Sabtu, 15 Juni 2013

Donat dari 8 Negara

Kita mengenal donat sebagai kue manis bulat bolong. Namun sebetulnya kue yang terbuat dari adonan yang digoreng bukan hanya donat. Banyak negara memiliki makanan khas masing-masing yang dibuat dengan cara yang sama: adonan manis yang digoreng.

1. Fritters
Apple fritters
Indonesia punya pisang goreng, Amerika juga punya gorengan buah. Bedanya, adonannya tebal dan manis seperti donat, dan mereka menyebutnya Fritters.

2. Buñuelos
Bunuelos
Buñuelos adalah makanan khas Columbia dan Spanyol. Biasa disajikan saat Natal.

3. Churros
Churros
Churros adalah jajanan yang biasa didapatkan di pinggir jalan di Spanyol. Dimakan hangat, ditaburi gula halus atau kayu manis.

4. Frittole
Frittole
Di Venezia, Itali, dikenal makanan Frittole. Adonannya mirip dengan donat, namun kemudian dicampur dengan buah-buahan kering dan kulit jeruk sebelum digoreng dan disajikan saat karnaval besar.

5. Gulab Jamun
Gulab Jamun
Di Indian ada Gulab Jamun, kue manisyang biasa disajikan di pesta pernikahan. Dimakan dalam keadaan hangat.

6. Loukoumades
Loukoumades
Loukoumades adalah makanan yang biasa disajikan saat festival atau karnaval di Yunani. Setelah digoreng, kue ini disiram dengan sirup madu dan ditaburi gula, kacang, atau biji wijen.

7. Paczki
Paczki
Di Polandia ada Paczki, yang merupakan kue "donat" yang diisi selai sebelum digoreng.

8. Timbits
http://3.bp.blogspot.com/-4wNruDezghw/TWLn_Pw6QuI/AAAAAAAAG5M/QGYBnQWMXwU/s1600/Cinnamon%2BSugar%2BTimbits.jpg
Timbits adalah salah satu makanan yang populer di Kanada. Adonan, cara membuat, serta rasanya, sama persis dengan donat. Bedanya, tim bits hanya berukuran sebesar lubang donat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"