Selasa, 08 Mei 2012

Burung-Burung Cendrawasih Tercantik dan Terindah Di Dunia

Halo pembaca yang budiman, tulisan kali ini akan membahas tentang burung-burung cendrawasih tercantik dan terindah di dunia.Sudah pasti kita sering melihat beberapa orang rela mengeluarkan uang yang sangat mahal hanya demi membeli seekor burung. Tentu hal itu didasarkan karena hobi dan senang saat merawat burung. Nah di bawah ini adalah beberapa burung cendrawasih yang memiliki keindahan sangat menawan.

Saat kita melihat burung yang indah tentu kita tertarik untuk memilikinya, namun ada beberapa burung yang tida boleh sembarangan dimiliki karena mengingat populasi dari burung tersebut sudah sangat sedikit. Untuk lebih menariknya, simaklah burung-burung cendrawasih tercantik dan terindah di dunia di bawah ini :

1. Red bird of paradise (Paradisaea rubra)


Dalam bahasa Indonesianya burung ini bernama Cendrawasih Merah, burung ini memiliki panjang 33 cm dan bulu-bulu hiasannya yang berwarna merah darah dengan ujung berwarna putih pada bagian sisi perutnya. Burung ini memiliki Bulu muka berwarna hijau zamrud gelap dan diekornya terdapat dua buah tali yang panjang berbentuk pilin ganda berwarna hitam. Biasanya burung betina memiliki ukuran lebih kecil dari pada burung jantan. Ciri-ciri muka dari burung ini memiliki warna coklat tua dan tidak mempunyai bulu hiasan. Dan burung cendrawasih ini hanya terdapat di hutan dataran rendah pulau Waigeo dan Batanta kabupaten Raja Ampat, Irian Jaya.

2. Lawes’s Parotia (Parotia Lawesii)


Burung Cendrawasih ini memiliki panjang hingga 27 cm, berwarna hitam dengan kening putih, tengkuk biru, dan emas pada bulu dada hijau. Burung ini juga dihiasi dengan tiga kawat hias kepala dari belakang setiap mata dan memanjang mengapit bulu yang berwarna hitam. Sedangkan pada burung betinanya berwarna coklat dengan kepala burung gelap, iris kuning, dan gelap.

3. King of Saxony bird of paradise (Pteridophora alberti)


Burung ini memiliki panjang sekitar 22 cm dan merupakan sejenis burung pengicau berukuran kecil. Pada burung jantannya, memiliki bulu berwarna hitam dan kuning tua, dikepalanya terdapat dua helai bulu kawat bersisik biru langit mengilap seperti panji yang panjangnya bisa mencapai 40 cm dan dapat ditegakkan pada waktu ia memikat betina. Bulu mantel dan punggung tumbuh memanjang berbentuk tudung berwarna hitam. Iris mata berwarna coklat tua, kaki berwarna abu-abu kecoklatan dan paruh berwarna hitam dengan bagian dalam mulut berwarna hijau laut. Sedangkan pada burung betina memiliki warna abu-abu kecoklatan dengan garis-garis dan bintik gelap. Burung betina berukuran lebih kecil dari pada burung jantan, burung betina juga tidak dihiasi mantel atau bulu kawat hiasan. Burung ini terdapat di hutan pegunungan Pulau Irian.

4. Wilson’s Bird of Paradise (Cicinnurus respublica)


Burung ini memiliki ukuran yang lumayan kecil sekitar 21 cm. Pada burung jantan memiliki warna merah dan hitam dengan jubah kuning di leher, mulut hijau muda, kaki biru dan dua bulu ekor berwarna ungu yang melengkung. Sedangkan pada burung betina memiliki warna kecoklatan dengan mahkota biru. Burung ini terdapat di daerah perbukitan dan hutan hujan dataran rendah Kepulauan Walgeo dan Batanta, Papua Barat.

5. Princess Stephanie’s Astrapia (Astrapia stephaniae)


Burug ini memiliki ukuran sekitar 37 cm. Pada burung jantan memiliki warna hitam dengan warna-warni kepala biru-hijau dan ungu, disamping itu memiliki bulu ekor panjang hitam keungunan. Sedangkan pada burung betinanya memiliki warna coklat gelap dengan kepala hitam kebiruan. Burung ini terdapat di Pegunungan Pusat dan Timur Papua Nugini.

6. Lesser bird of paradise (Paradisaea minor)


Burung ini memiliki ukuran sekitar 32 cm. Burung ini memiliki warna merah-coklat dengan mahkota kuning dan punggung atas kuning kecoklatan. Pada burung jantan memiliki tenggorokan berwarna zamrud-hijau tua, sepasang ekor panjang dan dihiasi dengan bulu hiasan sayap yang berwarna kuning di daerah pangkal berwarna putih di daerah luarnya. Sedangkan pada burung betina ukurannya lebih kecil dan memiliki kepala berwarna coklat tua, dada berwarna putih dan tanpa dihiasi bulu-bulu hiasan. Burung ini terdapat di seluruh hutan bagian utara Papua Nugini, dan pulau-pulau di dekat Misool dan Yapen.

7. Raggiana bird of paradise (Paradisaea Raggiana)


Burung ini memiliki ukuran sekitar 34 cm. Pada burung jantan memiliki mahkota kuning, tenggorokan zamrud-hijau tua dan kerah kuning di antara tenggorokan. Warna bulu sayap bervariasi dari merah ke jingga tergantung subspesies. Sedangkan pada burung betinanya memiliki ukuran lebih kecil dengan muka berwarna coklat dan tidak punya bulu-bulu hiasan.

8. Astrapia Ribbon-tailed (Astrapia mayeri)


Burung ini memiliki ukran sekitar 32 cm dan ekornya bisa mencapai 1 meter. Burung ini memiliki bulu ekor terpanjang dalam kaitannya dengan ukuran tubuh, panjangnya mencapai lebih dari tiga kali panjang tubuhnya. Pada burung jantan memiliki warna hitam dan hijau zaitun sedangkan burung betina berwana coklat. Burung jantan memilki ekor panjang berbentuk pita berwarna putih. Burung ini terdapat di bagian tengah Pulau Irian.

9. Blue bird of paradise (Paradisaea rudolphi)


Burung ini memiliki ukuran sekitar 30 cm, berwarna hitam, iris warna coklat gelap, kaki abu-abu. Pada burung jantan memiliki hiasan berupa bulu sayap dengan dominasi warna ungu biru. Burung ini terdapat di pegunungan tenggara Papua Nugini.

10. Riflebird Paradise (Ptiloris paradiseus)


Burung ini memiliki ukuran sekitar 30 cm dengan burung jantan berwarna hitam dengan warna-warni mahkota biru kehijauan, kaki hitam, iris coklat gelap dan mulut kuning. Pada burung betinanya memiliki warna coklat zaitun. Pada burung jantan dapat mengembangkan sayapnya dan memamerkannya seraya bergerak ke kanan dan ke kiri di hadapan burung betina untuk memikat mereka. Burung ini terdapat di Australia timur, Riflebird juga tersebar di hutan hujan di New South Wales dan pusat Queensland.

Itulah berita aneh tapi nyata tentang burung-burung cendrawasih tercantik dan terindah di dunia. Sangat cantik bukan burung-burung di atas tersebut, itulah sebab kenapa banyak orang yang ingin memilki burung cendrawasih. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda bahwa betapa indahnya dunia ini.
 
Sumber : http://ngikutonline.blogspot.com/2012/02/burung-burung-cendrawasih-tercantik-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"