Sabtu, 10 November 2012

Ingin Atasi Depresi? Coba Terapi dengan 4 Warna Ini

imgDepresi dan rasa cemas berlebih bisa dirasakan oleh siapa saja. Ada banyak cara untuk mengatasinya, mulai dari meminum obat anti depresan hingga pergi berlibur. Namun ada cara lain yang cukup unik, yaitu terapi warna.

Menurut ilmuwan dari Thomas Jefferson University Philadelphia, meditasi atau terapi warna dapat menyingkirkan masalah depresi. Tidak hanya itu, terapi warna juga bisa mengobati rasa mengantuk yang berlebihan dan nafsu makan yang tidak terkontrol.

Para peneliti menunjukkan bahwa saat melakukan terapi warna, reseptor mata mengatur secara silih berganti waktu tidur dan terjaga yang merupakan aktivitas dari proses berpikir dan mood seseorang. Terapi warna mengurangi produksi melanin (hormon tidur) dan menstimulasi bioritme tubuh untuk terus aktif. Berikut adalah 4 warna yang bisa bantu atasi depresi seperti dilansir dari eHow.

1. Ungu violet
Warna ungu violet digunakan dalam terapi warna untuk menenangkan susunan saraf, otot, dan mendukung penyembuhan depresi. Bahkan menurut National Center for Health and Wellness, warna ini dapat membantu mengobati organ tubuh yang terkena dampak stres.

2. Oranye
Warna oranye melambangkan warna matahari yang dipercaya efektif dalam memperbaiki mood dan konsentrasi. Selain itu, warna ini juga dapat menenangkan perasaan takut yang seringkali disertai dengan kecemasan.

3. Indigo
Warna indigo (biru tua) cocok untuk mengatasi gangguan mental seperti rasa cemas dan depresi. Efek tenang yang dihasilkan warna ini disebut-sebut dapat menghilangkan rasa cemas.

4. Biru
Warna biru dapat membuat orang yang memandangnya merasa damai secara mental dan fisik. Jika Anda memiliki gangguan tidur yang disebabkan oleh depresi, mengecat dinding kamar menjadi warna biru juga bisa jadi pilihan untuk mengatasinya.

Ada banyak cara untuk menerapkan terapi ini ke dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa di antaranya adalah dengan duduk di bawah lampu yang memancarkan cahaya biru, mengenakan pakaian bewarna biru, mengecat dinding rumah atau yang paling mudah dengan mengenakan kacamata berlensa warna biru.(wolipop.com).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"