Minggu, 26 Mei 2013

Tips Menentukan Jurusan Kuliah Agar Tidak Salah Pilih

http://007beritaterkini.blogspot.com/2013/05/tips-menentukan-jurusan-kuliah-agar.html
BU&M~Wah, setelah kemaren bergelut dengan Ujian Nasional, sekarang saatnya buat kalian memilih tempat kuliah dan Wah, setelah kemaren bergelut dengan Ujian Nasional, sekarang saatnya buat kalian memilih tempat kuliah dan jurusan nih. mimin yakin banget nih, pasti banyak banget yang masih bingung mau ambil jurusan apa yang sesuai dengan kalian. Bener kan?

Emang bener banget, saat seperti ini tuh bikin galau gitu men. Tapi jangan khawatir, kali ini ETC bakal kasih kalian Tips buat memilih jurusan yang tepat buat kalian. Tapi, lebih tepatnya bukan tips sih, mungkin sedikit pencerahan buat kalian yang mau memilih jurusan kuliah. Oke, langsung aja simak.
Pertanyan pertama kalian pasti, bagaimana sih kita bisa decide atau memutuskan jurusan apa yang harus kita ambil?
Untuk menjawabnya :
1. Kenali Diri Kalian Sendiri
Bener banget nih men. Kenalilah dengan baik apa yang ada pada diri kalian, baik dari kelebihan dan kekurangan kalian. Kalian lah yang jalani hidup kalian. So, know yourself better. Jadi kalian tau lah yang terbaik buat diri kalian sendiri.
2. Ketertarikan atau Kesukaan Kalian
Setelah kalian tau apa yang ada pada diri kalian, maka kalian juga harus tau hal apa yang paling kalian suka atau bikin kalian tertarik. Ini penting banget men, gak kebayang kalo kalian harus stuck selama 4 tahun di jurusan yang gak kalian sukai. Kalian gak bakal menikmati kuliah kalian. Jadi, sebelum memilih jurusan, kalian harus tau passion kalian itu di bidang apa.

3. Bakat Kalian
Ya, apa sih bakat kalian? Coba kalian ingat-ingat lagi, penghargaan apa yang kalian pernah dapat sewaktu sekolah. Baik yang bersifat akademis maupun non-akademis. Misal kalian berbakat jadi ketua organisasi, jadi jurnalis atau mungkin berbakat menjadi ahli fisika karena kalian suka dengan ilmu fisika. Ya, dengan kalian tau bakat kalian, kalian jadi bisa masuk jurusan yang sesuai dengan kalian.

4. Motivasi Kalian
Dengan motivasi, semangat hidup kalian akan terus terpacu dan terarah. Kalau kalian gak punya motivasi, kalian seperti gak punya arah, semangat, dan tujuan setelah kalian lulus dari kuliah kalian. Banyak dari mereka yang sudah kuliah, kemudian harus berhenti karena mereka gak cozy gitu dengan jurusan yang mereka ambil. Biasanya, mereka mengambil jurusan tersebut hanya karena ikut-ikutan teman atau saran dari orang lain. Kemudian, diambilah jurusan tersebut yang sebenarnya mereka gak suka

Jadi, sebelum mengambil jurusan, ada baiknya kalian tulis dulu beberapa nominasi jurusan yang kalian minati. Tulislah apa motivasi atau alasan kalian memilih jurusan-jurusan tersebut. Kemudian, pilih jurusan yang paling banyak alasan kenapa kalian memilih jurusan tersebut. Jadi, jangan gara-gara ikut-ikutan teman terus kalian jadi salah jurusan. Kembali ke nomor satu men, know yourself better.

5. Prinsip Kalian
Sekarang saatnya kalian pikirkan apa sih prinsip-prinsip yang ada pada diri kalian? Kemudian cocokkan dengan jurusan kuliah yang mau kalian ambil. For example, saya ambil jurusan Teknik Informatika. Jurusan itu karena sesuai dengan prinsip saya. Information Technology akan terus berkembang dan gak ada habisnya. Jadi saya harus memperdalam ilmu di bidang IT tersebut. Nah, kalau prinsip kalian sama, kalian bisa ambil jurusan seperti saya. Tapi, kalau mungkin prinsip kalian berbeda, misal kalian gak perlu memperdalam ilmu di bidang IT, ya berarti kalian cari jurusan lain yang sesuai prinsip kalian.

6. Harapan kamu di masa depan
Coba deh kalian jawab pertanyaan ini. Apa sih harapan kalian di masa depan? Atau mau jadi apa sih kalian? Pertanyaan itu penting buat kalian jawab. Karena dengan menjawabnuya, kalian jadi tau harus ambil jurusan apa biar tujuan dan harapan kalian tersebut tercapai.

Nah, kalau kalian udah tau jurusan apa yang harus kalian ambil. Barulah kalian cari universitas atau colleges yang ada jurusan sesuai keinginan kalian, dan juga mampu mengakomodasi pilihan jurusan kalian tersebut. Oke deh, semoga bermanfaat dan sukses selalu buat kalian semua. Jangan lupa di share ya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"