Senin, 27 Mei 2013

Mata Anda Lelah? Langkah Ini Bakal Bikin Rileks

Pekerja kantor yang setiap harinya menggunakan komputer seringkali mengalami masalah dengan mata. Efek yang ditimbulkan akibat berkutat dengan layar komputer adalah mata lelah. Tidak perlu teknik sulit, langkah sederhana ini bantu memulihkan mata lelah Anda.

1. Perbaiki postur duduk
saat menggunakan komputer disarankan untuk duduk dengan nyaman dalam posisi seimbang. Selain itu, menjaga postur tulang belakang tetap dalam posisi senyaman mungkin. Tempatkan kaki Anda rata di lantai untuk memberikan kenyamanan dan menjaga postur tubuh, seperti dilansir dari Bangkok Post, Rabu (22/5/2013).

Mengapa posisi duduk berpengaruh pada kesehatan mata? Sebab, ketegangan mata disebabkan oleh postur tubuh yang buruk. Duduk selama berjam-jam di depan komputer dan tidak mengatur posisi yang tepat akan menyebabkan otot-otot di bagian kepala, leher dan bahu menjadi kaku. Pada akhirnya hal ini akan berpengaruh pada mata.

2. Berkedip
Seperti dilansir dari Natural Perfect Vision, berkedip adalah cara sederhana untuk menjaga mata Anda tetap segar dan bisa kembali fokus. Pengguna komputer dan televisi cenderung berkedip lebih sedikit, terutama saat sedang serius dan fokus pada sesuatu. Cobalah berkedip setiap 3-4 detik selama 2 menit.

Setiap kali berkedip mata Anda akan mengalami periode gelap yang singkat. Ini membantu menjaga mata Anda tetap segar dan juga mengurangi ketegangan mata.

3. Tutup mata dengan tangan
Hal ini dilakukan untuk menghilangkan tekanan di sekitar mata. Langkah ini juga dapat dilakukan untuk membiarkan mata Anda santai sejenak. Melakukan penutupan ini dapat memberikan perbedaan besar dalam hari-hari Anda. Lakukan dengan cara sebagai berikut:
- Tarik napas dalam-dalam sebelum memulai
- Buatlah diri Anda nyaman, kemudian condongkan tubuh ke depan dan biarkan siku bertumpu pada meja
- Tutup kedua mata Anda dengan tangan. Pastikan Anda bisa berkedip bebas dan tidak terlalu menekan mata

4. Beri pijatan ringan
Pijat ringan pada kelopak mata juga merupakan teknik lain yang memberi manfaat besar. Pertama, pastikan tangan Anda bersih. Kemudian tutup mata dan gunakan ujung jari Anda untuk memijat permukaan kelopak mata dengan lembut dan gerakan melingkar. Lakukan selama 1-2 menit hingga terasa lebih rileks.

Perlu diingat untuk melakukan latihan ini secara perlahan dan tidak mengerahkan banyak tekanan, sebab ini justru merusak mata Anda.

"Selain menutup mata dan membiarkan mata istirahat sejenak, cara lain seperti menggunakan tetes mata lubrikan (artificial tears) yang sekarang banyak dijual di pasaran juga dapat membantu memberikan efek rileks," ungkap dr Gitalisa Andayani, SpM, spesialis mata Departemen Ilmu Kesehatan Mata, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RSCM Kirana yang ditulis oleh detikhealth.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"