Jumat, 22 Juni 2012

Inilah 5 Tips Agar Kulkas Tak Boros Listrik!

img  
Kulkas jadi salah satu alat elektronik paling penting di rumah. Penggunaan kulkas juga mempengaruhi jumlah tagihan listrik tiap bulannya. Jika tak teliti dalam memanfaatkannya, bisa-bisa tagihan listrik malah membengkak.

Untuk menjaga kualitas kulkas, rutinlah melakukan beberapa langkah berikut. Kuncinya adalah dengan memperhatikan sirkulasi udara dalam kulkas. Yuk praktekkan 5 cara mudah yang bisa menjaga fungsi kulkas agar tetap optimal!
1. Cek Karet Pintu Kulkas 
img
Karet di pintu kulkas sangat penting fungsinya karena mencegah udara masuk ke dalam kulkas. Untuk memastikan apakah masih berfungsi dengan baik, lakukan pengecekan dengan menggunakan selembar kertas. Letakkan kertas di bagian pintu, setengah bagian di dalam dan setengah bagian di luar. Tarik kertas, jika kertasnya dengan mudah dikeluarkan, berarti karet kulkas sudah saatnya diganti.

2. Rapikan Isi Kulkas 
img
Pastikan jika isi kulkas tak terlalu padat dan sesak. Jika ada terlalu banyak barang di dalam kulkas, sirkulasi udara di dalamnya akan terganggu dan tidak merata. Akibatnya, fungsinya sebagai pendingin makanan tak lagi efektif.
3. Jangan Biarkan Kulkas Kosong 
img
Kulkas yang terlalu penuh memang tak disarankan, namun kulkas yang terlalu kosong juga memiliki dampak buruk. Alasannya karena udara dingin yang dihasilkan jadi tak tersirkulasi dengan baik. Jangan kaget jika kulkas Anda sering bermasalah, karena sering membiarkannya dalam keadaan kosong.

4. Perhatikan Letak Kulkas
img
Dalam menaruh kulkas, perhatikan letaknya. Hindari kulkas dari paparan sinar matahari, dan letakkan kulkas di bagian paling terlindungi di dapur. Dengan begitu, suhu di dalam kulkas bisa tetap terjaga tanpa adanya pengaruh dari luar.
5. Hindari Buka-Tutup Kulkas 
img
Banyak orang terbiasa membuka kulkas dalam waktu lama untuk menentukan makanan apa yang akan diambil. Buka tutup kulkaspun sering dilakukan jika ada yang lupa diambil. Akibatnya, tagihan listrik bisa membengkak dan juga suhu di dalam kulkas terganggu. Mulai sekarang, tentukan makanan apa saja yang akan diambil sebelum membuka kulkas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"