Minggu, 17 Juni 2012

Inilah 10 Tips Merawat Kulit Agar Bersih dan Sehat

 
 Menjaga kulit yang bersih, jelas sangat penting untuk membantu mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat. Memerangi jerawat yang sudah timbul di kulit muka jauh lebih sulit dan lebih mahal daripada mencegah timbulnya jerawat, sehingga agar kulit wjah anda bebas jerawat maka anda harus mengembangkan kebiasaan untuk menjaga kebersihan serta kesehatan kulit anda.
Kebiasan harian anda tidak harus memakan waktu yang lama atau berharga mahal, tapi perlu menjaga kedisiplinan agar menjadi kebiasaan sehari-hari yang efektif. Berikut ini sepuluh tips untuk membersihkan kulit.

1. Basuh wajah anda dengan air setidaknya dua kali setiap hari, menggunakan sabun khusus wajah dan air bersih. Air hangat dapat membuka pori-pori, sehingga cucilah wjah dengan air hangat. Setelah itu basuh dengan air dingin untuk menutup pori-pori dengan cara memercikannya ke wajah anda, untuk memastikan bahwa pori-pori Anda dilindungi dari pengaruh lingkungan. Begitu juga basuh wajah dengan air dingin sebelum menerapkan make up ke wajah anda.

2. Kurangi penggunaan kosmetik sebisa mungkin. Karena kosmetik dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Jika Anda harus memakai make-up, pastikan bahwa Anda menggunakan produk hypoallergenic, atau produk untuk kulit sensitif. Basuh wajah wajah Anda dengan air dingin sebelum menerapkan make-up, dan pastikan Anda mencuci semua make-up sebelum tidur.

3. Jauhkan rambut dan tangan dari wajah anda. Rambut dan tangan mengandung minyak yang dapat menyebabkan jerawat. Ketika mengoleskan krim atau make up untuk wajah, gunakan aplikator - bukan tangan Anda. Jangan bersandar dengan tangan di wajah Anda. Jauhkan rambut Anda dengan memposisikannya ditarik dibelakang telinga atau ikat kebelakang.

4. Perbanyak minum air putih. Air membantu untuk mendetoksifikasi tubuh dan kulit kita, membersihkan kita dari unsur-unsur yang membuat kita sakit, serta elemen yang dapat menyebabkan jerawat.

5. Makan makanan diet seimbang, dan pastikan bahwa Anda menyertakan banyak buah-buahan dan sayuran segar. Buah dan sayuran mengandung cukup vitamin A alami dan vitamin E yang sangat penting untuk perawatan dan kesehatan kulit.

6. Hindari terkana paparan sinar matahari di atas jam 9 pagi - jam 4 sore. Bila terpaksa gunakan tabir surya yang baik. Paparan sinar matahari yang berlebihan, tidak hanya dapat menyebabkan jerawat, tetapi dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan memperdepat proses penuaan kulit. Dan yang lebih parah hal ini juga dapat menyebabkan kanker kulit. Pastikan anda membersihkan wajah dan kulit dari krim tabir surya ketika anda telah sampai di rumah untuk menghindari pori-pori tersumbat.

7. Jangan memencet jerawat, atau memegang-megang jerawat yang meradang. Hal ini dapat menyebabkan penyebaran jerawat, dan dapat meninggalkan bekas juga. Sebaliknya, obati jerawat dan luka radang jerawat dengan salep atau krim topikal. Untuk menjaga tangan Anda dari snetuhan langsung, gunakan bola kapas atau q-tip untuk mengoleskan salep dan krim.

8. Pastikan bahwa anda mendapatkan cukup istirahat. Ketika kita tidur, tubuh kita pada dasarnya bekerja menghasilan hormon dan bahan kimia untuk perbaikan tubuh yang tidak dihasilkan pada saat kita terjaga. Anda membutuhkan sedikitnya delapan jam tidur setiap hari tanpa gangguan. Tidur cukuph bagus untuk kulit.

9. Stres berpangaruh buruk bagi kulit. Sama seperti hormon yang baik dan bahan kimia yang diproduksi serta dilepaskan ketika kita tidur, hormon dan bahan kimia yang buruk juga diproduksi saat kita sedang stres. Hindari stres, belajarlah untuk melakukan latihan pernapasan atau meditasi, atau teknik lainnya untuk mengurangi stress. Hal seperti ini tentu akan sangat berguan ketika Anda sedang stres.

10. Manjakan diri Anda dengan spa sekali-kali, setiap dua atau tiga bulan sekali untuk perawatan kulit utama. Tidak hanya menyenangkan dan membuat santai, hal ini juga berguna untuk kesehatan kulit. Konsultan di tempat spa akan mampu memberikan anda lebih banyak tips untuk membersihkan dan merawat kulit agar tetap sehat dan bersih. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto Saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"