Senin, 27 Mei 2013

Ini Akibatnya Jika 'Si Mata Empat' Malas Pakai Kacamata

Penggunaan kacamata merupakan sebuah kebutuhan bagi seseorang dengan mata minus, plus, atau silinder. Seringkali alasan ketidakpraktisan membuat sebagian penderita mata ini malas menggunakan kacamata. Nah, apakah akibatnya jika si 'mata empat' terus dibiarkan tidak menggunakan kacamata?

"Seseorang dengan kondisi mata minus, plus, atau silinder yang enggan menggunakan kacamata akan membuat matanya menjadi lelah," ungkap dr Gitalisa Andayani, SpM, spesialis mata Departemen Ilmu Kesehatan Mata, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RSCM Kirana yang ditulis oleh detikhealth, Rabu (22/5/2013).

Menurut dr Gitalisa, seseorang yang sudah membutuhkan kacamata untuk membantu melihat, maka umumnya akan terus menggunakannya seumur hidup. Kecuali jika orang tersebut melakukan bedah refraktif atau lebih dikenal dengan lasik.

"Lasik merupakan tindakan memodifikasi bentuk kornea sehingga yang tadinya minus, plus, atau silinder (dengan batasan tertentu) bisa berkurang. Bisa juga hilang dan menjadi normal," imbuh dr Gitalisa.

Prosedurnya, setelah pasien datang ke rumah sakit mata, terutama yang memiliki fasilitas memadai untuk melakukan operasi lasik, maka akan dilakukan pemeriksaan oleh dokter mata dan pemeriksaan penunjang. Tindakan ini dilakukan untuk menilai apakah tindakan lasik bisa dijalankan.

Biaya untuk melakukan bedah lasik bervariasi, namun diperkirakan oleh dr Gitalisa tindakan ini membutuhkan biaya sekitar Rp 8 juta ke atas per mata. Biaya ini dibutuhkan bergantung pada teknik yang dilakukan.

Dilanjutkan oleh dr Gitalisa, kondisi mata minus, plus, dan silinder ada kemungkinan akan selalu bertambah dari waktu ke waktu, khususnya pada anak-anak. Sedangkan pada orang dewasa berusia 18 tahun ke atas relatif stabil.

"Pada dewasa memang relatif stabil, namun terkecuali untuk kondisi tertentu. Misalnya saat berusia di atas 40 tahun, ada risiko timbulnya presbiopia atau 'mata tua'," imbuh dr Gitalisa.

Presbiopia merupakan bagian dari proses penuaan alami mata dan dapat diobati. Secara teknis, presbiopia adalah hilangnya kemampuan mata untuk mengubah fokus melihat benda-benda yang dekat, seperti dilansir dari Web MD.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"