Sabtu, 15 Juni 2013

Pemuda Arab Saudi Suka Berburu Kadal Dabb

Saat ini adalah musim berburu kadal di Arab Saudi. Para pemuda Buraydah menuju gurun untuk mencari kadal dabb atau kadal berekor duri.

Dilansir infospesial, Kadal ini hidup di lubang atau celah-celah kecil di tanah kering dan gersang di hamparan pasir, hal ini mereka lakukan untuk bertahan diri dari cuaca panas di gurun.

Dilansir dari Al Arabiya, ada beberapa teknik yang dipakai untuk memburu kadal ini. 

"Ada beberapa cara untuk berburu kadal dabb. Salah satunya menuangkan air ke lubang tempat kadal bersembunyi, membanjirinya. Cara itu akan memaksa mereka keluar," kata Majed al-Matrudi, salah satu pemburu kadal.

Cara lain untuk memburu kadal ini juga bisa dengan menggunakan api. Banyaknya perburuan membuat populasi kadal ini menurun drastis, bahkan pemerintah lokal berusaha membatasi perburuan.

"Berburu kadal adalah hobi remaja Saudi. Namun, kami menganjurkan agar tak berlebihan, agar hobi itu bertahan lama, agar kadal tetap lestari di tanah kami," tambah Majed.

Kadal yang berhasil didapatkan akan diolah untuk menjadi makanan lezat.

"Daging kadal menjadi sangat lezat di musim semi. Hal ini karena, mereka makan tumbuhan musim semi. Rasa dagingnya beda dari biasanya, luar biasa lezat," kata pemburu kadal yang lain, Hammad Al-Fawaz.

Biasanya para pemburu berkumpul untuk menguliti kadal, memasak dagingnya, yang lalu disajikan dengan nasi hangat mengepul. Banyak orang yang tidak percaya dan tidak yakin untuk memakan kadal ini, namun setelah mencoba mereka akan ketagihan.

"Saat melihat kadal dabb, orang sering menyangka binatang itu tak bisa dimakan. Tapi sekali mencoba, mereka pasti meminta lagi dan lagi. Bahkan meminta kami kembali ke gurun, untuk berburu." ungkap Hammad.

Namun, jangan tidak terlalu banyak konsumsi kadal, karena mengandung protein sekaligus kolestrol tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"