Kamis, 13 Juni 2013

Mau Tahu Lukisan yang Mengerikan di Dunia? Lihat Artikel ini!

Sebagian dari lukisan yang dibuat oleh para pelukis dan tokoh dunia tidak semuanya terlihat indah dan memberi kesan nyaman. Ada yang terlihat sadis, mengumpat bahkan porno, namun itu semua tergantung persepsi pribadi yang melihatnya. Obyek lukisan adalah apa yang dirasakan dan dialami oleh sang pelukisnya, mereka menumpahkan menjadi karya seni, meski tidak setiap orang menyukainya tergantung di ruang tamu atau makan. Berikut uniknya.com merangkum 5 lukisan yang mengerikan di dunia:

1. The Great Red Dragon and the Beast of the Sea
http://uploads0.wikipaintings.org/images/william-blake/the-great-red-dragon-and-the-beast-from-the-sea-1805.jpg
William Blake dikenal sebagai salah satu sastrawan dan penyair dunia. Meskipun demikian ia pun gemar mencoretkan kuas dan pensil menjadi sebuah lukisan, ilustrasi ataupun sketsa. Bahkan pada bukunya yang berjudul ‘Book of Revelation,’ ia buat secara khusus sampul ilustrasinya. Imajinasi Blake terlihat liar dalam ‘The Great Red Dragon and the Beast of the Sea,’ bahkan terlalu menyeramkan bagi sebagian orang.
2. Portrait of Innocent X
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjWanaf0HjogQzpne1a9N0GGezUBW5W5rbSMs5MZb5sU_00p6WiD20E9O6boPNFBKui6TQNno6clSe9ztOy1Eb4P6gHSmGtMhSBlk4W2X7ii214Uk24OnvU9qwPUq_O8e_Ul8S_XQilv-rn/s1600/236-innocentX-both.jpg
Francis Bacon bukan saja filsuf yang popular, namun juga seniman yang berpengaruh di Abad XX. Ia begitu polos dan suram dalam melukiskan figur manusia. Bahkan beberapa karyanya terjual jutaan poundsterling, padahal beberapa sudah rusak, sobek dan sengaja dihancurkan oleh Bacon. Namun itulah seni dan sejarah, para kolektor tidak mempedulikan selain dua nilai tadi.
Seperti lukisan Pope Innocent X yang dibuatnya setelah mempelajari lukisan sebelumnya karya Velasquez. Terlihat perbedaan yang mencolok antara Paus X yang ada di dalam lukisan Velasquez dengan Bacon. Pada lukisan Velasquez Paus terlihat berkarisma dan tenang, sementara pada lukisan karya Bacon terlihat sedang menjerit.

3. Dante and Virgil in Hell
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/7/70/William-Adolphe_Bouguereau_%281825-1905%29_-_Dante_And_Virgil_In_Hell_%281850%29.jpg
Lukisan akhirat ini sangat menyesakkan dada bagi orang awam yang melihatnya. Di dalam lukisan tersebut terlihat sosok-sosok yang menyeramkan dan dua sosok yang memperagakan adegan sadis. William-Adolphe Bouguereau dikenal sebagai pelukis realis dengan adegan yang klasik.

4. The Death of Marat
http://www.bc.edu/bc_org/avp/cas/his/CoreArt/art/resourcesb/dav_marat.jpg
Lukisan yang satu ini dengan gamblang memperlihatkan dua insan tanpa aurat tertutup. ‘The Death of Marat,’ merupakan lukisan yang dibuat oleh Edvard Munch, lelaki berkebangsaan Norwegia. Edvard dikenal dengan lukisan yang mengekspresikan keresahan, kegamangan ataupun kecemasan. Jean-Paul Marat adalah seorang pemimpin politik dalam Revolusi Perancis.
Marat harus hidup menderita dengan penyakit kulitnya, bahkan hari-harinya dihabiskan di atas bak mandi. Uniknya, sambil berendam Marat masih dapat menulis dan menyelesaikan semua artikelnya. Malangnya perjuangan Marat harus berakhir ketika Charlotte Corday membunuhnya. Banyak lukisan yang menggambarkan Jean-Paul Marat, namun karya Edvard Munch adalah versi yang paling brutal.

