Jumat, 11 Mei 2012

10 Masjid Terbesar di Dunia

Inilah 10 Masjid Terbesar di Dunia, untuk saat ini :
1. Masjidil Haram – Mekkah
Masjidil Haram di Mekah ini merupakan masjid terbesar di seluruh dunia dimana di tengahnya terdapat bangunan Ka’bah yang menjadi pusat arah (kiblat) shalat seluruh umat Islam di dunia. Memiliki luas 4.008.020 meter persegi (990,40 hektar) dan mampu menampung lebih dari 4 juta jemaah baik di dalam ruangan maupun di luar. Masjid yang tidak pernah sepi dan setiap saat selama 24 jam selalu ada umat yang beribadah, baik shalat maupun melakukan tawaf (berjalan mengitari Ka’bah). Masjidil Haram paling ramai dikunjungi umat Islam dari seluruh dunia saat puncak ritual ibadah haji setiap tahunnya

2. Masjid Al-Nabawi – Madinah
Masjid Nabawi di Madinah Arab Saudi 15 MASJID TERBESAR DI DUNIA
Semua umat Islam di dunia pasti kenal Masjid ini, kerana Masjid Nabawi merupakan salah satu masjid utama bagi muslim selain Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Aqsa di Baitulmuqaddis. Merupakan tempat peristirahatan terakhir dari Nabi Muhammad SAW. Setiap umat Islam yang menjalankan ritual ibadah haji juga dipastikan akan melawat masjid terbesar ke-2 di Saudi Arabia bahkan di dunia ini.

3. Masjid Imam Reza Shrine – Mashad, Iran
Imam Reza Shrine di Masyhad, Iran adalah sebuah kompleks yang berisi makam Imam Ridha, Imam kedelapan Syi’ah Imamiyah dan dikenal sebagai masjid terbesar ketiga di dunia. Juga terdapat dalam kompleks Masjid meliputi: Masjid Goharshad, museum, perpustakaan, empat seminari, kuburan, Universitas Islam Razavi Ilmu, sebuah ruang makan untuk peziarah, dan bangunan lainnya.

4 Masjid Istiqlal – Jakarta, Indonesia
Inilah Masjid kebanggan Indonesia yang ada di Ibukota Negara Indonesia Jakarta. Masjid yang dibina di era orde lama saat pemerintahan Presiden Soekarno ini hingga kini masih menyandang sebagai Masjid Terbesar di Asia Tenggara, walau banyak masjid-masjid baru bermunculan dan megah namun secara keseluruhan belum bisa menandingi kebesaran Masjid Istiqlal ini . Istiqlal yang berarti kemerdekaan merupakan anugerah atas kemerdekaan yang diraih Indonesia melepaskan diri dari belenggu penjajahan.

5. Masjid Hasan II – Pastor Paroki
Masjid Hassan II di Casablanca 15 MASJID TERBESAR DI DUNIA
Masjid yang berada di Casablanca ini direka oleh arkitek dari Perancis Michel Pinseau dengan memiliki menara masjid tertinggi di dunia lebih dari 200 meter, menghadap langsung ke Samudera Atlantik.

6. Masjid Faisal – Islamabad, Pakistan
Masjid Faisal di Islamabad Pakistan 15 MASJID TERBESAR DI DUNIA
Masjid Faisal ini saat ini merupakan masjid terbesar di Asia Selatan dan sebelum Masjidil Haram di Mekah diubahsuai. Masjid ini pernah menyandang predikat menjadi Masjid Terbesar di dunia tempoh 1986-1993. Masjid yang menjadi masjid kebangsaan Pakistan ini mempunyai kapasiti 300 ribuan jemaah.

7. Badhshahi Masjid – Lahore, Pakistan
Masjid Badshahi di Lahoredi Pakistan 15 MASJID TERBESAR DI DUNIA
Juga dikenali dengan nama lain Masjid Sultan, Masjid ini pernah menjadi Masjid terbesar di Asia Selatan dan mempunyai kapasiti sehingga 100 ribuan lebih umat berada tepat di tengah bandar Lahore Pakistan.

8. Masjid Sheikh Zayed – Abu Dhabi, UAE
Masjid Sheikh Zayed di Uni Emirat Arab 15 MASJID TERBESAR DI DUNIA
Nama Masjid ini diambil dari nama Presiden pertama Uni Emirat Arab Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan dan mulai digunakan oleh umat tahun 2007. Makam Sheikh Zayed pun terdapat masih dalam area Masjid terbesar di UEA tersebut.

9. Masjid Jama / Jami “- Delhi, India
Masjid Jami Dehli India 15 MASJID TERBESAR DI DUNIA
Masjid yang berada di kota lama India Delhi ini termasuk sebuah masjid yang berumur tua, Masjid yang pembangunannya di Mulakan oleh pembuat Taj Mahal Maharaja Mughal Shah Jahan dibina pada tahun 1656 Masihi. Puluhan ribu jemaah setiap Solat Jumaat selalu memenuhi seluruh ruang dalam bahkan keluar masjid.

10. Masjid Baitul Mukarram – Dhaka, Bangladesh

Masjid ini berada tepat di jantung ibukota Bangladesh Dhakka, masjid yang selalu penuh sesak terutama saat solat utama dan di bulan suci Ramadhan, masjid ini dibina sekitar tahun 1960-an dengan kapasiti semula 30 ribuan umat, namun dalam perkembangannya ditambah menjadi 40 ribuan umat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"