Rabu, 16 Mei 2012

6 Cara Praktis Meningkatkan Asupan Air Putih

img
Sesuai anjuran Kementerian Kesehatan, kita perlu minum 2 liter atau 8 gelas air putih sehari. Air memang sangat penting bagi tubuh dan kesehatan. Namun, terkadang karena kesibukan kita sulit memenuhi anjuran tersebut.

Tubuh kita 55-78% nya terdiri dari air atau cairan. Jika kekurangan air, kita akan mengalami dehidrasi dan kondisi ini dapat mempengaruhi kerja organ penting. Tak sulit meningkatkan asupan air putih, coba saja ikuti tips yang disarankan Huffington Post ini:

1. Minum setelah bangun tidur
img
Letakkan segelas air putih di meja samping tempat tidur Anda. Jadi, setelah bangun tidur, Anda bisa langsung meminumnya. Biasakan minum air putih sebelum meneguk kopi atau teh di pagi hari.

2. Letakkan di meja kerja
img
Selalu sediakan gelas atau botol minum di meja kerja Anda. Setiap saat Anda merasa haus atau lapar, Anda bisa dengan mudah meneguk air putih. Kalau habis, isi ulang di pantry. Dengan begitu Anda juga bisa menghilangkan rasa kantuk dan sedikit berolahraga di kantor.

3. Bawa botol minum saat bepergian
img
Saat bepergian, bawalah selalu botol minum yang bisa dipergunakan kembali. Kalau Anda haus, Anda tak perlu lagi repot-repot mampir ke warung untuk membeli minuman. Anda dapat mengirit uang sekaligus mengurangi sampah dari botol bekas.

4. Minum Sebelum Makan
img
Sebelum makan, minum dulu segelas air putih. Selain melancarkan tenggorokan dan pencernaan, cara ini juga bisa bikin langsing lho! Soalnya perut jadi sedikit kenyang karena air, sehingga kita jadi makan lebih sedikit.

5. Encerkan jus
img
Kalau Anda tipe orang yang senang mengonsumsi minuman manis, ada win-win solution. Isi seperempat tinggi gelas Anda dengan jus buah murni, lalu tuang air putih atau sparkling water hingga gelas penuh.

6. Catat asupan air
img
Jika mau sedikit repot, Anda bisa menuliskan jumlah air yang Anda minum dan kapan Anda meneguknya. Dari sini, Anda bisa melihat apakah asupan harian Anda mencapai 2 liter per hari atau tidak. Apalagi sekarang ada aplikasi yang memudahkan Anda merekam konsumsi air putih.
Sumber:detikfood.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"