Kamis, 28 Juni 2012

Inilah 5 Tips Mencegah Kram Kaki

img 
 Kekakuan pada betis yang lebih dikenal dengan kram biasanya menyerang pada malam hari. Tidak hanya otot yang kaku, kram dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Tegang pada otot tersebut datang secara tiba-tiba, sehingga sering kali mengganggu aktifitas atau istirahat Anda. Simaklah langkah-langkah berikut untuk menghindari kram pada kaki, di lansir dari situs eHow.

1. Banyak Minum Air Putih
Kekurangan cairan dalam tubuh adalah sebab dari banyak penyakit, termasuk kram. Minumlah 6 – 8 gelas air putih sehari untuk menjaga kelenturan otot Anda atau mengkonsumsi makanan yang kaya akan air seperti sayuran hijau atau semangka.

2. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Sepatu High Heels
Mengenaka high heels membuat kaki cepat lelah. Jika memang harus menggunakannya, sesekali lepaskan sepatu dan lakukan peregangan agar kaki punya kesempatan untuk istirahat.

3. Konsumsi Kalsium dan Kalium
Suplemen kalsium yang banyak dipasaran dapat menjadi pilihan. Selain itu Anda bisa mencoba mengkonsumsi sayuran seperti kangkung, brokoli, serta yogurt dan susu rendah lemak untuk meningkatkan kadar kalsium dalam tubuh. Sedangkan kalium bisa Anda dapatkan dalam pisang, alpukat, ikan, unggas dan daging.

4. Olahraga Sebelum Tidur
Melakukan olahraga ringan sebelum tidur dapat merangsang sirkulasi darah, khususnya pada kaki. Berjalan kaki, bersepeda santai atau perenggangan kaki sebelum tidur dapat Anda lakukan agar tidur lebih nyenyak dan terbebas dari kram.

5. Temui Dokter
Salep pereda nyeri otot yang banyak dijual secara bebas tidak bisa meredakan rasa nyeri pada kram yang cukup parah. Buatlah janji dengan dokter untuk pengobatan yang lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"