Rabu, 07 November 2012

5 Waktu Yang Rentan Terkena Serangan Jantung

Serangan jantung memang bisa menyeraang kapan saja, serangan jantung yang datang tiba tiba bisa membuat kematian si penderitanya sehingga bagi kamu yang memiliki penyakit jantung sebaiknya mengetahui waktu waktu beresiko yang bisa mengakibatkan serangan jantung terjad. Nah berikut ini ada beberapa waktu yang rentan bisa terkena serangan jantung yang harus kamu waspadai agar tidak terkena serangan jantung yang bisa mengancam nyawa kamu. Penasaran waktu kapan saja itu  ? Simak 5 Waktu Yang Rentan Terkena Serangan Jantung berikut ini.

1. Dini hari menjelang pagi

Para peneliti di Harvard memperkirakan bahwa risiko serangan jantung akan meningkat sebesar 40 persen di pagi hari. Hal ini terjadi karena, ketika seseorang terbangun di pagi hari, tubuh mengeluarkan hormon stres, adrenalin dan lainnya yang diikuti oleh permintaan oksigen yang lebih banyak dan tekanan darah meningkat.

Darah yang mengalir di pagi hari lebih kental karena tubuh mengalami dehidrasi dan jantung perlu berusaha memompa darah lebih keras.

Sehingga orang yang berisiko terhadap penyakit jantung harus mewaspadai waktu yang memungkinkan serangan jantung yaitu ketika bangun tidur di pagi hari.

Kurangi risiko serangan jantung dengan membangun rutinitas tidur yang cukup dan bangunlah secara perlahan-lahan. Lakukan olahraga ringan setelah bangun tidur agar jantung tidak stres dan meningkatkan risiko serangan.

2. Usai makan berlemak

Makan makanan yang tidak sehat memiliki dampak langsung pada kesehatan jantung. Studi menunjukkan bahwa makanan yang tinggi lemak atau tinggi karbohidrat dapat menyempitkan pembuluh darah, membuat darah lebih rentan menggumpal.

Pilihlah makanan yang mengandung gizi seimbang dan hindari makan dalam porsi yang besar untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Saat berpidato

Beberapa orang yang tidak terbiasa berbicara di depan umum akan mengalami kegugupan yang ekstrim dan dapat menaikkan tekanan darah, denyut jantung, dan tingkat adrenalin.

Untuk mengatasi efek ini, beberapa orang perlu mengambil betablocker sebelum berbicara di depan umum atau melakukan sesuatu yang membuat terlalu cemas.

4. Usai atau sedang olahraga berat

Penyakit jantung juga dapat menyerang ketika seseorang sedang berolahraga dengan intensitas yang berat. Hal ini terjadi karena tubuh belum terbiasa dengan jenis olahraga tersebut dan meningkatnya stres hormon yang menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dan tekanan darah meningkat.

Olahraga teratur memang bermanfaat melindungi jantung, tetapi jangan berolahraga terlalu keras dan tingkatkan intensitas olahraga secara bertahap.

5. Awal pekan bekerja

Para peneliti menunjukkan bahwa sebanyak 20 persen kasus serangan jantung terjadi pada hari Senin di pagi hari. Alasannya karena seseorang terlalu stres untuk kembali bekerja setelah menghabiskan waktu bersantai selama akhir pekan.

Cara yang tepat untuk melindungi diri dari risiko serangan jantung di awal pekan adalah dengan bersantai di hari Minggu. Tetapi jangan tidur terlalu lama ketika akhir pekan agar tidak merusak jam tidur alami tubuh karena dapat meningkatkan tekanan darah.Sumber!.



Baca juga artikel menarik lainnya:

 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"