Sabtu, 10 November 2012

7 Cara Unik yang Bisa Atasi Flu dan Batuk


 img
Memasuki musim hujan, tak heran jika penyakit flu jadi lebih sering dialami. Banyak orang ang mengatasinya dengan meminum obat antibiotik atau obat-obatan lainnya. Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa cara lain yang cukup unik tetapi bisa bantu atasai flu.

Berikut adalah 7 cara unik mengatasi penyakit flu dan batuk seperti dilansir dari Best Health.
img
1. Mendengar Musik Jazz
Penelitian menemukan bahwa mendengarkan musik jazz selama 30 menit meningkatkan Immunoglobulin A (IgA) yang merupakan protein kekebalan tubuh untuk melindungi tubuh dari infeksi. Menurut dokter naturopati Jean-Jacques Dugoua, IgA bertempat di mukosa yang merupakan pembatas hidung, mulut, tenggorokan, dan daerah tubuh lainnya dan berfungsi sebagai antibodi yang mencegah virus.
img
2. Memakai Kaus Kaki Basah
Walaupun terdengar aneh, namun menurut dokter Leslie Solomonian memakai kaus kaki basah saat tidur dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Cara untuk melakukannya adalah rendam kaus kaki dalam air dingin, lalu pakailah pada kedua kaki Anda dan lapisi lagi dengan kaus kaki berbahan wol yang hangat. Menurut Dr. Solomonian, kaus kaki dingin menstimulasi sirkulasi tubuh ke kaki, menghilangkan rasa tersumbat dari kepala, dan mengatur respon kekebalan tubuh.
img
3. Olahraga Ringan
Menurut Dr. Dugoua, latihan ringan dapat menghasilkan efek anti-inflamasi (dapat menghilangkan radang yang bukan disebabkan oleh infeksi) dan kemudian mengurangi resiko dari infeksi. Latihan ringan juga dapat meningkatkan suhu tubuh yang berfungsi untuk meningkatkan respon kekebalan tubuh. Jika Anda malas berolah raga, minumlah teh yang dapat menghasilkan keringat seperti teh peppermint, yarrow, atau catnip yang sama-sama berfungsi untuk menaikkan suhu tubuh.
img
4. Konsumsi Cokelat
Cokelat mengandung theobromine, yaitu komponen yang menekan aktivitas saraf yang menimbulkan batuk. Namun kandungan gula dapat melemahkan kekebalan tubuh, oleh karena itu konsumsilah dark chocolate yang tidak mengandung gula. Jika Anda kurang menyukai rasa cokelat yang pahit, Anda dapat menambahkan madu.
img

5. Bawang Bombay
Bawang bombay dapat mencegah flu karena bersifat antimikroba, terutama dalam kondisi masih mentah. Selain itu, bawang bombay juga mengandung banyak sulfur yang membantu fungsi kekebalan tubuh dan detoksifikasi. Konsumsilah bawang bombay mentah dengan obat batuk berbentuk sirup atau masaklah bawang bombay dalam kaldu ayam atau sayuran.
 
6. Konsumsi Tiram
Tiram kaya akan mineral zinc, yang berperan dalam mengatur fungsi sel darah putih yang dapat melawan virus dan bakteri. Menurut Dr. Dugoua, tiram adalah sumber zinc terbaik. Jika Anda adalah seorang vegetarian, Anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung gandum, kacang-kacangan, atau suplemen.
img
7. Segelas Air Kelapa
Saat sedang flu dan demam tubuh kehilangan banyak cairan, untuk itu cairan tubuh harus digantikan kembali dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung elektrolit. Menurut Dr. Dugoua, air kelapa adalah sumber elektrolit yang baik. Selain air kelapa, elektrolit juga bisa didapatkan dari garam, dan pisang.(wolipop.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"