Sabtu, 15 Juni 2013

5 Bus Yang Terkenal di Seluruh Dunia

Bus adalah tranportasi masal yang bisa mengantar kita ke mana saja. Menampung banyak orang dan mengantarkan dari satu kota ke kota yang lain hingga lintas negara.
Namun busa juga bisa menjadi sosok terkenal dalam sebuah catatan sejarah. Entah itu prestasi yang terbaik ataupun buruk sekalipun. Bus-bus ini selalu diingat di seluruh dunia, seakan menjadi sebuah ikon baru.
Penasaran? Yuk kita simak satu persatu.
1. Further, Sang Bus Pengelana
Further, Sang Bus Pengelana
Tahun 60-an menjadi sebuah era kebebasan atau era psychedelic bagi para generasi bunga. Ada sebuah bus yang dicat warna-warni, perlambangan dari acid generation atau generasi bunga.
Bus sekolah yang dinamai Further ini milik dari Ken Kesey dan Merry Pranksters yang mengendarai dari California ke New York. Bus ini sangat bersejarah dan dipakai untuk rally Anti Perang Vietnam (1966) dan menghadiri festival musik Woodstock (1969). Bus ini sempat dikubur di rawa oleh pemiliknya, namun digali kembali pada tahun 2005 dan sampai kini dipamerkan di museum.
2. Bus Rosa Parks
Bus Rosa Parks
Tahun 50-an di Amerika masalah rasialis masih melekat. Orang kulit hitam tidak boleh duduk di bus dan harus memberikan tempat duduknya ke orang kulit putih.
Namun aturan tersebut ditentang oleh ikon hak warga negara, Rosa Parks yang memboikot aturan tersebut. Dengan naik bus dia menolak memberikan kursinya ke orang kulit putih. Aksi tersebut membuat dia dipenjara. Aksi tersebut semakin meluas, hingga akhirnya hukum pun kembali ditegakkan.
3. Bus Tingkat Inggris
Bus Tingkat Inggris
Selain jam Big Ben dan Pasukan Inggris, di negara ini juga terkenal dengan bus tingkatnya. Bus yang berwarna merah ini menjadi ikon di Inggris.
Bus ini sempat hilang dari peredaran, lantaran sudah tua. Namun karena banyak wisatawan yang menggemari, akhirnya bus ini dihidupkan kembali.
4. Bus Pejuang Kebebasan
Bus Pejuang Kebebasan
Isu rasialis pada tahun 60-an masih kuat di Amerika. Mereka tidak memperbolehkan warga kulit hitam dan kulit putih berbaur. Semua harus sendiri, mulai dari toko, cafe hingga kendaraan umum seperti bus.
Hal ini membuat sekelompok mahasiswa kulit hitam dan kulit putih melakukan aksi. Mereka menaiki bus bersama-sama dan menyebarkan isu kebebasan. Di setiap kota selalu mendapat penentangan, hingga lahirnya kampanye ini pun berhenti ketika bus dihadang dan penumpang dipukuli hingga tidak bisa melanjutkan dan bus dibakar.
5. Bus di Film Speed
Bus di Film Speed
Bus yang menjadi legenda, lantaran menjadi setting dalam film. Aksi terorisme yang terjadi di bus, dan Keanu Reeves dan Sandra Bullock yang mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan penumpang. Film action ini tetap diminati hingga kini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"