Sabtu, 05 Januari 2013

Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

Pohon kurma memang paling banyak terdapat di Arab, tetapi buahnya telah dikonsumsi oleh masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Buah ini telah menjadi favorit karena rasanya yang manis dan mempunyai banyak khasiat. Kurma (Phoenix dactylifera) adalah buah yang dapat memberi manfaat bagi ibu hamil. Diantaranya adalah :
  • Bagi ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi, kurma sangat direkomendasikan, karena menurut para ahli gizi, adanya kandungan kalium dalam kurma berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Fungsi mineralnya membuat denyut jantung teratur, mengaktifkan kontraksi otot jantung dan menstabilkan tekanan darah.
  • Sumber tenaga bagi ibu hamil. Kandungan kalori yang tinggi dapat dijadikan sebagai penyumbang tenaga paling besar. Kandungan kalori dari 1 kg kurma sama dengan kandungan 1 kg daging. Namun, makanlah kurma secukupnya, karena jika terlalu banyak akan menguragi nafsu makan makanan yang lain.
  • Penelitian terbaru menyatakan bahwa kurma basah mempunyai pengaruh mengontrol laju gerak otot rahim dan menambah masa sistolenya (kontraksi jantung ketika dipompa ke pembuluh nadi). Ini disebabkan kandungan gula dan mineral dalam kurma menjadi sumber tenaga bagi otot-otot rahim dan pembuluh darah sehingga dapat melancarkan sirkulasi darah pada janin.
  • Mengecilkan rahim: di dalam kurma terdapat semacam hormon oksitosin yang berkhasiat mengecilkan pembuluh darah dalam rahim sehingga bisa membantu mengecilkan rahim usai persalinan sekaligus mencegah perdarahan pada rahim.
  • Memperlancar produksi Asi : Kandungan zat besi dan kalsium yang terdapat dalam kurma adalah pembentuk ASI yang terbaik. Dan kandungan inilah yang berperan membantu pembentukan darah dan sumsum tulang bagi bayi yang disusui.
  • Memulihkan tenaga setelah proses persalinan : di dalam kurma terdapat protein 1,8%-2%, serat 2-4%, glukosa 50-57%. Kandungan gula yang terdapat dalam kurma adalah jenis glukosa yang mudah diserap untuk tubuh sehingga aman untuk penderita diabetes.
  • Melancarkan BAB, karena tingginya kandungan serat pada buah ini, sehingga ibu hamil pun dapat memakannya untuk menjaga proses pencernaan agar tetap terjaga dengan baik untuk tetap dapat memenuhi zat gizi yang diperlukan oleh ibu dan janinnya. Kelancaran BAB juga penting setelah persalinan, karena ibu hamil yang buang air besar dengan sulit akan membuat luka setelah persalinan yang lebih lama sembuh.
Itulah manfaat kurma, selain manis rasanya, berjuta khasiatnya juga dapat dirasakan oleh mereka yang mengonsumsinya, terutama ibu hamil. Selamat mencoba Bunda. Sumber!

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Manfaat Khasiat Kunyit Untuk Kesehatan

Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan



Kita semua tahu bahwa wortel merupakan salah satu bahan sayuran yang kaya akan kandungan zat gizi. Wortel kaya akan vitamin A, vitamin K, serat, serta mineral mangan. Selain itu, wortel juga mengandung vitamin C, vitamin B5 (Asam Pantotenat), vitamin B6, vitamin B9 (Folat), serta berbagai mineral, seperti kalium, zat besi, dan tembaga. Adapun kandungan lain yang ada dalam wortel namun dalam jumlah yang sangat kecil adalah vitamin B1, D, E, kalsium, fosfor,karbohidrat dan protein. Berbagai kandungan nutrisi itulah yang membuat wortel memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan manusia. Untuk memaksimalkan manfaatnya, Kamu bisa mengonsumsi wortel dalam bentuk jus. Jus wortel sangat mudah dan cepat untuk dikonsumsi oleh tubuh.
Berikut ini berbagai manfaat jus wortel untuk kesehatan manusia:
  • Mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Manfaat jus wortel dalam mengatur gula darah di dalam tubuh disebabkan karena adanya kandungan karotenoid.
  • Menjaga kesehatan jantung. Kandungan karotenoid di dalam wortel juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Konsumsi jus wortel secara rutin akan mengurangi resiko terjadinya serangan jantung.
  • Vitamin A yang terdapat dalam bentuk beta-karoten akan memastikan penglihatan Kamu selalu dalam kondisi terbaiknya.
  • Tahukah Kamu? Banyak penelitian yang mengaitkan jus wortel dengan kanker. Wortel mengandung senyawa fitonutrient yang disebut falcarinol yang dapat membantu melindungi tubuh dari kanker usus besar atau kanker kolon.
  • Jus wortel baik untuk dikonsumsi oleh Ibu yang tengah menyusui, karena jus wortel akan meningkatkan kualitas ASI.
  • Kandungan beta-karoten yang terdapat dalam wortel akan membantu dalam pencegahan berbagai masalah kesehatan yang terkait dengan merokok.
  • Jus wortel juga bermanfaat untuk kuku, rambut dan kulit Kamu agar senantiasa sehat dan terlihat lebih baik.
  • Jus wortel akan melindungi kulit Kamu dari dampak negatif sengatan sinar matahari, karena kandungan nutrisi dalam jus wortel akan mencegah terjadinya kulit terbakar. So, jus wortel sangat cocok untuk dikonsumsi pada musim panas.
  • Minyak esensial yang terkandung dalam jus wortel akan membantu proses pencernaan di tubuh Kamu. Banyak yang mangatakan hal tersebut akan membantu Kamu dalam mencegah munculnya jerawat.
  • Konsumsi rutin jus wortel setiap harinya akan membantu dalam mengatasi masalah batuk yang berkepanjangan.
  • Kandungan zat besi dalam jus wortel akan mencegah munculnya gejala anemia.
  • Pada penderita amenore, konsumsi jus wortel akan membantu dalam mengatasinya.
  • Konsumsi jus wortel secara rutin juga akan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh Kamu, menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol dalam tubuh, mencegah munculnya berbagai gejala penuaan, serta mencegah munculnya berbagai masalah pada kesehatan pernapasan Kamu.
Mengingat begitu banyak manfaat dari jus wortel yang bisa Kamu dapatkan, so mulai dari sekarang saatnya mencanangkan gerakan minum jus wortel setiap hari. Tapi ingat, sehari hanya boleh mengonsumsi satu gelas jus wortel yang terbuat dari 8 ons wortel. Untuk bisa mendapatkan tambahan manfaat ataupun nutrisi, Kamu bisa mengkombinasikan wortel dengan berbagai jenis buah, seperti pisang, tomat, strawberry, blueberry dan lainnya. Minumlah jus wortel saat masih dalam keadaan segar, dengan begitu manfaat yang Kamu dapat akan maksimal. Sumber!

