Senin, 27 Mei 2013

Kacamata atau Lensa Kontak, Mana yang Lebih Aman?

Seseorang yang memiliki gangguan penglihatan memerlukan kacamata atau lensa kontak untuk membantu melihat objek dengan jelas. Nah, mana yang lebih aman: kacamata atau lensa kontak?

"Kacamata aman dari sisi medis, namun seringkali tidak nyaman terutama bila tebal. Lensa kontak bagi sebagian besar pemakai, terutama minus tinggi lebih nyaman, namun harus dengan perawatan yang baik, karena kontak dengan kornea lmembuat risiko iritasi dan infeksi lebih besar," terang dr Gitalisa Andayani SpM, spesialis mata dari Departemen Ilmu Kesehatan Mata Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia RS Cipto Mangunkusumo Kirana, dalam perbincangan dengan detikHealth.

Untuk anak, lebih baik memakai kacamata atau lensa kontak? Menurut dr Gita, memakai kacamata lebih disarankan. Namun bila anak ingin memakai lensa kontak, pastikan dia cukup mandiri atau cukup dewasa untuk merawat.

"Menurut kepustakaan, paling muda usia 11 tahun," ucap dr Gita.

Untuk orang tua, dr Gita juga lebih menyarankan penggunaan kacamata. Sedangkan bagi orang yang memiliki minus tinggi, misalnya lebih dari 5, karena kacamata terkadang berat atau tidak nyaman maka lensa kontak bisa dimanfaatkan.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan saat memilih akan menggunakan kacamata atau lensa kontak, seperti dikutip dari Boldsky:

1. Pandangan Lebih Luas dengan Lensa Kontak

Lensa kontak membuat mata memiliki pandangan yang lebih luas. Hal ini dikarenakan lensa menempel di bola mata sehingga bisa mencakup pandangan dari semua sudut.

2. Kacamata Melindungi Mata dari Cahaya Langsung

Saat Anda bekerja di depan komputer, cahaya dari layar komputer langsung mengenai mata. Nah, bila Anda mengenakan kacamata, maka cahaya yang terus menerus tersebut tidak akan langsung mengenai mata. Dengan lapisan anti-silau, kacamata melindungi mata jauh lebih baik daripada lensa.

3. Mata Kering karena Lensa Kontak

Lensa kontak menghalangi oksigen masuk ke mata. Karena lensa tersebut melekat di bola mata, maka bisa membuat mata menjadi kering. Akibatnya Anda akan mengalami masalah mata merah, kering, dan gatal apabila memakai lensa kontak dalam waktu lama. Untuk mengurangi keluhan mata kering, pengguna lensa kontak umumnya sering menggunakan tetes mata.

4. Kacamata Tak Bisa Membuat Anda Bebas Memandang

Memang benar kacamata bisa memperbaiki keluhan rabun pada mata. Namun kacamata seolah membingkai pandangan penggunanya. Si pemakai tidak bisa melihat area di luar kacamatanya. Sedangkan bila Anda memakai lensa kontak, Anda bisa mengedarkan pandangan hingga 360 derajat.

5. Mana yang Lebih Enak Dipakai Travelling?

Mungkin Anda punya lensa kontak dan kacamata, tapi mana yang akan Anda bawa untuk travelling? Saat hujan, kacamata bisa basah dan bahkan berkabut sehingga mengganggu penglihatan.

Tapi jika Anda bersepeda maka lensa kontak bisa lepas atau debu bisa masuk ke mata. Jika air hujan masuk ke mata saat Anda mengenakan lensa kontak, maka akan menghalangi pandangan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"