Rabu, 16 Mei 2012

7 Cara Tradisonal Mengatasi Mabuk Alkohol

img

Kebanyakan menenggak minuman beralkohol bisa menimbulkan efek yang tidak menyenangkan. Pusing, mual, dan diare adalah gejala yang umumnya dialami di pagi hari setelah berpesta semalaman. Bagaimana cara mengatasinya?

Di berbagai negara meneguk minuman beralkohol adalah hal biasa. Oleh karena itu, warganya secara turun temurun mewariskan resep unik untuk mengurangi dampak hangover alias mabuk. Ada yang makan sop babat, tapi ada juga yang menyantap kentang goreng agar pulih.

Nah, berikut cara-cara dari berbagai negara mengatasi mabuk alkohol:

1. Air acar
img
Orang Polandia biasa meminum air dari stoples acar setelah meminum alkohol. Air acar tinggi kadar elektrolit karena mengandung garam. Selain dapat menggantikan cairan tubuh, air acar juga diyakini dapat memperbaiki kerusakan organ hati karena terlalu banyak 'minum'. Alternatif dari air acar sayuran adalah air acar ikan dan jus kol.

2. telur mentah
img
Prairie oyster adalah salah satu 'obat' mabuk paling terkenal di Amerika Serikat. Namun, makanan ini bukanlah tiram. Isi telur mentah dituang ke dalam gelas, lalu diberi saus Worcestershire, saus tomat, garam, dan bubuk lada hitam. Bagian kuningnya harus utuh, sehingga saat diminum teksturnya seperti tiram. Karena rasanya aneh, prairie oyster biasanya langsung ditelan.

3. Sop babat
img
Sebelum berpesta, isi perut dulu dengan sop babat. Pasalnya, orang Rumania yakin bahwa hidangan ini mujarab untuk mencegah dan menyembuhkan gejala mabuk. Di sana, kuah babat yang asin dan berlemak ditambahkan bawang putih cincang dan sour cream atau krim asam.

4. Acar plum
img
Salah satu minuman Jepang yang terkenal adalah sake. Setelah 'minum', orang Jepang mengunyah umeboshi, yaitu buah plum yang direndam dalam cuka. Meski sangat asam, acar plum ini baik untuk pencernaan dan dapat mencegah mual akibat mabuk. Kalau tak kuat menggigitnya langsung, rendam saja dalam teh hijau.
5. Udang 
img
Jika merasa tak enak badan di pagi hari setelah mabuk semalam, orang Meksiko biasa memasak udang. Hidangan 'Vuelva a la Vida' (kembali ke kehidupan) yang paling populer di negara ini adalah salad udang.

6. Milkshake pisang 
img
Inggris punya resep sehat dan mengenyangkan untuk pulih dari mabuk. Tinggal blender pisang dengan setengah cup susu dan es batu, jadilah minuman yang kaya vitamin B. Vitamin ini terbuang akibat minum alkohol berlebihan, sehingga badan terasa sakit. Tak hanya itu, milkshake pisang juga bisa menggantikan elektrolit dan potassium dalam tubuh.
7. Kentang goreng 
img
Di Kanada, french fries yang disajikan dengan serpihan keju dan saus kental disebut 'poutine'. Setelah berpesta semalaman, warga Kanada sering mampir ke restoran cepat saji untuk memesan makanan ini.
Sumber : detikfood.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"