Selasa, 28 Mei 2013

Cara Install Android Emulator di PC


Cara Install Android Emulator di PC
Bagi pengembang Aplikasi Android mungkin sudah menjadi hal wajib untuk install Emulator android di PC. Sebenarnya apa sih emulator android itu? Emulator Android itu … OS Android yang di jalankan di PC untuk keperluan pengembangan aplikasi android yang akan di jalankan pada perangkat sebenarnya, bisa juga hanya sekedar pengen merasakan bagaimana cara kerja sistem android bagi yang tidak memiliki perangkat android namun sayang tidak semua fungsi berjalan seperti di ponsel android sebenarnya.

Berikut Langkah Menginstall Android ke PC:
  1. Persiapan yang harus di lakukan adalah Aplikasi Pendukung Emulator harus terinstall di PC yaitu Aplikasi Java, Java Runtime dan Java SE Developers atau Eclipse Classic find it in Google ya .
  2. Untuk Aplikasi Eclipse pilih Eclipse IDE for Java Developers atau Eclipse Classic dan versi Eclipsenya minimal Galileo atau yang terbaru.
  3. Download dan Install/Ekstrak Android SDK Starter Package. Download di sini. Jika kamu download file *.zip/*.tgz, cukup unpack/ekstrak file tersebut. Pada umumnya, setelah diekstrak akan terdapat folder android-sdk-[nama machine]. Ingat lokasi hasil ekstrakan. Hal ini akan dipakai ketika melakukan setting ADT Plugin atau memasang SDK Tool melalui command line.
  4. Setting path Android, Untuk OS Linux, misal Android-sdk tadi diekstrak di /home/mashendri/android maka silakan edit file ~/.bash_profile atau ~/.bashrc, tambahkan export PATH=/home/mashendri/android/tools. Untuk Windows klik kanan My Computer > Properties > Tab Advanced > Environment Variables > double klik pada PATH, tambahkan lokasi dimana android-sdk berada (misal android-sdk diekstrak di c:/android maka path yang ditambahkan c:/android/tools). Setting PATH ini sebenarnya bersifat optional ketika kita ingin melakukan suatu konfigurasi android melalui console/command line.
  5. Download Android SDK Platform-tools dan pilih versi Android yang dikehendaki. Jika menggunakanAndroid SDK Manager tinggal centang versi yang diinginkan > klik Install xxpackages (xx tergantung berapa yang harus terinstall). Selanjutnya pada window Choose packages to install > pilih Accept all >Install. Silakan tunggu proses downloading.
Alternatif  (Install Emulator secara Offline) 
  • Download Android SDK Platform tools di sini.
  • Download versi Android yang diinginkan. (  FroyoGingerbreadHoneycomb )
  • Buat folder baru di folder hasil ekstrak/install Android SDK (lih. tahap no 3) bernama temp.
  • Copy file Android SDK Platform tools dan Platform android yang diinginkan ke dalam folder temp tadi. Ingat jangan diekstrak, biarkan berekstensi *.zip.
  • Jalankan android SDK Manager. Install yang diperlukan saja yaitu Android SDK Platform Tools dan SDK Platform Android yang dipilih. Double klik paket yang tidak diinginkan agar tidak terinstall. Jangan klik Install.
  • Disable koneksi internet, karena kedua file (Android SDK Platform Tools dan SDK Platform Android) sudah kita download sebelumnya. Baru kemudian klik Install.
  • Jika muncul tampilan ADB Restart pilih Yes.
Cara Pasang/tambahkan plugin untuk Eclipse, namanya ADT Plugin
  • Jalankan Eclipse > Pilih workspaces (jadikan satu saja dengan folder android-sdk).
  • Klik Help > Install New Software
  • Klik Add pada pojok kanan atas, pada kolom Name isikan ADT Plugin sedangkan location isikanhttps://dl-ssl.google.com/android/eclipse/ | Jika koneksi internet lambat ganti https menjadi http > Klik OK
  • Tunggu sebentar sampai muncul pilihan Developer Tools > klik Next > Jendela Install detail > KlikNext
  • Ada 3 lisensi yang mesti kita perhatikan ( Apache licenses dan 2 BSD Licenses), pilih I accept the term…. > Finish.
  • Proses menginstall software. Tunggu sampai proses install selesai.
  • Jika proses selesai, klik menu Windows pada Eclipse> Android SDK and AVD Manager
  • Muncul jendela Android SDK dan AVD Manager > pilih Available packages > pilih/centang minimalDocumentation For Android SDK, SDK Platform For Android, Samples for SDK (versi sesuai yang diinginkan) > tunggu proses download dan installasinya.
Jika semua paket sudah terinstall dengan benar pada Android SDK dan AVD Manager pilih Virtual Devices > pilih New…
Membuat AVD (Android Virtual Devices), yaitu tools untuk membuat perangkat bergerak secara virtual.
  • Name : isikan versi andrroid kita, misal Android Gingerbread
  • Target : pilih yang ada dan yang terbaru. Kalo Gingerbread berarti pilih Android 2.3 – API Level x (x = angka/pilih yang terbaru)
  • SD Card : isikan berapa (MiB) SD Card yang akan kita pasang dalam AVD. Isi minimal 2 GB/2000 MB
  • Terakhir, Create AVD.
Jalankan AVD dengan klik Start… pada list AVD yang telah kita buat di atas. Muncul jendela Launch Option > klik Launchs
 
Proses Instalasi Emulator di PC selesai, dan selamat menikmati, mungkin ada pembaca yang ingin mendalami pengembangan aplikasi android karena saat ini  aplikasi android sedang naik daun.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"