. Selamat berlatih bapak/ibu guru semoga sukses!

7 Penyakit Yang Sering Muncul Saat Puasa Ramadhan

gangguan kesehatan yang datang saat puasa 
Puasa diyakini dapat meyehatkan badan namun jika kita menjalankan puasa dengan cara yang tidak sehat maka beberapa penyakit akan timbul ketika kita melaksanakan ibadah puasa ramadahn. Ingin tahu penyakit apa aja yang sering timbul ketika puasa Ramadhan simak 7 Penyakit Yang Sering Datang Saat Puasa Ramadhan berikut ini.

1. Diare dan sakit perut
Gangguan kesehatan yang kerap terjadi di minggu pertama puasa adalah diare dan sakit perut akibat penerapan pola makan yang salah. Gangguan diare dan sakit perut yang kerap dikeluhkan pada minggu pertama puasa karena salah makan saat sahur atau berbuka.
“Ada orang yang memiliki gangguan maag, tapi malah makan sahur dengan menggunakan mie instan. Padahal mie instan seharusnya tak dikonsumsi mereka yang mengalami gangguan maag. Akibatnya, siang hari perut kembung memicu muntah sehingga membatalkan puasa,” kata Dr H Ari fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, Divisi Gastroenterologi – Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSUPN Cipto Mangunkusumo, di Jakarta.
Untuk mengatasinya, disarankan mengurangi konsumssi makanan bersantan (kolak), gorengan, makanan pedas, minuman manis serta minuman dingin.

2. Tekanan darah randah
Keringat berlebihan, lemas, lesu, kurang tenaga, pusing (terutama saat bangkit dari tempat duduk), muka pucat dan serasa akan pingsan adalah gejala tekanan darah rendah.
Gejala itu umumnya muncul di sore hari. Untuk mengatasinya, tambahkan porsi minuman dan garam di malam hari dan perbanyak istirahat di sore hari. Bila tekanan darah tetap juga rendah, konsultasi dengan dokter.

3. Kepala pusing
Penyebab kepala pusing umumnya adalah kurang tidur dan rasa lapar, terutama pada hari-hari pertama puasa ketika tubuh belum beradaptasi dengan ritme puasa. Para perokok atau peminum kopi bisa merasa pusing karena tidak adanya asupan kafein dan nikotin yang biasa didapat tubuh di siang hari.
Untuk mengatasinya, kurangilah secara bertahap porsi minum kopi dan merokok selama seminggu atau dua minggu sebelum Ramadhan. Aturlah waktu tidur Anda dengan pola baru di bulan Ramadhan sehingga Anda mendapatkan cukup istirahat.

4. Kram otot
Penyebab kram otot adalah kurangnya asupan kalsium, magnesium dan potasium. Untuk mencegahnya, makanlah makanan kaya mineral tersebut seperti pisang, apel dan buah-buahan lainnya, susu, daging dan kurma.

5. Gula darah rendah
Lemah, pusing, lelah, sulit berkonsentrasi, keringat dingin, gemetar (tremor) dan kurang tenaga adalah gejala kekurangan gula darah. Bagi orang yang tidak menderita diabetes, penyebabnya adalah terlalu banyak konsumsi gula di saat sahur sehingga tubuh mengeluarkan terlalu banyak insulin yang menyebabkan gula darah anjlok.
Untuk mencegahnya, makanlah makanan yang kaya karbohidrat dan kurangi makanan dan minuman yang manis di saat sahur.

6. Sembeit
Sembelit adalah gejala sulit buang air besar yang berisiko menyebabkan ambeien atau wasir dan pendarahan pada lubang anus. Penyebab konstipasi umumnya adalah kurangnya makan makanan yang berserat dan kurang minum.
Untuk mengatasinya, makanlah makanan yang kaya serat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan serta perbanyaklah minum.

7. Perut kembung
Perut kembung disebabkan oleh makan terlalu banyak goreng-gorengan dan berlemak serta makanan yang memproduksi gas seperti telur dan kubis. Minuman karbonasi seperti coca cola juga menimbulkan gas.
Untuk mengatasinya, hindari terlalu banyak makanan berminyak, berlemak dan memproduksi gas, perbanyaklah minum air atau jus buah.

Minggu, 22 Juli 2012

5 Hal yang Bisa Dilakukan Terhadap Barang 'Peninggalan' Mantan

img
 
Putus cinta adalah fase paling tidak menyenangkan dalam menjalin sebuah hubungan asmara. Banyak wanita yang mengalaminya dan merasa sulit untuk melupakan kenangan-kenangan bersama mantan. Berbagai cara pun pasti akan dilakukan oleh mereka untuk bisa move on.

Namun, apakah yang harus dilakukan bila masih ada beberapa barang mantan yang tertinggal di rumah Anda? Haruskah Anda menemuinya lagi untuk mengembalikannya atau disimpan saja?

Mencari tahu apa yang harus dilakukan terhadap barang-barang tersebut tentu merupakan hal yang dilema. Terkadang hanya dengan melihatnya saja dapat membangkitkan kenangan Anda bersamanya. Namun, di sisi lain, Anda juga perlu move on. Berikut ini ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan, seperti dikutip dari situs All Womens Talk.

1. Dikembalikan
Pertama dan terpenting yang harus Anda lakukan adalah bertanya kepada mantan apakah dia masih mau mengambil barang-barangnya atau tidak. Ini merupakan salah satu tindakan untuk menghargainya dan menghindari dia melakukan hal yang buruk terhadap barang-barang Anda yang ada padanya.

2. Disumbangkan
Jika dia tidak menghiraukan tawaran Anda untuk mengambil kembali barang-barangnya, Anda bisa bebas melakukan apapun terhadap barang-barang tersebut. Tapi sebaiknya pilihan Anda jatuh kepada menyumbangkannya. Namun, hal ini tergantung pada barang apa yang ditinggalkannya itu.

3. Didaur Ulang
Ketika barang yang ditinggalkannya tidak mau diambil kembali, dan Anda sangat sayang untuk menyumbangkannya kepada orang lain, sebaiknya Anda mencoba mendaur-ulangnya. Hal ini untuk mengurangi rasa kangen kepada sang mantan. Dengan wujud yang baru Anda tidak akan mudah mengingat-ingatnya lagi.

4. Dijual
Jika sang mantan sudah tidak peduli lagi dengan barang-barangnya itu, mau tidak mau barang tersebut menjadi hak milik Anda. Apabila Anda tidak ingin menyimpannya, tidak ada salahnya Anda menjualnya. Cara ini juga dapat membantu Anda menghilangkan kenangan bersama mantan.

5. Disimpan
Jika masih berharap untuk kembali bersama dengan mantan, Anda bisa menyimpan barang-barangnya itu. Tetapi bukan berarti Anda melihatnya secara terus menerus. Simpanlah dalam kotak dan bukalah ketika Anda dan dia sudah kembali menjadi sepasang kekasih.

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"