Kamis, 31 Mei 2012

Inilah 7 Cara Kurangi Stres Hanya dalam 5 Menit

img
Kesibukan sehari-hari seringkali membuat Anda stres dan tidak mood. Untuk mengatasi hal itu, simak 7 cara yang dapat mengurangi stres, menambah semangat dan energi hanya dalam waktu 5 menit saja.

1. Cek Jadwal
img
Awali hari Anda dengan melakukan ritual sederhana yang dapat membuat Anda merasa tenang dan siap. Menurut Gretchen Rubin, penulis buku 'The Happiness Project', "dengan memeriksa 'to-do-list' saat akan menjalani rutinitas, rasa khawatir Anda cenderung berkurang selama seharian penuh".

2. Makan Camilan
img
Sebelum Anda memulai aktivitas, jangan lupa untuk sarapan terlebih dahulu. Jika terlalu sibuk, cobalah mengambil camilan sehat seperti apel, pisang, anggur, atau roti gandum. Kebiasaan ini dapat buat anda lebih berenergi dan terhindar dari rasa lapar di sore hari.

3. Bersihkan Meja
img
Tidak perlu merombaknya, cukup dengan mengatur peralatan di atas meja agar tampak lebih rapi. Satukan surat, singkirkan gelas sisa kopi dan undangan acara yang sudah lama. Kerapihan meja kerja dapat membuat Anda lebih rileks dan termotivasi untuk konsentrasi.

4. Mendengarkan Musik
img
Beberapa penelitian menemukan bahwa mendengarkan musik dapat bantu menurunkan tekanan darah, mengurangi stres dan meningkatkan mood. Musik yang tepat juga bisa mengakibatkan Anda untuk mengubah perilaku menjadi lebih baik dan tenang.

5. Menghirup Lemon
img
Penelitian asal Jepang menemukan bahwa linalool --zat yang ditemukan dalam lemon-- memiliki sifat anti-flamasi dan dapat mengurangi stres. aroma lain seperti kemangi, lavender juga diketahui dapat menurunkan tingkat stres.
 
6. Peregangan
img
Angkat lengan ke atas kepala atau berjalan di luar kantor merupakan salah satu cara peregangan. Kebiasaan itu, dapat bantu meningkatkan sirkulasi dan fleksibilitas serta meringankan otot yang tegang akibat stres.

7. Menulis Jurnal
img
Setelah menjalani waktu seharian penuh dengan aktivitas yang buat stres, tenangkan diri Anda dengan menulis jurnal. Tulis hal-hal apa saja yang Anda syukuri, baik hal besar atau kecil. Bersyukur akan memberikan energi positif sehingga membuat Anda lebih menghargai semua sisi positif dalam hidup. Sumber: http://wolipop.detik.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"