Rabu, 27 Juni 2012

Inilah 4 Asupan Agar Rambut Si Kecil Subur & Sehat

img
Bermasalah dengan rambut si kecil? Mungkin rontok atau tipisnya rambut sang buah hati cukup mengganggu pikiran Anda. Rambut anak-anak tumbuh seperempat inci setiap bulan selama 3-6 tahun. Setelah itu, rambut akan bermasalah.

Berbagai faktor dapat mempengaruhi pertumbuhan mereka. Untuk meningkatkan pertumbuhan rambut anak Anda, berikut empat asupan yang akan menyuburkan serta membuat rambut si kecil menjadi lebih sehat yang dikutip dari Bold Sky.

1. Vitamin
Pertumbuhan rambut anak dipengaruhi oleh kandungan vitamin dalam makanan yang dikonsumsi oleh anak. Ganti makanan jenis junk food dengan makanan dan minuman yang mengandung vitamin A dan C, seperti roti gandum, jus, sayuran hijau, dan buah-buahan.

2. Protein
Berikan telur untuk sarapan karena telur mengandung asam amino dan L-cysteine yang meningkatkan pertumbuhan akar rambut baru. Tambahkan pula daging, ikan, susu, dan kacang-kacangan yang banyak kandungan protein untuk menyehatkan pertumbuhan kelenjar kulit kepala anak Anda.

3. Asam Lemak Omega-3
Anda harus memberikan si kecil makanan yang banyak mengandung asam lemak omega-3. Gantikan lemak jenuh dengan asam lemak yang sehat. Makanan yang mengandung asam lemak omega-3, seperti ikan, salmon, hingga almond.

4. Zinc dan Zat Besi
Asupan zinc dan zat besi baik untuk kesehatan rambut anak Anda. Zinc dan zat besi terdapat dalam sayuran hijau. Namun, kebanyakan anak tidak suka mengonsumsi sayuran. Agar si kecil tetap mendapat asupan ini, sebaiknya Anda tetap memasukkan sayuran ke dalam menu mereka supaya sang buah hati terbiasa. Anda juga bisa tambahkan dengan suplemen yang bernutrisi.

Selain asupan yang diperhatikan, Anda juga perlu menjaga kulit kepala anak agar tetap bersih. Cuci rambut anak dengan shampo khusus anak serta tidak lupa membaluri vitamin rambut sebelum dan setelah mencucinya. Kemudian, keringkan dengan handuk. Jangan menggunakan hair dryer atau menggosoknya secara kasar. Lebih baik biarkan rambut kering secara alami.

Ajarkan anak Anda teknik yang tepat untuk menyisir rambut mereka. Gunakan sisir dengan 'gigi' yang lebar atau berkuas. Pilih bulu sikat yang besar untuk anak-anak. Di samping itu, konsumsi air atau cairan yang cukup bisa memperkuat akar rambut dan meningkatkan sirkulasi darah ke otak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"