Sabtu, 23 Juni 2012

Inilah 10 Hal yang Membuat Pelamar Tidak Diterima Usai Wawancara Kerja

Wawancara kerja sangat menentukan diterima atau tidaknya seseorang pada sebuah perusahaan. Oleh karena itu sangat penting untuk memberikan performa yang terbaik saat diwawancara.

Kesalahan bisa terjadi dimana saja, tidak terkecuali saat wawancara kerja. Inilah hal-hal yang bisa membuat Anda gagal diterima di sebuah perusahaan:

1. Tidak Percaya Diri
Terlihat terlalu malu dan tidak percaya diri juga bukanlah sikap yang baik saat wawancara kerja. Jawaban Anda yang terbata-bata dengan nada ragu-ragu serta suara yang kecil hanya akan membuat Anda tampak lemah.

2. Kurang Siap
Persiapan untuk wawancara kerja tentunya sangat penting. Dengan persiapan yang cukup, maka Anda dapat menjawab pertanyaan dengan baik. Jangan lupa untuk mempelajari profil perusahaan tempat Anda diwawancara. Terkadang, mereka akan menanyakan sejauh mana Anda mengetahui tentang perusahaan mereka.

3. Terlalu Pasif
Menjawab pertanyaan seadanya membuat Anda seolah tidak tertarik pada pekerjaan tersebut. Tunjukkan sedikit rasa antusias pada pekerjaan yang Anda ajukan. Buatlah orang yang mewawancara Anda berpikir bahwa Anda tertarik untuk mengisi lowongan yang ada di dalam perusahaan.

4. Jawaban Klise
Jangan terlalu banyak menyampaikan konsep yang masih di awang-awang. Jawablah setiap pertanyaan dengan lugas, singkat serta padat. Bicaralah seperlunya dan langsung pada intinya. Berbicara berputar-putar dengan segala teori hanya akan membuat Anda terdengar membosankan.

5. Sombong
CV serta daftar panjang pengalaman bukanlah hal yang menghalalkan Anda bersikap arogan. Boleh jadi kualifikasi Anda tinggi, namun harus tetap rendah hati. Bisa dijamin, tak ada seorang pun yang ingin memiliki karyawan dengan watak arogan dan keras kepala.

6. Terlambat
Jika hal ini terjadi, maka Anda telah memberikan kesan pertama yang sangat buruk. Perkirakan waktu yang harus Anda habiskan menuju tempat wawancara dan jika sesuatu terjadi di perjalanan sehingga membuat Anda terlambat, setidaknya Anda memiliki nomor kontak perusahaan yang akan mewawancarai Anda dan segeralah memberitahu halangan yang sedang Anda hadapi.

7. Telepon
Matikan telepon genggam Anda saat wawancara berlangsung. Hal ini untuk mengantisipasi jika ada telepon, SMS ataupun BBM masuk. Jika Anda terlupa dan berbunyi saat wawancara, maka matikan saat itu juga dan ucapkan permohonan maaf.

8. Berbicara Negatif
Anda mungkin membenci pekerjaan dan bos Anda sebelumnya, namun jangan pernah mengatakan hal ini saat wawancara kerja. Anda tidak pernah tahu jika orang yang mewawancarai Anda adalah kenalan bos Anda.

9. Salah Kostum
Penampilan adalah hal yang pertama yang akan dinilai para pewawancara. Sebisa mungkin cari tahu budaya kantor tempat Anda melamar. Lain perusahaan, lain pula budayanya. Namun jika Anda ingin tampil 'aman', padanan kemeja putih dan rok pensil atau celana pipa hitam. Pakailah sepatu hak tinggi yang tertutup agar penampilan Anda lebih rapi dan tangguh.

10. Membicarakan Gaji Sebelum Ditanya
Semua pewawancara tahu bahwa orang cenderung pindah kerja untuk mencari penghasilan yang lebih baik. Namun jangan pernah menanyakan soal gaji jika mereka tidak memulainya, termasuk juga untuk negosiasi gaji. Karena hal tersebut terbilang sensitif. Jadi sebaiknya diungkapkan pada waktunya nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"