Jumat, 29 Juni 2012

Varietas Baru Buah Berry (Elderberries) Yang Ampuh Cegah Kanker

Elderberries, Varietas Baru Buah Berry Yang Ampuh Cegah Kanker
Strawberry, blueberry dan raspberry adalah jenis buah berry yang sudah populer. Ada jenis buah berry baru yang khasiatnya tak kalah hebat. Sudah sejak lama buah ini digunakan untuk obat herbal dan harganya jauh lebih mahal.

Elderberries bentuknya bulat kecil mirip dengan leunca namun warnaya lebih pekat, ungu kehitaman. Buah musim panas ini banyak terdapat di Amerika Utara, Eropa, Asia Barat dan Afrika Utara, biasanya tumbuh di selokan pinggir jalan. Buah berwarna ungu kehitaman ini mudah dipetik namun harus hati-hati karena daunnya beracun.

Hingga saat ini masih dilakukan penelitian akan manfaatnya. Kemungkinan beberapa orang yang ingin menikmatinya harus siap membayar mahal. Karena bernutrisi ini sangat diminati oleh petani di Durham untuk dibudidayakan.

Pada awal bulan mendatang rencananya 150 petani dari tujuh negara akan berkumpul dalam lokakarya, yang diselenggarakan di Durham dan disponsori oleh University of Missouri's Center.

National Instutite of Health meminta lima universitas agar melakukan studi selama lima tahun. Mereka diminta untuk mengeksplorasi manfaat eldeberries untuk keperluan medis. Tidak hanya itu, ubi jalar, suplemen herbal dan makanan lainnya juga diteliti.

Salah satunya dilakukan oleh University of Missouri's Center for Botanical Interaction Studies. Pada penelitiannya mereka menemukan kandungan antioksidan dalam buah elderberries diketahui dapat melawan kanker prostat.

Saat ini buah elderberries banyak digunakan untuk obat herbal dan dibuat makanan khususnya di Eropa. Sekitar 40-50 persen digunakan sebagai bahan obat. Nantinya diharapkan buah ini banyak dimanfaatkan di Amerika Serikat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"