5. Heads Severed 
http://24.media.tumblr.com/tumblr_mcm2u60TwR1qg3mb6o1_1280.jpg
‘The Raft of Medusa ,‘ merupakan lukisan yang membuat Theodore Gericault dikenal oleh dunia, khas dengan romantismenya. Dikabarkan Theodore tidak pernah larut dalam romantisme dalam lukisan ‘Head Severed,’ ia bisa menahan emosinya sehingga karyanya tidak terlalu berlebihan dan terlihat standar. Meskipun ia harus menyaksikan kepala-kepala yang terpotong di laboratorium sebuah rumah sakit seorang diri. Maka tidak heran jika lukisa ‘Head Severed,’ berhasil memperlihatkan ekspresi wajah kematian.

6. The Temptation of St. Anthony
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/2/20/The_Temptation_of_Saint_Anthony_(Gr%C3%BCnewald)_detail.jpg
Penggambaran spiritual begitu kental dalam lukisan karya Matthias Grunewald yang berjudul ‘the Temptation of St. Anthony,’ khas Zaman Pertengahan hingga Pencerahan. Diceritakan bahwa Santo Anthony harus menghadapi beberapa proses pengadilan dan ujian dalam mempertahankan keyakinannya. Dalam sebuah legenda St. Anthony dibunuh oleh iblis yang menghuni sebuah goa, namun ia kembali bangkit untuk membunuh iblis tersebut. Matthias menggambarkan suasana mengerikan itu dalam sebuah karya seni namun masih memperhatikan suasana spiritualnya.

7. Mask Still Life III
http://freepages.history.rootsweb.ancestry.com/~rgrosser/germany/dka/mask_still_life_iii.jpg
Sementara itu pelukis Emil Nolde dikenal sebagai tokoh perintis aliran ekspresionis, meskipun namanya kemudian tergeser oleh Edvard Munch. Nolde mencoba menghadirkan distorsi kenyataan yang mengerikan dalam sebuah sudut pandang istimewa. Lukisan ‘Mask Still Life III,’ dibuat ketika ia sedang mempelajari topeng di Berlin, Jerman.

8. Saturn Devouring His Son
http://www.eeweems.com/goya/saturn_1000.jpg
Di dalam mitos Romawi dan Yunani, sosok ayah dari para dewa diceritakan tidak pernah ingin memiliki saingan yang mampu menyamai kemampuan dirinya. Ia akan menghalangi bahkan membunuh dewa-dewa yang dianggap mengancam posisinya di mata manusia, sekalipun dewa itu adalah anak-anaknya sendiri. Dalam lukisan ‘Saturn Devouring His Son’ karya Francisco Goya, terlihat dewa Saturnus yang sedang memakan tubuh anaknya sendiri, mengerikan bukan?

9. Judith Beheading Holofernes
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/38/Judith_Beheading_Holofernes_by_Caravaggio.jpg
Judith merupakan karakter janda yang terdapat di dalam Kitab Perjanjian Lama, ia adalah sosok perempuan yang menyelamatkan bangsa Israel. Lukisan yang terlihat sadis ini mengisahkan bangsa Israel yang saat itu diserang oleh pasukan yang dipimpin oleh Holofernes. Untuk menyelamatkan bangsanya, Judith pun melakukan pertemuan dengan Holofernes. Dengan kecantikan yang dimilikinya, Judith berhasil bertemu dengan Holofernes. Setelah berhasil membuat Holofernes mabuk, Judith kemudian memenggalnya dengan menggunakan pisau. Lukisan dengan adegan sadis ini dibuat oleh Carvaggio.

10. The Garden of Earthly Delights
http://www.ibiblio.org/wm/paint/auth/bosch/delight/delightc.jpg
‘The Garden of Earthly,’ Delights merupakan buah tangan Hieronymus Bosch yang dikenal dengan lukisan spiritualnya. Lukisan ini memperlihatkan tiga pencitraan luar biasa indahnya bumi, surga dan kejinya neraka. Namun semua itu terlihat berlawanan sehingga terkesan mengerikan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"