Sabtu, 10 November 2012

Tips agar Berhenti Mendengkur Saat Tidur

img 
 Menurut penelitian, 45 persen orang dewasa mendengkur ketika tidur. Menurut spesialis yang menangani masalah mendengkur Daniel P. Slaughter, masalah tersebut dapat mengganggu sistem pernafasan selama tidur dan dapat meningkatkan penyebab penyakit jantung.

Bahkan Slaughter mengatakan, mendengkur juga dapat menimbulkan masalah dalam pernikahan. Tentu saja itu bisa terjadi karena pasangan bisa merasa terganggu. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi mendengkur? Berikut tips yang mungkin dapat membantu Anda seperti dirangkum dari Web MD.

1. Mengubah Posisi Tidur

Tidur dengan posisi telentang membuat lidah dan langit-langit mulut bergerak ke dinding belakang tenggorokan sehingga menyebabkan bunyi dengkuran saat tidur. Untuk mencegahnya, Slaughter menyarankan agar Anda mengubah posisi tidur menjadi miring dan dapat dibantu dengan bantal yang panjangnya mencakup seluruh tubuh Anda.

Menurut ahli pengobatan masalah tidur Sudhansu Chokroverty, bola tenis yang ditaruh di belakang baju tidur Anda juga dapat membantu Anda agar tidak tidur telentang. Alternatif kedua adalah dengan mencoba tidur berbaring dengan posisi kepala ke atas (dagu diangkat). Cara tersebut dapat membuka jalan pernafasan dengan baik, namun posisi ini dapat menimbulkan rasa sakit di leher. Jika cara-cara tersebut tidak dapat membantu, konsultasikanlah kepada dokter.

2. Kurangi Berat Badan

Jika Anda mengalami kenaikan berat badan dan mulai mendengkur padahal sebelumnya tidak, mungkin itulah yang menyebabkan Anda mendengkur. Mengurangi berat badan menjadi solusi yang tepat. Menurut Slaughter, kenaikan berat badan terutama di sekitar area leher membuat diameter tenggorokan jadi menyempit sehingga menimbulkan bunyi saat tidur.

3. Hindari Alkohol

Alkohol dan obat penenang dapat mengurangi kerja otot bagian belakang tenggorokan secara optimal sehingga menyebabkan seseorang mendengkur. Menurut Chokroverty, meminum alkohol empat atau lima jam sebelum tidur membuat dengkuran menjadi lebih keras dan orang yang biasanya tidak mendengkur akan mendengkur setelah meminum alkohol.

4. Cukup Tidur

Bekerja dalam waktu lama dan tidur dalam waktu yang singkat membuat Anda merasa kelelahan saat tidur dan akhirnya memicu mendengkur. Menurut Slaughter, saat Anda terlelap dengan rasa lelah, otot tubuh tidak bekerja secara baik sehingga menyebabkan dengkuran.

5. Mandi Hangat
Jika hidung tersumbat karena hawa dingin ataupun sedang flu, pergantian udara yang bergerak cepat dapat memicu dengkuran. Untuk mengatasinya, mandilah dengan air panas sebelum tidur dan bersihkanlah hidung.

6. Mengganti Sarung Bantal

Alergi yang diakibatkan debu dan kotoran yang menempel di bantal dapat menyebabkan Anda mendengkur. Untuk itu, jagalah kebersihan bantal Anda dengan sering mengganti sarung bantal dan mencucinya secara rutin.

7. Banyak Minum

Menurut Slaughter, sekresi yang terjadi dalam hidung jadi mengental jika Anda kekurangan cairan tubuh dan bisa berakibat mendengkur. Menurut Institute of Medicine, wanita yang sehat harus meminum 11 gelas air per hari sedangkan pria disarankan meminum 16 gelas air per hari.Sumber!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"