Senin, 10 Juni 2013

Danau Paling Jernih di Dunia Airnya Sungguh Bening

Lihatlah danau paling jernih di dunia ini, semoga saja danau-danau yang ada di Indonesia dapat terjaga seperti danau-danau ini. Keindahan sebuah danau tak hanya dilihat dari lanskap sekitar, tapi juga tingkat kejernihan airnya. Dari seluruh danau yang ada di planet bumi, mana saja yang airnya paling jernih. Tak jarang sebuah danau berwarna biru layaknya lautan. Kualitas dan kejernihan air danau ditentukan oleh banyak faktor seperti kedalaman, fenomena alam seperti letusan gunung berapi, dan organisme yang tinggal di sana termasuk campur tangan manusia. Beberapa danau di dunia terkenal indah sekaligus berair super jernih. Berikut danau paling jernih di dunia. Ada yang digunakan untuk penelitian, dan banyak pula yang menjadi destinasi wisata.
Danau Crater, AS
Terletak di Oregon, AS, Danau Crater terbentuk 7.700 tahun yang lalu karena letusan gunung purba Mazami. Danau berbentuk kawah dengan kedalaman 600 meter ini murni diisi oleh lelehan salju dan air hujan. Tak ada sungai maupun aliran air yang masuk dan keluar dari sana. Tak ada pemukiman dan pabrik di sekitarnya, sehingga polusi berupa gas atau cairan hampir tak ada. Warna biru cerah menjadi indikasi jernihnya Danau Crater. Di tengah danau terdapat bukit mungil yang didominasi warna hijau. Wisatawan bisa trekking dan kemping dengan memasuki kawasan Taman Nasional Danau Crater.
Danau Paling Jernih di Dunia
Danau Baikal, Rusia
Terletak di wilayah Siberia dan dekat dengan perbatasan Mongolia, terdapat danau paling dalam di dunia. Danau Baikal berbentuk cawan raksasa dengan kedalaman 1.700 meter. Bentuknya memanjang seperti pisang, dengan panjang 636 km. Danau Baikal adalah wadah bagi seperlima jumlah air tawar di dunia yang belum tercemar, serta 80% cadangan air tawar di Rusia. Saat menyambanginya, Anda bisa meminum langsung air danau ini tanpa penyaringan
Danau Paling Jernih di Dunia
Danau Vostok, Antartika
Para ilmuwan Russian Arctic and Antartic Research Institute menemukan sebuah danau purba di wilayah Antartika. Danau Vostok, begitu mereka menamai danau ini, berusia 20 juta tahun. Danau Vostok tersembunyi di bawah lapisan es setebal 4 km. Para peneliti itu lalu meyakinkan, Danau Vostok adalah satu-satunya danau raksasa terjenih di dunia.
Danau Paling Jernih di Dunia
Danau Vostok menghubungkan lebih dari 200 danau subglasial, yang terbentuk dari lelehan es. Luas keseluruhan danau ini 15.540 km2 dengan kedalaman sekitar 1.000 m. Hal itu menjadikan Danau Vostok sebagai danau terdalam ketiga di dunia, setelah Danau Baikal dan Danau Tanganyika di Afrika. 
Danau Biru, Selandia Baru
Danau Biru akan mengingatkan Anda pada batu sapphire, kristal warna biru mencolok yang tersohor keindahannya. Terletak di Taman Nasional Danau Nelson, Danau Biru punya tingkat visibilitas luar biasa. Bayangkan saja, Anda bisa melihat sampai 40 meter di bawah permukaan airnya. Penelitian dari National Institute of Water and Atmospheric Research menyebutkan, air di Danau Biru punya kualitas yang sama dengan air hasil penyulingan.
Danau Paling Jernih di Dunia
Danau Hornindalsvatn, Norwegia
Norwegia adalah lokasi danau terdalam di Eropa, yaitu Danau Hornindalsvatn. Terletak di dekat kota kecil Grodas, danau ini dikelilingi pegunungan indah, gleyser, dan fjord. Dengan kedalaman 514 m, mayoritas air di Danau Hornindalsvatn berasal dari lelehan salju dan es. Tak heran, danau ini punya kualitas dan kejernihan air yang tinggi. Memancing dan kemping adalah aktivitas yang jadi favorit wisatawan di sini. 
Danau Paling Jernih di Dunia

Danau Malawi, Afrika Timur
Danau Malawi membentang di tiga negara: Malawi, Mozambique, dan Tanzania. Panjangnya sekitar 580 km dengan lebar 75 km. Danau ini merupakan induk Sungai Ruhuhu, Sungai Shire, dan persinggahan Sungai Zambezi yang melintasi Mozambique. Ini adalah danau air tawar terdalam kedua di Afrika, serta salah satu danau terjenih di dunia. Pemerintah Negara Mozambique mendaulatnya sebagai salah satu danau air tawar dengan biodiversitas fauna terbanyak di dunia. UNESCO mendaulatnya sebagai Situs Warisan Dunia.
Danau Paling Jernih di Dunia
Salah satu bukti kejernihan danau ini adalah Angel Fish yang hilir-mudik di dalam danaunya. Angel Fish ini punya kombinasi warna tubuh yang memesona, bersinar layaknya ikan penghuni anemon di lautan. Wisatawan bisa berenang sepuasnya di danau super jernih ini, dikelilingi Angel Fish yang ribuan jumlahnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"