Sabtu, 23 Juni 2012

Inilah 7 Cara Mengatasi Grogi Saat Wawancara Kerja

img  
Grogi saat melakukan wawancara kerja adalah hal normal, terutama jika Anda belum memiliki pengalaman bekerja. Denyut jantung meningkat, tangan berkeringat dan bergetar menjadi tanda-tanda bahwa Anda sedang gugup. Untuk menghindari rasa grogi, Anda perlu menenangkan serta mempersiapkan diri. Seperti yang dikutip dari ehow, berikut cara enam mengatasi nervous saat sedang interview.
 
1. Tidur yang Cukup
img
Tidurlah selama tujuh sampai sembilan jam setidaknya tiga malam berturut-turut sebelum wawancara kerja. Menurut pakar kesehatan, tidur cukup yang berkualitas bantu tingkatkan konsentrasi dan percaya diri saat interview.

2. Persiapkan Wawancara
img
Kurangnya persiapan dapat menyebabkan kekhawatiran berlebih. Luangkan waktu untuk mempelajari posisi diinginkan serta latar belakang perusahaan. Siapkan pertanyaan yang akan diajukan pada akhir interview.
 
3. Latihan Berbicara & Kontak Mata
img
Selama wawancara, sebaiknya Anda memberikan kontak mata kepada si pewawancara. Tak adanya kontak mata mengesankan bahwa Anda bukanlah orang yang percaya diri. Sebelum interview, latih kontak mata dengan keluarga atau teman Anda.

4. Sarapan
img
Sarapan memberikan banyak manfaat untuk diri Anda sepanjang hari. Mulai dari memberikan energi dan membantu konsentrasi agar fokus saat wawancara kerja.
 
5. Tarik Napas Dalam
img
Saat tiba di tempat wawancara, denyut jantung biasanya meningkat ke tingkat yang tidak normal. Cara mengatasinya, buat denyut jantung Anda melambat dengan mengambil napas dalam-dalam.
 
6. Persiapkan Jawaban
img
Saat pewawancara bertanya, Anda mungkin merasa gugup dan menjawab dengan terbata-bata atau dengan kalimat pembuka seperti 'emm...' yang mengesankan bahwa Anda tak siap. Sebaiknya, cerna pertanyaan kurang dari 10 detik dan baru menjawabnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"