Kamis, 17 Mei 2012

5 Cara Membuat Anak Pintar dan Cerdas



Orangtua kerap bertanya pada para ahli pendidikan tentang cara membuat anak mereka jadi pintar dan cerdas. Tentu tidak semudah membalik telapak tangan jika menginginkan buah hati menjadi anak unggulan seperti yang diharapkan tersebut. Sebab ada banyak faktor yang berpengaruh terhadap kecerdasan seorang anak. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk membuat anak pintar dan cerdas. 

1. Pemberian ASI
Air Susu Ibu atau ASI adalah makanan pertama yang sebaiknya dikonsumsi oleh seorang bayi. ASI adalah makanan yang sangat tinggi nilai gizinya untuk pertumbuhan otak dan juga tubuh bayi. Terbukti, bayi-bayi yang hanya diberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama usianya, akan menjadi anak-anak dengan tingkat kecerdasan yang tinggi. 

2. Musik
Mendengarkan, bernyanyi, atau juga melibatkan anak dalam bermain musik, terbukti membuat otak kanan anak menjadi lebih berkembang. IQ seorang anak yang terbiasa beraktifitas dengan musik pun terbukti lebih tinggi, seperti disebutkan dalam hasil penelitian yang dilakukan oleh universitas Toronto. 

3. Makanan sehat. 
Makanan sehat adalah nutrisi yang menjadi sumber tenaga anak untuk beraktifitas. Jauhkan anak dari junk food sedini mungkin, sebab makanan itu hanya berisi kalori tinggi yang memicu obesitas. Beri anak nutrisi berupa sayur dan buah, serta protein dan kalori yang seimbang. 

4. Bermain bersama teman
Anak tak bisa dilepaskan dari aktifitas bermain. Selain mengembangkan kreatifitasnya, bermain juga mampu membuat anak lebih percaya diri, yang berarti juga lebih cerdas dan pintar. Seimbangkan antara kebiasaan anak bermain dengan teman, dan bermain dengan video game nya. 

5. Belajar
Kegiatan yang satu ini tak berarti anak harus duduk di kursi depan meja belajar dan membaca saja. Belajar adalah aktifitas dimana anak mempelajari hal-hal yang tak ia ketahui, namun dengan cara yang menyenangkan.(Sumber, Ibudanbalita).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"