Kamis, 13 Juni 2013

Mereka Yang Mempunyai Ingatan Fotografis, Termasuk Soekarno


Memori eidetik, selalu disebut sebagai ingatan fotografis atau fotographic memory adalah kemampuan untuk mengingat gambar, suara atau obyek dalam memori dengan presisi ekstrim. Kata eidetik, mengacu pada recall yang sangat detail dan jelas tidak terbatas, tetapi terutama dari, gambar visual.

BENARKAH MEMORI FOTOGRAFIS ATAU PHOTOGRAPHIC MEMORY ITU ADA ?

seorang profesor neurologi dan ilmu kognitif di Johns Hopkins University School of Medicine, Barry Gordon, MENJELASKAN : Gagasan dari "fotografi memori" adalah bahwa hal tersebut bagaikan sebuah foto yang tersimpan di otak anda, dan dapat anda akses secara terperinci, bahkan di "Zoom"(perdekat / perbesar) pada bagian yang berbeda. Akan tetapi fotografi memori yang sebenarnya belum pernah terbukti ada.

Malahan kenangan maupun ingatan visual yang kelihatan bagaikan fotografi sebenarnya masih jauh dari fotografi memori yang sebenarnya, kenangan tersebut hanya lah kombinasi dari kemampuan bawaan anda maupun genetika otak anda, digabungkan dengan studi anda dalam mengolah proses otak anda.

7 ORANG YANG DIKLAIM MEMILIKI INGATAN FOTOGRAFIS

Di bawah adalah merupakan orang-orang dipercaya dan diklaim memiliki memori fotografi, walau hanya 2 orang yang terbukti memilikinya yaitu Kim peek dan Stephen Wiltshire :

1. KIM PEEK



Ia Mempunyai memori otak yang luar biasa, akan tetapi dia memiliki kesulitan dalam komunikasi sosial, kemungkinan hal ini berdasarkan pada kelainan bawaan otak yang di deritanya.

Ia dapat membaca 2 halaman buku secara bersamaan dengan matanya, bahkan disebut-sebut sebelum dia meninggal dunia, dia telah membaca lebih dari 12.000 buku dan bahkan dia mengingat semua isi dari buku tersebut.

2. FERDINAND MARCOS






Ia ADALAH Merupakan seorang mantan presiden filipina pada tahun 1965 - 1986. Dia lulus di ujian Bar Examination (Ujian yang dilakukan secara berkala, apakah orang tersebut berhak untuk memenuhi syarat praktek hukum) dengan nilai skor hampir sempurna yaitu 98,01%. Namun beberapa orang menuntut keaslian skor tersebut dan dilakukan test ulang dimana dia mendapatkan nilai sempurna pada test ke dua.

3. STEPHEN WILTSHIRE





STEPHEN WILTSHIRE dikenal sebagai seorang seniman arsitektur yang mempunyai kelainan penyakit Autisme. Kemampuannya untuk mengambar dari memori otaknya yang menangkap gambar secara landscape (Luas / Lebar) hanya dengan sekali melihat saja. Karnya telah di kenal di dunia, Dia bahkan menggambar detail kota london hanya dengan sekali naik helikopter.



4. SOEKARNO



Soekarno adalah merupakan presiden pertama republik indonesia atau di katakan sebagai bapak kemerdekaan indonesia. Disebut-sebut bahwa soekarno mempunyai kemampuan fotografi memori dimana membantu dirinya dalam mempelajari bahasa-bahasa asing.

5. JOHN VON NEUMANN


Yang satu ini dikatakan bahwa dia dapat dapat mengingat setiap isi dari halaman buku telepon hanya dengan sekali lihat. Salah satu kemampuannya yang luar biasa adalah dia dapat mengingat isi dari setiap halaman buku maupun artikel yang telah di bacanya sekali, dan dapat mengutip isi dari setiap halaman maupun buku tersebut, bahkan dia dapat melakukanya bertahun-tahun kemudian setelah dia membacanya.

6. SWAMI VIVEKANANDA
SWAMI VIVEKANANDA adalah merupakan Guru dan Filosofer terkenal di india, dia di katakan dapat mengingat 10 volume buku ensiklopedia hanya dengan beberapa hari membaca. Ia menjelaskan kemampuannya sebagai "hanya dengan ketaatan yang ketat Brahmacharya (kontinensia) semua pelajaran dapat di pelajari dalam waktu singkat".



7. SAID NURSI
SAID NURSI adalah merupakan seorang sarjana islam turki, di katakan bahwa ia dapat membacakan berbagai macam buku dari memori otaknya. Maka dari itu molla fethullah melakukan test kepada dirinya dengan menyalin salinan Al-Hariri of Basra (1054-1122). Molla fethullah bahkan heran dengan kemampuan dirinya yang dapat mengingat hanya dengan sekali membaca.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"