Rabu, 09 Mei 2012

9 PENEMUAN BESAR YANG MERUGIKAN MANUSIA

Berikut adalah 9 daftar penemuan yang tadinya tujuannya berguna tapi praktiknya malah menyengsarakan umat manusia.

9. Zyklon B

Fritz Haber merupakan ilmuwan Yahudi pemenang hadiah Nobel yg membuat pupuk nitrogen yg murah dan jg membuat senjata kimia untuk Jerman pada Perang Dunia I. Adalah insektisida yg merupakan hasil karyanya yg banyak digunakan pada toko2 bahan makanan yg bertanggung jawab atas kematian sekitar 1,2 juta orang. Zyklon B-nya menjadi metode eksekusi gas yg lebih disukai di kamar2 gas selama Holocaust.

8. Agent Orange

Arthur Galston membuat zat kimia yg dapat mempercepat pertumbuhan kacang kedelai dan membuat tanaman tersebut dapat tumbuh di daerah yg memiliki musim2 pendek. Namun konsentrasi yg tinggi justru dapat membuat tanaman tersebut gundul. Konsentrasi zat kimia yg tinggi ini akhirnya dibuat sebagai herbisida walaupun si Galston uda memaparkan efek buruknya bagi manusia. Kemudian zat2 ini disuplai ke pemerintahan USA di dalam tong2 berstrip2 warna oranye dan 77 juta liter zat ini (kemudian disebut agent orange) disebarkan di Vietnam dan menyebabkan 400.000 kematian dan cacat dengan 500.000 kelainan pada kelahiran bayi. Buset....

7. Gatling Gun

Richard Jordan Gatling menemukan Gatling gun setelah ia menyadari bahwa kematian di Perang Sipil Amerika justru disebabkan oleh penyakit, bukan oleh peluru. Di tahun 1877, ia menulis: "Jika saya dapat membuat sebuah mesin - sebuah senjata - yg dengan kecepatannya dalam menembak, membuat seorang prajurit saja dapat melakukan peperangan seperti ratusan prajurit, maka saya dapat menggantikan keperluan akan prajurit yg banyak, dan konsekuensinya, peperangan dan penyakit akan berkurang banyak juga." Gatling gun ini malah sukses digunakan untuk memperluas kekuasaan kerajaan kolonial Eropa yg dengan bengisnya memberantas penduduk asli yg hanya memiliki senjata tradisional.

6. TNT

Tau TNT? Joseph Wilbrand merupakan ahli kimia Jerman yg menemukannya di tahun 1863 untuk bahan celupan warna kuning. TNT merupakan singkatan dari TriNiTroluene (doh rumus kimianya lupa gua, hahaha). Namun pada tahun 1902, kekuatan sebenarnya dari TNT ketahuan dan akhirnya TNT digunakan sebagai bahan peledak yg banyak dipake di Perang Dunia I dan II. Sampe sekarang TNT masih dipake untuk keperluan militer. Ckckckck.

5. Leaded Petrol

Ini dia penyebab rusaknya ozon kita. Thomas Midgley menemukan bahwa CFC merupakan bahan pendingin yg lebih aman daripada bahan pendingin beracun lainnya seperti ammonia. Tapi nyatanya malah merusak ozon. Idenya yg terkenal lagi adalah menambahkan tetrahedryl lead (timbal tetrahedral) ke dalam bensin. Tapi nyatanya, ia justru menambah daftar panjang dosanya dengan menyebabkan orang2 keracunan timbal. Ia dijuluki sebagai seorang lelaki yg "memiliki dampak yg lbh besar pada atmosfer dibanding satu organisme tunggal mana pun dalam sejarah dunia."

4. Sarin Gas

Dr. Gerhard Schrader merupakan ahli kimia Jerman yg terspesialisasi dalam menemukan insektisida baru. Namun ia pernah menghasilkan penemuan yg "cacat" seperti sarin dan tabun, yg terkenal sbg nerve agent (ada yg tau maksudnya "agent" di sini apa?)

3. Nuclear Fusion

Sir Marcus Laurence Elwin Oliphant merupakan orang pertama yg menemukan bahwa inti hidrogen berat dapat direaksikan satu sama lain. Reaksi fusi ini merupakan dasar dari bom hidrogen.

2. Rockets

Roket tadinya dirancang untuk dapat membawa objek ke luar angkasa. Namun, tujuan ini berubah. Wernher von Braun merupakan ilmuwan yg membuat roket Nazi V2 yg telah membunuh 7.250 prajurit militer dan orang sipil serta 20.000 budak pekerja selama masa pembuatannya. Kemudian USA mengembangkan roket2 ICBM yg dapat membawa banyak hulu ledak nuklir. Dan akhirnya diciptakanlah roket Saturn V yg (katanya) berhasil membawa manusia ke bulan.


1. Ecstasy

Anton Köllisch mengembangkan 3,4-methylenedioxymethamphetamine (duh namanya panjang bener) sebagai obat untuk meredam pendarahan abnormal. Penemuan ini diabaikan selama 70 tahun sampai menjadi terkenal di club2 dance di awal 80an. Akhirnya zat ini menjadi empat besar obat ilegal yg telah membunuh sekitar 50 orang per tahun di UK. Anton Köllisch sendiri meninggal dalam Perang Dunia I.
Sumber : http://ekaboymaster.blogspot.com/2012/04/penemuan-besar-yang-merugikan-manusia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"