Jumat, 22 Juni 2012

Rasa Pedas Lada Hitam Menyehatkan Pencernaan

Ternyata Rasa Pedas Lada Hitam Menyehatkan Pencernaan
Rasanya yang pedas bisa membuat keringat bercucuran. Rempah pedas ini sering digunakan untuk bumbu masakan Asia. Meskipun bisa membuat lidah bergetar tenyata rempah yang satu ini sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Bentuk buahnya kecil dan sering dikeringkan atau dibuat bubuk, diameternya sekitar 5 mm. Lada hitam berasal dari Asia Tenggara dan Cina. Saat ini negara Vietnam adalah pengekspor terbesar di dunia. Rasa pedasnya berasal dari kimia piperine.

Tanaman yang banyak tumbuh didaerah tropis ini tumbuh merambat. Pada pohonnya terdapat buah dan bunga kecil berwarna putih. Mirip buah beri dan biasa disebut merica. Buah yang utuh biasanya dikumpulkan untuk rempah atau bumbu masakan.

Lada hitam merupakan rempah yang menyehatkan. Selain enak untuk dinikmati, manfaatnya juga banyak untuk tubuh. Anda juga bisa mencampurkan lada hitam pada secangkir kopi, hasilnya aroma kopi bisa semakin harum tanpa meninggalkan jejak aroma lada. Dalam 100 gram mengandung 365 kkal energi, 11,5 g protein, 6,8 g lemak dan 64,4 g serat.

Sebuah penelitian menemukan bahwa lada hitam bermanfaat untuk tubuh. Terutama dapat meningkatkan fungsi saluran pencernaan. Lada hitam juga dapat merangsang sekresi yang bisa menggugah selera makan.

Meskipun rasanya pedas rempah ini tidak akan mengganggu pencernaan, justru dapat meningkatkan cairan pencernaan yaitu asam klorida. Cairan ini akan memecah protein dalam lambung untuk memperbaiki proses pencernaan. Lada hitam juga mengandung antioksidan, yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Bagi Anda yang suka rasa pedas, jangan takut untuk mencoba sensasi peda lada hitam. Selain pedas kesehatan pencernaan juga terjaga. Bagi yang menderita asam lambung sebaiknya jangan terlalu banyak konsumsi rempah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"