Kamis, 10 Mei 2012

Kebun Binatang Terbesar di Dunia

Kebun binatang (sering disingkat bonbin, dari kebon binatang) atau taman margasatwa adalah tempat hewan dipelihara dalam lingkungan buatan, dan dipertunjukkan kepada publik. Selain sebagai tempat rekreasi, kebun binatang berfungsi sebagai tempat pendidikan dan riset, dan tempat konservasi untuk satwa terancam punah. Binatang yang dipelihara di kebun binatang sebagian besar adalah hewan yang hidup di darat, sedangkan satwa air dipelihara di akuarium.

Kebun binatang yang memungkinkan pengunjung masuk dengan mobil atau bus disebut taman safari. Binatang dilepas di kawasan luas dan terbuka, serta tidak dikurung di kandang-kandang sempit, melainkan dibatasi dengan pagar atau parit. Kebun binatang sering dilengkapi dengan kebun binatang anak untuk mempertontonkan hewan ternak atau spesies satwa liar yang belum dewasa dan jinak untuk dipegang-pegang atau diberi makan, termasuk oleh anak-anak.  Anak-anak biasanya suka diajak ke kebun binatang. Tapi jika Anda ingin membawanya ke kebun binatang yang lebih besar, bisa pergi ke 8 tempat berikut ini seperti yang di kutip dari laman touropia.com :

1. Henry Dorly Zoo
File:Henry Doorly Zoo.jpg
Henry Doorly Zoo adalah rumah bagi sekitar 17.000 hewan dari 962 spesies yang terletak di Omaha, Amerika Serikat. Areanya mencakup lebih dari 53 hektar dan Inilah salah satu alasan yang membuatnya menjadi kebun binatang terbesar di dunia.

Henry Doorly Zoo memiliki kompleks kucing terbesar di Amerika Utara, rawa indoor terbesar di dunia, padang pasir indoor terbesar di dunia hingga kubah geodesik kaca terbesar di dunia.

2. Berlin Zoological Garden

Bukan hanya terbesar, Berlin Zoological Garden pun dikenal sebagai kebun binatang tertua sekaligus terbaik di Jerman. Kebun binatang ini dibuka pada tahun 1844 di Kota Berlin Tiergarten.

Lebih dari 1.500 spesies binatang menempati kebun seluas 34 hektar ini Dua binatang terkenal di Berlin Zoological Garden adalah panda raksasa Bao Bao dan beruang kutub Knut yang meninggal pada Maret 2011 tanpa sebab.

3. Beijing Zoo

Dibuat pada pemerintahan Dinasti Qing tahun 1906. Kebun Binatang Beijing (Beijing Zoo) merupakan salah satu tempat koleksi hewan terbesar di China. Total hewan di tempat ini sekitar 14.500 dari 450 spesies hewan darat dan lebih dari 500 spesies hewan laut.

Beijing Zoo menempati area seluas 89 hektar. Satu-satunya hewan yang paling menonjol dan paling populer di tempat ini adalah pandak raksasa

4. Bronx Zoo

Bronx Zoo dibuka pada 1899. Kebun binatang di New York City ini menjadi kebun binatang metropolitan terbesar di Amerika Serikat, lantaran beridri di lahan seluas 107 hektar.

Lebih dari 4.000 hewan dari 650 spesies menghuni tempat ini. Namun sayangnya, hewan-hewan di Bronx Zoo banyak yang terancam. Beberapa koleksi yang dominan di sini adalah jenis reptil dan burung.

5. Toronto Zoo
 
Letaknya di Toronto dan areanya mencakup 287 hektar. Toronto Zoo adalah kebun binatang terbesar di Kanada yang mewakili lebih dari 491 spesies hewan. Lebih dari 16.000 hewan berasal dari wilayah Indo-Malaya, Afrika, Amerika, Tundra Trek, Australia, Eurasia dan Kanada.

6. San Diego Zoo
 
8 Kebun Binatang Terbesar di Dunia













Salah satu kebun binatang paling terkenal di dunia ada di San Diego. Lebih dari 4.000 hewan dari lebih dari 800 spesies berada di San Diego Zoo. Luas kebun ini sekitar 40 hektar.

7. Moscow Zoo

Moskow Zoo mulai terbuka untuk umum pada tahun 1864. Ini adalah salah satu kebun binatang tertua di Eropa dan terbesar di Rusia. Moskow Zoo memiliki lebih dari 6000 hewan dan menempati lahan seluas sekitar 21,5 hektar.

8. Columbus Zoo dan Akuarium

Tidak hanya dikenal sebagai kebun binatang terbesar (37 hektar), tempat rekreasi di utara Columbus, Ohio ini juga memiliki akuarium yang layak dipertontonkan. Columbus Zoo dan Akuarium adalah rumah bagi lebih dari 5.000 hewan untuk lebih dari 700 spesies. (*/X-13)
Sumber : 
http://www.mediaindonesia.com/mediatravelista/index.php/read/2012/03/16/3709/2/8-Kebun-Binatang-Terbesar-di-Dunia
http://id.wikipedia.org/wiki/Kebun_binatang

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"