Senin, 27 Mei 2013

Katakan Cinta pada Mata dengan Cara Ini

Mata merupakan organ penting manusia karena informasi sehari-hari yang kita tangkap 83 persennya berasal dari mata. Cintailah mata bila Anda tak ingin berurusan dengan kacamata atau lensa kontak.

Anda tak perlu 'akrab' dengan kacamata bila bisa mencintai organ kecil tersebut. Membaca dalam jarak baca normal, penerangan yang cukup (menggunakan lampu baca), konsumsi makanan yang tinggi asupan vitamin seperti sayur dan buah, merupakan bukti nyata cinta Anda pada mata.

Namun bila tak pintar-pintar merawat mata, siap-siap saja diserang gangguan penglihatan. Tidak hanya soal mata minus (miopia) atau mata plus (hipermetropia), ada banyak masalah yang bisa mengganggu penglihatan.

"Banyak hal, namun menurut WHO adalah katarak, glaukoma, gangguan refraksi (kacamata), kelainan kornea, degenerasi makula dan retinopati diabetika," jelas Dr Gitalisa Andayani, SpM, dari Departemen Ilmu Kesehatan Mata FKUI-RSCM Kirana, saat dihubungi detikHealth, seperti ditulis Rabu (22/5/2013).

Menurut Dr Gita, berbagai kebiasaan bisa berakibat buruk pada mata, antara lain:

1. Menggosok mata
2. Memakai obat atau produk mata tanpa indikasi yang tepat
3. Merokok,
4. Tidak memakai kacamata padahal memerlukan.

"Bagi pekerja, terutama yang bisa berbahaya bagi mata, harus pakai pelindung untuk menghindari cedera mata," pesan Dr Gita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"