Rabu, 07 November 2012

Bram Stoker: Penulis Novel Dracula di Logo Google Tanggal 8 Oktober 2012

Abraham Bram Stoker merupakan seorang novelis dan penulis asal Irlandia. Karya Bram Stoker yang paling dikenal yaitu Novel bertema horror berjudul Dracula yang sekaligus menjadi tema logo Google hari ini dalam rangka memperingati 165 tahun kelahiran sang novelis.

Novel Dracula yang dirilis pada tahun 1897 mempopulerkan kisah perpindahan bangsa Drakula dari Transylvania ke Inggris. Yang kemudian berperang dengan sekelompok manusia yang dipimpin oleh Profesor Abraham Van Helsing.
Meskipun Bram Stoker bukan pencipta karakter vampir, namun beliau berhasil menggambarkan vampir dalam kehidupan modern. Novel Dracula pun banyak dijadikan acuan dalam dunia teater dan perfilm-an modern.
Novel Dracula berkisah tentang sosok Count Dracula yang seorang bangsawan mengundang Jonathan Harker untuk mengurus kepindahannya ke Inggris. Jonathan Harker pun akhirnya dapat melarikan diri setelah mengetahui bahwa Count Dracula adalah vampir penghisap darah.
Count Dracula kemudian mulai mengancam tunangan Harker, Wilhemina Murray dan temannya Lucy Westerna. Lucy sendiri akhirnya menjadi vampir penghisap darah. Dr. John Seward, salah satu pengagum Lucy meminta pertolongan gurunya Profesor Abraham Van Helsing.
Dengan bantuan mereka akhirnya Count Dracula dapat dibasmi.
 
Karir menulis Bram Stoker dimulai pada tahun 1876 dimana beliau menulis tentang seorang aktor kenamaan zaman itu, Sir Henry Irving. Setelah membaca tulisan Bram Stoker, Sir Henry Irving mengundangnya untuk makan malam dan memulai persahabatan mereka.

Dua tahun kemudian Sir Henry Irving membeli Teater Lyceum di London dan mengangkat Bram Stoker sebagai manajernya. Dengan pekerjaan baru serta kepindahannya dari Irlandia ke London, Bram Stoker mulai meniti karir sebagai penulis dan manajer Sir Henry Irving. Ia mulai menulis Dracula pada tahun 1881 dan membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikannya. Sumber!
Baca juga artikel menarik lainnya:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"