Jumat, 18 Mei 2012

10 Tips Menghadapi Kebakaran dan 15 Tips Mencegah Kebakaran di Rumah Anda

Kecil Jadi Kawan, Besar Jadi Lawan, api yang kecil tidak mesti selalu menjadi kawan, sebaliknya api yang besar juga tidak selalu menjadi lawan bagi kita, semua tergantung bagaimana kita bisa mengolah dan mengatur sehingga baik besar maupun kecilnya api dapat lebih banyak manfaat yang di hadirkan nya. Jika terjadi kebakaran, kita hanya mempunyai waktu yang singkat untuk berpikir dan mencoba menyelamatkan diri atau memadamkan api. Tips ini sangat bermanfaat untuk menghadapi jika terjadi kebakaran yang sebenarnya tidak kita inginkan di sekitar kita. Berikut tips jika terjadi kebakaran pada rumah atau gedung yang kita tempati :
 10 Tips Menghadapi Kebakaran:


  1. Tetap tenang saat menghadapi kebakaran.
  2. Jika kebakaran kecil dan masih bisa diatasi, segera padamkan dengan alat pemadam yang ada seperti APAR (Alat Pemadam Api Ringan) atau dengan karung goni yang di basahi air.
  3. Jika kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik segera matikan listrik di rumah atau gedung.
  4. Tutup ruangan yang terjadi kebakaran agar tidak menjalar ke ruang lain tetapi jangan dikunci, untuk memudahkan jika akan memadamkan kobaran api.
  5. Jika kebakaran besar, segera keluar rumah dan ajak semua keluarga meninggalkan rumah segera. Jangan sibukkan diri untuk mengumpulkan barang di dalam rumah.
  6. Berjalanlah dengan tenang, jangan lari, perhatian penuh dan tidak panik.
  7. Jika menemukan asap tebal dijalan atau suatu ruangan, hindari jangan sampai menghirup asap, misalnya dengan cara merangkak dan bernafas dengan mendekatkan muka ke lantai, gunakan kain basah sebagai penutup hidung, hal ini akan membantu untuk bernafas.
  8. Jika anda melalui pintu yang tertutup, periksalah dengan seksama suhu daun pintu dengan menempelkan belakang telapak tangan Anda. Kemudian periksa handle pintu. Jika panas pindah melaui jalur lain.
  9. Jika perlu lakukan latihan evakuasi jika terjadi kebaran agar upaya penyelamatan dapat berjalan lebih cepat.
  10. Segera hubungi pemadam kebaran 113 jika api tidak dapat anda kendalikan sendiri.

15 Tips Mencegah Kebakaran
Berikut ini beberapa tips untuk mencegah terjadinya kebakaran di rumah :
  1. Ada baiknya kita meletakkan atau menyimpan dokumen berharga seperti Ijazah pendidikan seluruh keluarga, surat-surat tanah dan rumah, SK pekerjaan (PNS), BPKB kendaraan bermotor, Akta kelahiran seluruh keluarga dan lain-lain pada satu wadah dan satu tempat yang mudah dibawa atau ditemukan anggota keluarga.
  2. Ketika tidur malam sebaiknya kita berpakaian baju dan celana lonngar sehingga ketika terjadi kebakaran malam hari dan lari keluar rumah tidak dalam keadaan telanjang.
  3. Meletakkan dompet, jam tangan dan HP atau barang berharga sehari-hari kita dekat dengan tempat tidur kita sehigga cepat meraihnya.
  4. Ada baiknya dirumah kita punya genset pembangkit listrik sendiri, sumur, selang air yang panjang sehngga ketika terjadi kebakaran kecil, api dapat disiram dulu dengan peralatan tersebut.
  5. Ketika lampu listrik dalam kondisi padam, tidak pergi keluar rumah atau meninggalkan tidur lampu lilin atau lampu teplok yang menyala kecuali ada yang menjaganya.
  6. Usahakan mobil atau kendaraan bermotor di parkir dengan posisi siap jalan keluar rumah atau halaman sehingga dapat dilarikan secepatnya.
  7. Ketika terjadi kebakaran dan api sudah mulai masuk rumah coba jangan panik, selamatkan keluarga yang bisa diselamatkan, dan cepat lari keluar jika memungkinkan lihat sekeliling dan bawa apa yang bisa di bawa keluar dan menjadi prioritas.
  8. Seyogyanya penduduk yang tinggal agak jauh pada lokasi kebakaran, pada kesempatan pertama berusaha memadamkan kebakaran, jangan jadi penonton, sebab orang yang dekat lokasi kebakaran pasti ingin menyelamatkan hartanya sehngga api terbengkalai dan terus membesar maka peran orang jauh tersebut sangat menentukan.
  9. Mencatat nomor panggilan Petugas Pemadam Kebakaran terdekat pada HP atau telpon rumah sehingga secepatnya Petugas tersebut dapat dihubungi dan datang ke lokasi kebakaran.
  10. Senantiasa Hp dalam kondisi baterai penuh dan pulsa yang cukup untuk menelpon petugas pemadam kebakaran.
  11. Memeriksa kembali kompor atau apa saja yang berhubungan dengan api ketika mau tidur malam atau pun siang.
  12. Waspada Terhadap Anak-Anak. Memberikan pengawasan kepada anak-anak ketika mereka sedang bermain api atau benda lain yang bisa menjadi pemicu terjadinya kebakaran, seperti korek, kembang api, petasan, dll
  13. Waspada Terhadap Lampu Penerangan Api. Sering kali kebakaran terjadi karena lilin yang kita gunakan sebagai penerang saat mati lampu justru menyambar benda yang mudah terbakar, seperti gorden, seprei, kain, atau benda lain. Selain lilin juga ada lampu minyak yang juga patut kita perhatikan tempat peletakannya.
  14. Merawat dan Menggunakan Instalasi Listrik Yang Semestinya. Mengeluarkan beberapa rupiah untuk membuat instalasi listrik yang benar dan aman akan lebih baik dari pada harus kehilangan aset yang nilainya jauh lebih besar karena kebakaran. Selain itu biasakan untuk tidak menumpuk2 sambungan yang dapat mengakibatkan terjadinya beban berlebih kepada kabel sehingga kabel akan mudah panas dan terbakar.
  15. Waspada Terhadap Lingkungan Sekitar. Terkadang kebakaran tidak terjadi karena kesalahan atau kelalaian kita sendiri, bisa jadi karena orang lain, misalnya terjadi kebakaran pada bangunan di sebelah rumah kita, api yang besar dapat menjalar sampai ke rumah kita. Disini sangat penting untuk peduli terhadap lingkungan, memberikan pengertian tentang kebakaran kepada masyarakat, dll.(Sumber klik di sini!)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"