Rabu, 12 Juni 2013

8 Bangunan Megah Yang Terbengkalai

Rome wasn't built in a day, begitu juga bangunan-bangunan megah ini. Dibangun sejak puluhan tahun lalu, ternyata bangunan ini hingga kini belum selesai proses pembangunannya. Padahal sebagian bangunan ini sudah bisa digunakan untuk umum.
Kira-kira apa penyebabnya? Simak ulasannya dalam halaman berikut:

1. Katedral Westminster
Katedral Westminster
Katedral Westminste memang tidak sepopuler Westminster Abbey, sebuah gereja yang sangat cantik di Inggris. Namun bagi umat Katolik di Inggris, mereka menganggap Katedral Westminster ini sebagai pusat peribadatan. Dibangun sejak tahun 1895, hingga saat ini konstruksi bangunan ini sebenarnya belum selesai. Kabarnya, tak ada dana untuk menyelesaikan dekorasi katedral yang paling dihormati di Inggris dan Wales ini.

2. Stadion Jerman
Stadion Jerman
Stadion Jerman, atau yang memiliki nama asli Deutsches Stadion ini merupakan salah satu bangunan terkenal di Jerman. Sejak pertama kali mulai dibangun pada September 1937, hingga kini bangunan ini tidak pernah selesai dibangun.
Pembangunan stadion ini merupakan ide dari Adolf Hitler yang berambisi memiliki stadion raksasa dengan gaya arsitektur Romawi. Rencananya stadion ini akan digunakan untuk mengadakan pertandingan sekelas Olimpiade yang disebut Aryan Games. Sayangnya pembangunan stadion ini harus terhenti akibat Perang Dunia II. Yang tersisa saaat ini hanyalah beberapa pilar, dinding dan sebuah danau kecil di tengah stadion.

3. Cathedral of Saint John the Divine
Cathedral of Saint John the Divine
Katedral ini merupakan salah satu gereja Kristen terbesar di dunia dan merupakan salah satu bangunan ikonik di Manhattan, New York. Dengan reputasinya tersebut, seharusnya bangunan ini tidak punya masalah dengan konstruksi, namun ternyata gereja ini memiliki beberapa bagian yang belum selesai pembangunannya.
Sejak awal pembangunan gereja ini sudah menjadi persoalan tersendiri. Mulai dari soal pendanaan yang sulit serta persoalan konstruksi yang terhenti akibat perang dan kebakaran, juga konsep desain yang beberapa kali berubah. Hingga saat ini pengurus gereja masih mencari solusi agar gereja ini bisa selesai dibangun. Sementara pembangunannya terhenti, gereja ini dikenal dengan nama unik, 'Saint John the Unfinished'.
4. Super Power Building
Super Power Building
Super Power Building adalah tempat ibadah bagi para penganut Scientology. Dibangun pada tahun 1999 di Clearwater, Florida, bangunan ini diperkirakan selesai dalam dua tahun dan menghabiskan dana 40 juta Dolar Amerika atau sekitar 369 miliar Rupiah. Tahun 2003, pembangunan gedung ini mangkrak selama enam tahun karena ada dekor ulang untuk interior ruangan. Tahun 2009, gedung ini mulai kembali dibangun namun belum pernah dibuka untuk umum. Januari 2013, Luis dan Rocio Garcia mengajukan tuntutan pada gereja ini dengan tuduhan menghambur-hamburkan uang.
5. Ajuda National Palace
Ajuda National Palace
Istana Nasional Ajuda merupakan salah satu tujuan wisata yang menarik wisatawan di Lisabon. Selain berfungsi sebagai tempat wisata, Ajuda juga merupakan kediaman resmi keluarga kerajaan Portugis. Namun tahukah kamu jika bangunan megah yang dibangun sejak 1796 ini ternyata belum selesai dibangun hingga sekarang.
6. Woodchester Mansion
Woodchester Mansion
Publik lebih banyak mengenal mansion Woodchester dari sebuah acara televisi tentang pemburu hantu. Bangunan ini sudah didirikan di sekitar abad 14 dan hingga kini belum selesai dibangun. Pemiliknya, William Leigh, adalah seorang penggemar arsitektur Perancis yang perfeksionis. Akibatnya, setiap ia mendapat dana untuk menyelesiakan mansion ini, ia selalu berubah pikiran soal desainnya. Saat ini, mansion ini dibuka untuk umum agar pengunjung bisa melihat bagaimana konstruksi abad ke 14 dibangun.
7. Gedung Parlemen Selandia Baru
Gedung Parlemen Selandia Baru
Seperti Istana Nasional Ajuda, Gedung Parlemen Selandia Baru juga terbengkalai proses penggarapannya selama bertahun-tahun. Sejak awal, pembangunan gedung ini memang sudah molor dari jadwal. Direncanakan mulai dibangun sejak tahun 1911, pada tahun 1914 gedung ini belum juga mulai dibangun. Bisa dimaklumi karena saat itu mereka sedang mengalami peperangan.
Saat ini bangunan ini pun masih tetap sama seperti puluhan tahun lalu. Hanya saja mereka memiliki perpustakaan dan ruang kantor yang disebut Beehive yang bisa dikunjungi. Yah, setidaknya ada yang bisa dikunjungi dari bangunan ini.

8. Sagrada Familia
Sagrada Familia
Hampir sama seperti Cathedral of Saint John the Divine, Gereja Sagrada Familia di Barcelona memiliki reputasi kelas dunia. Bangunan ini masuk daftar UNESCO World Heritage Site yang kerap dikunjungi oleh Paus. Gereja ini merupakan ide dari arsitek kenamaan Antoni Gaudi yang menghabiskan separuh hidupnya untuk membangun bangunan dengan arsitektur grotesque yang terinspirasi oleh alam.
Sayangnya beliau tidak sempat menyaksikan bangunannya selesai karena ia lebih dulu meninggal. Saat itu, gereja ini baru selesai seperempat bagian. Kini proses pembangunan Sagrada Familia sudah hampir selesai setengahnya dengan bantuan donasi dari para turis yang berkunjung. Rencananya, bangunan ini akan selesai di tahun 2026, bertepatan dengan perayaan 100 tahun meninggalnya Gaudi.
So, catat baik-baik di kalendermu, siapa tahu kamu punya keempatan untuk mengunjunginya! 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"