Jumat, 22 Juni 2012

Inilah 5 Makanan Yang Bisa Bikin Perut Kembung

Susu dan Keju Bisa Bikin Perut Kembung
Akhir - akhir ini perut terasa mual, sesak atau kembung? Bisa jadi, ada banyak gas pada perut yang bikin tidak nyaman. Coba perhatikan apa yang Anda makan. Jangan-jangan makanan yang Anda makan memicu terjadinya perut kembung.

Perut sering kembung setelah makan? Rasanya tentu saja tidak enak. Merasa penuh padahal makan tidak banyak. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh makanan, meski terkesan ringan, namun jangan sepelekan masalah yang bisa bikin rasa tidak nyaman.

Menurut the American College of Gastroenterology, ada beberapa makanan sehat yang bisa memicu gas pada lambung, sehingga bikin perut kembung.

1. Jeruk
Buah jeruk memang bisa menyebabkan timbulnya gas dalam perut. Namun, menurut MedlinePlus makan grapefruits, jeruk keprok dan plum bisa membantu mencegah penumpukan gas pada sistem pencernaan tubuh. Minum jus dengan buah yang tidak matang juga bisa memicu gas dalam perut.

2. Buncis dan lentil
Menurut Drexel University College of Medicine, kacang-kacangan dan lentil merupakan makanan yang mengandung gizi tinggi, tapi juga merupakan sumber gas. Sebab mengandung oligosakarida, sejenis gula kompleks yang dapat menghasilkan gas dalam usus dan lambung yang bikin perut kembung dan terus bersendawa.

3. Lobak dan kubis
Makan lobak dan kubis bisa memicu perut menjadi kembung untuk sebagian orang. Mereka memiliki serat yang sulit dicerna yang memicu usus besar memproduksi gas.

4. Brokoli dan Kembang kol
Merupakan sayuran yang bisa memicu gas sehingga menyebabkan masalah pada lambung. Brokoli termasuk sayuran yang mengandung serat larut, jenis serat yang sulit hancur dan apabila sampai di usus besar bisa menimbulkan gas.

5. Laktosa
Menurut the American College of Gastroenterology, makanan yang mengandung laktosa seperti susu, yoghurt, keju dan es krim bisa memicu terjadinya gas lambung bagi sebagian orang.

6. Makanan pedas
Makan makanan pedas terkait dengan produksi gas pada lambung. Bisa memicu terjadinya gas lambung yang bikin perut kembung dan tidak nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"