Rabu, 07 November 2012

Apakah Memakai Kacamata Akan Memperparah Minus?

Minus mata banyak terjadi disebabkan oleh radiasi yang terlalu berlebihan pada mata. Menonton televisi atau berada di depan komputer maupun laptop dengan jarak yang terlalu dekat dapat menyebabkan minus pada mata.

Ketika Anda melihat objek yang terlalu dekat, otot mata Anda akan mengatur fokus mata Anda sehingga dapat terbiasa dengan kondisi ini.

Oleh sebab itu, ketika Anda memakai kacamata, otot yang tadinya sudah menyesuaikan diri justru akan membuat minus mata semakin parah. Apalagi ketika Anda tetap melakukan kegiatan rutin dari jarak yang terlalu dekat seperti yang dilansir apakabardunia.

Untuk mengurangi minus mata, atau setidaknya menjaga agar minus mata tidak bertambah, lepaskan kacamata pada saat Anda melakukan kegiatan. Terkadang mata juga merasa lelah ketika lama memakai kacamata, oleh sebab itu, coba lepaskan kacamata Anda ketika dirasa mata mulai panas dan berair.

Kemudian, cobalah lihat benda-benda lain yang memiliki jarak berbeda-beda. Kedipkan mata Anda secara normal, jangan terlalu cepat atau terlalu lambat.

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi minus pada mata Anda adalah dengan menutup mata Anda menggunakan telapak tangan.

Kemudian, berikan sedikit tekanan pada mata Anda. Tekanan atau pijatan ringan ini akan membantu melemaskan otot mata Anda. Pijatan ini juga akan membantu meregangkan otot mata akibat mata lelah.

Satu solusi lain yang bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi minus mata Anda adalah dengan mengonsumsi buah wortel dan berbagai macam buah berwarna jingga lainnya.

Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang asam untuk mengurangi minus mata Anda. Anda bisa memprosesnya menjadi jus atau membuat wortel ini menjadi kreasi makanan yang Anda inginkan.

Langkah lain yang juga bisa Anda lakukan adalah rutin pergi ke pegunungan hijau. Jika di sekitar rumah Anda ada daerah yang memiliki banyak persawahan, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk melatih mata Anda.

Di samping itu, Anda juga bisa pergi ke daerah laut, yang jelas pergi ke daerah yang memiliki pemandangan. Bukan hanya otak Anda yang membutuhkan penyegaran, mata juga membutuhkan penyegaran agar tetap bisa berfungsi secara maksimal.(livakara.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"