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:


10 Khasiat Buah Pisang Bagi Kesehatan



Selain menjadi favorit sebagian besar atlet, buah pisang juga memiliki khasiat bagi kesehatan serta kecantikan. Namun untuk mendapatkan manfaatnya, Anda perlu cermat memilih. Pasalnya hanya pisang yang matang saja yang dapat mengubah gula darah menjadi glukosa alami, serta cepat diabsorsi ke dalam peredaran darah.
Ciri-ciri pisang yang matang, adalah pisang yang kulitnya berwarna hijau kekuning-kuningan dengan bercak cokelat atau kuning. Semua kandungan dalam pisang matang tersebut, akan memberikan beberapa manfaat kesehatan, terutama bagi:

1. Sumber Tenaga
Pisang dapat dicerna dengan mudah, sehingga gula yang terdapat didalamnya akan diubah menjadi sumber tenaga yang baik untuk pembentukan tubuh, kerja otot dan juga sangat bagus untuk menghilangkan lelah.

2. Ibu Hamil
Wanita yang tengah hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang, karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadi cacat bawaan.

Sebuah pisang matang, akan mengandung sekitar 85-100 kalori. Sehingga dengan memakan dua pisang segar, kebutuhan asam folat yang sekitar 58 mikrogram dapat terpenuhi. Di samping itu pisang akan membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sick, sehingga pisang sangat baik untuk cemilan ibu hamil.

3. Penderita Anemia
Kandungan zat besi yang cukup tinggi pada pisang, dapat menstimulasi produksi hemoglobin dalam darah bagi penderita anemia. Dua buah pisang sehari, sangat baik untuk penderita anemia.

4. Penderita Sakit Maag
Sebagai buah yang dapat dikonsumsi langsung, pisang tak membuat iritasi atau kerusakan usus bagi penderita maag. Buah ini sering digunakan untuk melawan penyakit usus, sebab teksturnya lembut.

Pisang juga dapat menetralkan kelebihan asam lambung dan melapisi perut sehingga mampu mengurangi iritasi. Bagi yang mengalami penyakit usus atau kolik akibat asam lambung, Anda dapat mengkonsumsinya dengan di campur pada segelas susu cair.

5. Penderita Penyakit Lever
Bagi penderita lever, dua buah pisang sehari dengan tambahan satu sendok madu, akan baik untuk menambah nafsu makan dan meningkatkan kuat.

6. Penderita Luka Bakar
Khusus untuk penderita luka bakar, Anda dapat menggunakan daun pisang sebagai pengobatan. Caranya, kulit yang terbakar dioles dengan campuran abu daun pisang dan minyak kelapa. Campuran ini mampu mendinginkan kulit yang terbakar.

7. Yang Mengalami Stress
Pisang mengandung potasium, yaitu mineral vital yang membantu menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan kadar air dalam tubuh. Ketika mengalami stress, metabolisme tubuh akan meningkat drastis sehingga mengurangi kadar potasium tubuh. Dengan pisang, potasium dalam tubuh kadarnya akan seimbang.

8. Penderita Stroke
Berdasarkan riset The New England Journal of Medicine, mengkonsumsi pisang setiap hari akan menurunkan resiko kematian akibat stroke hingga 40%.

9. Mengontrol Temperatur
Di beberapa negara, pisang dipandang sebagai makanan pendingin yang dapat menurunkan temperatur fisik dan emosional ibu hamil. Di Thailand contohnya, ibu hamil mengkonsumsi pisang untuk memastikan bayi lahir dengan temperatur sejuk.

10. Meningkatkan Kekuatan Otak
Di sebuah sekolah Inggris, 200 pelajar mampu menyelesaikan ujian akhir hanya dengan sarapan pisang. Mereka juga kerap mengkonsumsi pisang saat jam istirahat serta makan siang, sebab pisang mampu meningkatkan kekuatan otak.


BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"