Minggu, 09 Juni 2013

Seberapa Penting Humor Bagi Hidup Anda?

Rasanya tidak mungkin kita membicarakan emosi yang cerdas, tampa membahas pentingnya humor.

Humor adalah salah satu perwujudan kecerdasan emosional yang nyata, walaupun tidak semua humor menunjukkan kecerdasan emosional. Ada juga yang berbau rasis, humor SARA yang justru menunjukkan lemahnya kepekaan emosinal seseorang.

Sebagai ilustrasi, seorang manager yang memiliki rasa humor yang tinggi. Orang mendengarkan,menghargai, memperhatikannya sekaligus hormat terhadapnya. Dalam banyak situasi, ia menggunakan humor untuk menyampaikan pesannya. Misalnya, tatkala sedang seru-serunya meeting dan membahas topik yang sangat urgen tentang masalah yang di hadapi di kantor, tiba-tiba seorang supervisor datang dan langsung duduk di depan. Pembicaraan manager tersebut sempat terhenti, sambil menghela nafas ia berkomentar, "Maaf ya ibu, Anda tidak terlambat, tapi kami yang mulai duluan." lansung saja, peserta meeting tertawa, dan buru-buru ibu itu mengangguk meminta maaf karena terlambat.

Dalam berbagai situasi, menggunakan humor dapat mencairkan suasana mengurangi ketegangan maupun mengatasi situasi yang sulit. Dalam berbagai situasi kehidupan, humor adalah salah satu dari keterampilan dan sikap yang penting. Tidak banyak hal lain yang lebih unggul yang dapat membuat orang menjadi sehat, baik secara fisik, mental, maupun spiritual selain tertawa. Sebagaimana digambarkan dengan bagus dalam sebuah pepatah, "Hati yang gembira adalah obat yang manjur".

Humor yang baik merangsang peredaran darah, menstabilkan tekanan darah, meningkatkan kadar oksigen pada darah, memperlancar pencenaan, dan memijat organ-organ tubuh yang penting. Humor juga meningkatkan kesenangan seseorang untuk terus hidup, mengurangi stres, dan memperlancar hubungan pribadi.

Bisa dipastikan, keahlian dalam mengemas humormenjadi ciri utama bagi mereka yang sukses, kreatif dan sehat. Orang-orang yang humoris biasanya mudah mengatasi tekanan akibat kesibukannya. Umumnya mereka juga dengan mudah bangkit dari kesedihannya. Berikut ini adalah tips bagi kita untuk membangun humor.

Tips pertama adalah, "You don"t have to be funny but try to be fun". Anda tidak harus lucu seperti seorang pelawak, tapi berusahalah untuk tampak riang. Upayakan lebih banyak senyum dan tertawa.

Dalam situasi yang runyam dan terlalu serius, bayangkanlah diri anda mempunyai antena humor di kepala anda. Dalam situsi seperti itu, pasanglah antena tersebut. Keluarkan antenanya dan cobalah untuk melihat situasi dengan sedikit rasa humor. Anda akan kaget, betapa setiap masalah bisa dilihat dari sisi yang lebih ringan.

Demikianlah, dengan belajar membangun humor dalam hidup anda. Anda tidak saja akan semakin lebih ringan dalam hidup ini, tapi juga lebih kreatif. Be emosionally intelligent

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"