Senin, 27 Mei 2013

Akibat Sering Gunakan Komputer dan Cara mengatasinya

Tak sedikit orang yang menghabiskan waktunya di depan komputer selama delapan jam atau lebih saat bekerja. Lamanya akan semakin bertambah jika di rumah Anda masih juga menatap komputer untuk urusan bisnis atau pekerjaan yang lain. Duduk terlalu lama di komputer setiap hari bisa merugikan kesehatan. Mulai dari mata lelah, leher kaku hingga membuat postur tubuh bungkuk. Segera atasi dengan langkah-langkah berikut yang dikutip dari Cosmopolitan USA.



1. Garis Halus di Wajah
Saat menatap komputer dalam waktu lama, secara tidak sadar Anda akan mengernyitkan dahi atau memicingkan mata. Menurut dermatologist Dr. Boris Zaks, "Jika seseorang terlalu banyak memicingkan mata karena terlalu lama menggunakan komputer, maka akan terbentuk garis-garis halus dan kerutan di sekitar mata dan antara kedua alis."

Solusi: Krim mata akan membantu membuat kulit di area mata lebih lembab dan elastis. Jika ingin mencoba cara alami, Dr. Boris menyarankan untuk menggunakan teh chamomile. Didihkan air dan teh chamomile, celupkan handuk ke teh, peras airnya dan gunakan handuk yang telah dibasahi untk mengompres kulit mata selama 10 menit. Lakukan seminggu dua kali.

2. Lingkaran Gelap Bawah Mata
Semakin lelah berada di depan layar komputer, lingkaran gelap bawah mata akan semakin terlihat. Hal itu akan membuat Anda terlihat lelah, kusam dan tak berenergi.

Solusi: Istirahatkan mata sejenak dari layar komputer. Anda bisa memejamkan mata selama 10 menit atau berjalan-jalan sebentar. Apabila menggunakan komputer di rumah, atur komputer ke mode hibernate atau freeze dan tidurlah untuk beberapa saat sambil mengompres mata dengan irisan ketimun.

3. Mata Kering
Terlalu lama menatap cahaya dari layar komputer tidak baik bagi kelembaban mata. Selain itu syaraf mata juga lebih tegang sehingga mata menjadi lelah dan kering.

Solusi: Ikuti rumus 20-20-20. Alihkan pandangan dari layar komputer setiap 20 menit dan pandanglah sesuatu dengan jarak 20 kaki (sekitar 6 meter) dari Anda selama 20 detik. Anda juga mungkin perlu memejamkan mata beberapa menit. Untuk kekeringan pada mata, berkediplah lebih sering (mata akan memproduksi air mata yang membuat pandangan lebih jelas dan segar. Jika belum cukup, berikan beberapa obat tetes mata.

4. Otot Kaku & Pundak Nyeri
Menurut Dr. Anne Rettiq, dokter anak dan keluarga dari Northwestern Medicine, banyak orang memikul tekanan di leher mereka. Itulah yang menyebabkan otot kaku dan pundak yang nyeri lebih banyak dialami di tempat kerja. "Hal ini juga bsia terjadi bila komputer Anda tidak di-set dengan benar," ujarnya.

Solusi: Pastikan Anda mengatur meja dan komputer dengan baik. Komputer sebaiknya berada tepat di depan Anda saat duduk. Anne menyarankan untuk sering-sering bangun dan bergerak. Putar-putar leher sehingga Anda tidak terus berada di posisi yang sama dalam waktu lama. Sesekali pijat area leher dan pundak dengan tangan sendiri agar otot lebih relaks.

5. Sakit di Tulang Belakang
Sakit pada punggung dan tulang belakang banyak disebabkan karena tidak memiliki otot pusat (perut) yang cukup kuat. Postur Anda tidak ideal karena otot perut tidak mampu menopang tubuh bagian atas dengan baik.

Solusi: Latih otot pusat tubuh dengan yoga, Pilates atau sit up untuk mencegah sakit tulang belakang. Dalam beberapa kali seminggu, ganti tempat kursi kerja Anda dengan rubber ball atau fitness ball. Cara ini akan melatih otot pusat, yaitu sekitar perut jadi lebih seimbang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"