Selasa, 28 Mei 2013

Perbandingan yang Mengejutkan Samsung Galaxy Note 8.0 VS Ipad Mini

Perbandingan yang Mengejutkan Samsung Galaxy Note 8.0 VS Ipad Mini Setelah Apple meluncurkan ipad mini beberapa waktu yang lalu, kembali samsung sebagai musuh bebuyutan Apple membuat gebrakan yang sangat menyayat hati Apple, ya Samsung kembali mengeluarkan Samsung Galaxy Note 8.0 pada 24 Februari lalu melalui ajang Mobile World Congress 2013 yang di gembor-gemborkan akan menjadi saingan ketat ipad mini. Seperti di infokan beberapa media tablet samsung galaxy note 8.0 akan dipasarkan pada kuartal kedua tahun, Mampukah samsung galaxy note 8.0 melawan ipad mini?

Galaxy Note 8.0 vs iPad Mini : Harga

Soal harga memang sangat berimbang antara Galaxy Note 8 dan Ipad mini yakni seperti di kabarkan yaitu harga samsung Galaxy Note 8 $300 hingga $350 untuk model 16GB. Sementara iPad Mini versi 16GB dijual dengan harga $329.  Tidak terlalu jauh perbedaan apabila di lihat dari sisi harga untuk itu konsumen harus pandai dalam memilih untuk membeli ipad mini atau samsung galaxy note 8 walau harga tidak jadi berbandingan yang berarti maka konsumen bisa melirik dari segi peforma dan kinerja tablet mini ini.

Galaxy Note 8.0 vs iPad Mini : Konektivitas

Melihat dari segi konektivitas Samsung Galaxy Note 8 memiliki dua pilihan  yaitu 3G dan 4G LTE. dan dua-duanya dilengkapi dengan berbagai fitur konektivitas termasuk Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct dan Bluetooth 4.0 dengan A2DP. Note 8.0 juga dibekali dengan slot  microSIM sehingga dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon layaknya sebuah ponsel. Sebagai tambahan, disajikan pula port infrared untuk berkomunikasi dengan perangkat yang juga dilengkapi infrared seperti untuk dijadikan remote smart tv. Tidak jauh berbeda dengan saingannya Ipad mini tersedia dua varian yaitu Wi Fi only dan perpaduan Wi Fi dan 3G/LTE. Untuk model 3G/LTE juga dilengkapi fitur konektivitas melalui Wi-Fi 802.11a/b/g/n dan Bluetooth 4.0. Apple juga melengkapi tabletnya dengan Nano-SIM sehingga mampu melakukan panggilan telepon melalui jaringan 3G/LTE dan juga kedua-dua nya memiliki konektifitas  bluetooh namun kedua-duanya tidak memiliki fitur infra red.
Perbandingan yang Mengejutkan Samsung Galaxy Note 8.0 VS Ipad Mini Pictures

Galaxy Note 8.0 vs iPad Mini : Kamera

Samsung Galaxy Note 8.0 dan iPad Mini bisa di katakan seimbang di bidang kamera .Samsung Galaxy Note 8.0 dan iPad Mini dilengkapi kamera utama 5MP dengan autofokus dan kemampuan geo-tagging. Namun ada perbedaan terletak di sisi kamera depan, Karena Note 8.0 dilengkapi dengan kamera 1.3MP dengan kemampuan merekam video dan dilengkapi dengan fitur khusus Smart Stay yang mampu mengenali penggunanya untuk membuka kunci layar saat pengguna melihat ke layar dan mengunci layar ketika pengguna tidak lagi fokus melihat layarnya. Sedangkan ada kekurangan pada  iPad Mini yaitu dengan kamera depan 1.2MP yang mampu merekam video HD 720p 30fps. Kamera depan ini juga sudah mendukung dengan kemampuan deteksi wajah dan FaceTime  untuk melakukan panggilan video melalui koneksi Wi-Fi atau 3G.

Galaxy Note 8.0 vs iPad Mini : Memory

Lagi-lagi samsung note 8 menyalip ipad mini di bidang memori kapasitas memory galaxy note terdapat dua jenis yaitu 16GB dan 32 GB namun ke lebihannya dapat di tambah lagi hingga 64GB memory external. Berbeda dengan Ipad mini memorynya tersedia dalam pilihan 16GB, 32GB, dan 64GB namun sungguh di sayangkan tidak terdapat slot untuk memory external pada ipad mini.

Galaxy Note 8.0 vs iPad Mini : Baterai

Memang baterai menjadi hal yang sangat riskan untuk sebuah gadget karena apabila kemampuan baterai kurang memuaskan walaupun fitur banyak juga akan mengurangi minat terhadap gadget tersebut, Galaxy Note 8.0  memiliki kapasitas baterai 4400mAh sedangkan iPad Mini dipersenjatai dengan baterai berkapasitas 4600mAh sedikit lebih tinggi untuk iPad Mini namun hal ini tidak memberi perbedaan yang jauh antara ipad mini dan samsung galaxy note 8.

Galaxy Note 8.0 vs iPad Mini : Sistem Operasi

Sistem operasi pada Galaxy Note 8.0 dan ipad mini sangat berbeda galaxy note 8 menggunkan OS dari google yaitu Android 4.1.2 Jelly Bean Android adalah sistem operasi gratis yang di kembangkan  oleh google dan saat ini menjadi os paling banyak di gunakan pada smartphone dan tablet di dunia, sementara Apple iPad Mini dijalankan dengan OS iOS 6.1 dan OS iOS adalah OS yang di kembangkan oleh Apple sendiri dan OS ini juga sangat tertutup bagi pengembanngan memang dalam beberapa hal iOS lebih baik seperti masalah security. Namun disisi software, Note 8.0 memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan iPad Mini. Pertama, dengan kehadiran rangkaian Samsung Smart Function yang sangat dibutuhkan pengguna untuk berbagai keperluan. Satu lagi kelebihan juga Note 8.0 memiliki akses ke seluruh aplikasi yang menggunakan S-Pen yang sangat mengagumkan, dan apabila Anda membutuhkan tablet yang dapat digunakan untuk menggambar, pastikan Anda memilih Samsung Galaxy Note 8.0.

Galaxy Note 8.0 vs iPad Mini : Dapur Pacu

Bicara soal dapur pacu Samsung galaxy note 8 lebih di depan karena samsung galaxy note 8 menggunkan  dapur pacu yaitu chipset Samsung Exynos 4 Quad. Prosesor quad core berkecepatan 1.6GHz ini dipadukan dengan GPU Mali 400 MP dan RAM 2GB.  Sedangkan iPad Mini menggunakan chipset Apple A5, dikawinkan dengan prosesor Cortex-A9 dual core berkecepatan 1GHz dan menggunakan  GPU PowerVR SGX543MP2 dan RAM 512MB yang berarti lebih rendah dari pada Samsung Galaxy Note 8.0, Namun demikian Ipad Mini tidak terlalu buruk karena dapat menjalankan semua tugasnya dengan mulus.

Kesimpulan

Memang nampak perbedaan di sana sini antara ipad mini dan galaxy note 8 memang tidak terlalu jauh perbedaan antara satu sama lain, walaupun demikian untuk pemilihan anda dapat menetukannya sendiri, pilih tablet mungil dari Apple atau Samsung sesiai kebutuhan dan style anda saran dari congkel sebelum membeli salah satunya adabaiknya untuk mecoba keduanya baik punya teman atau di tempat penjualan untuk memutuskan yang mana lebih cocok untuk anda. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"